Cara Membersihkan Mesin Cuci Top Loading

Keberadaan mesin cuci sangat membantu kita dalam membersihkan semua pakaian kotor di rumah. Maklumlah karena mencuci pakaian merupakan salah satu pekerjaan rumah tangga yang sangat menyebalkan. Mencuci pakaian membutuhkan tenaga yang besar, waktu yang lama, serta proses yang rumit. Kita mulai dari merendam pakaian, menyikatinya sampai bersih, kemudian membilasnya dengan air satu per satu.

Karena prosesnya yang panjang itulah membuat banyak orang malas mencuci pakaian kotor. Namun karena terpaksa akibat stock pakaian bersih yang semakin sedikit, maka mau tidak mau pekerjaan yang merepotkan ini pun tetap dilakukan dengan berat hati. Untungnya sekarang telah ditemukan alat elektronik yang berguna untuk membantu Anda mencuci pakaian kotor. Namanya adalah mesin cuci (washing machine).

cara-membersihkan-mesin-cuci.jpg

Kini mesin cuci sudah mengalami perkembangan dari sejak awal ditemukannya. Mesin cuci sekarang tidak hanya perangkat elektronik untuk mencuci pakaian saja, tetapi juga sudah mampu membilas dan mengeringkan pakaian sendiri. Jadi Anda semakin dimudahkan dengan kecanggihan tersebut. Namun ada sesuatu yang tidak boleh dilewatkan pada mesin cuci milik Anda yaitu membersihkannya secara rutin.

Pada dasarnya, mudah sekali kok untuk membersihkan mesin cuci ini. Terlebih jikalau Anda menggunakan mesin cuci tipe bukaan atas (top loading). Kurang lebih proses yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut :

Alat dan Bahan :

  • Kain microfiber
  • Air hangat
  • Cuka
  • Baking soda

Langkah-langkah :

  1. Tuangkan air hangat ke dalam tabung mesin cuci seperti halnya pada saat Anda ingin mencuci pakaian. Kemudian nyalakan mesin cuci tersebut.
  2. Masukkan cuka dan baking soda masing-masing sebanyak 1 sendok makan melalui lubang yang biasa dipakai untuk memasukkan deterjen. Di sini kita memanfaatkan cuka dan baking soda sebagai bahan pembersih.
  3. Biarkan mesin cuci terus bekerja sampai cuka dan baking soda yang kita masukkan tercampur rata dan membersihkan bagian dalamnya.
  4. Matikan mesin setelah menunggu sekitar 20-30 menit. Setelah itu, biarkan air campuran cuka dan baking soda tetap berada di dalam tabung mesin cuci selama 30 menit.
  5. Nyalakan kembali mesin cuci Anda sampai ke tahap pembilasan sehingga semua air di dalamnya dikeluarkan.
  6. Buat cairan pembersih dari campuran air hangat dan cuka dengan perbandingan 1:1. Lalu gunakan cairan ini untuk membersihkan bagian dalam tabung mesin cuci memakai kain microfiber.
  7. Setelah kondisi bagian dalam mesin cuci sudah bersih, selanjutnya Anda tinggal membersihkan bagian body mesin cuci. Gosoklah permukaan bagian luar mesin cuci memakai kain yang lembut secara menyeluruh sampai bersih.