Cara Membersihkan Lemari Etalase Kaca

Bagaimana cara membersihkan lemari etalase kaca? Sebagian besar pedagang di Indonesia lebih memilih menggunakan etalase kaca sebagai tempat penyimpanan barang-barang jualannya. Karena terbuat dari bahan-bahan kaca, semua benda yang terdapat di dalam etalase tersebut bisa kelihatan dari luar. Hasilnya adalah barang jualan tetap bersih, rapi, dan aman, serta calon pembeli bisa melihatnya dengan jelas.

Namun karena lokasi toko berada di pinggir jalan raya menyebabkan partikel-partikel debu mudah menempel di permukaan etalase. Akibatnya yaitu etalase kaca cepat sekali kotor. Anda harus rutin membersihkannya supaya dinding etalase tersebut tidak tampak buram. Hal ini sangat penting karena berpengaruh besar terhadap barang dagangan. Jika dibiarkan, etalase menjadi kelihatan jorok dan memberikan kesan negatif kepada calon pembeli.

cara-membersihkan-etalase-kaca.jpg

Ada beberapa pekerjaan yang perlu diperhatikan dalam membersihkan lemari etalase kaca, di antaranya :

Pembersihan secara Rutin

Proses pembersihan secara rutin ini dilaksanakan setiap hari. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan peralatan seperti alat pembersih kaca (squeegee) dan cairan pembersih khusus kaca. Jika tidak ada alat-alat tersebut, Anda bisa menggantinya dengan busa spons dan sabun cuci piring. Anda cukup menyemprotkan cairan pembersih ke beberapa sudut etalase, lalu bersihkan menggunakan squeegee/spons. Kemudian keringkan memakai kain lap yang bersih.

Hati-hati saat Membersihkannya

Jaga diri Anda sendiri ketika akan membersihkan etalase. Usahakan pakai sarung tangan karet untuk melindungi kulit tangan Anda dari sabun. Hati-hati saat menyemprotkan cairan pembersih kaca. Jika mata Anda terkena semprotan ini, segera basuh dengan air yang bersih. Sebelum Anda menggunakan alat pembersih kaca atau spons, bersihkan alat tersebut terlebih dahulu menggunakan air yang mengalir untuk menghilangkan kotoran yang mungkin masih terselip.

Pembersihan Bagian Luar

Setiap pagi sebelum membuka toko, Anda harus membersihkan semua etalase terlebih dahulu. Khususnya pada bagian luarnya yang berpengaruh besar terhadap kondisi etalase tersebut. Paling tidak Anda perlu mengelap etalase tadi menggunakan kain yang bersih. Mulailah dengan membersihkan bagian luar etalase memakai kain yang basah hingga bersih. Lalu lap sekali lagi menggunakan kain yang kering.

Pembersihan Bagian Dalam

Kondisi kaca di bagian dalam etalase mudah menjadi buram akibat tingkat kelembaban yang tinggi. Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pemilik etalase ialah mengelapnya menggunakan kain yang basah atau menyemprotkan cairan pembersih secara langsung sehingga memperparah keadaan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya menggunakan kain kering untuk membersihkan bagian ini. Kalau ingin memakai cairan pembersih, semprotkan langsung ke kain lap, bukan ke kaca bagian dalam.

Mengatasi Jamur yang Tumbuh

Jamur bisa tumbuh di tempat manapun, termasuk lemari etalase kaca Anda. Untuk mengatasinya sebenarnya sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan pasta gigi dan shampo. Anda cukup mencampurkan pasta gigi dan shampo secukupnya. Lalu oleskan campuran tadi ke bagian kaca yang berjamur. Gosok terus hingga etalase kembali bersih. Setelah itu, Anda bisa membilasnya menggunakan kain lap yang basah.