Cara Membuat Ice Pack Sendiri 100% Berhasil

Ice pack adalah cairan penyimpanan suhu dingin yang dikemas dalam wadah tertentu. Berbeda dengan es batu yang hanya sekali pakai saja, ice pack bisa digunakan berkali-kali. Cairan yang ada di dalam ice pack memang lambat laun akan mencair. Tetapi karena dikemas dalam wadah yang terbungkus, cairan ini bisa dibekukan lagi memakai freezer kemudian digunakan kembali. Bahkan ice pack bisa dipakai berulang-ulang kali sampai 3-5 tahun.

Oleh sebab itu, para pemilik usaha di bidang makanan dan minuman beku kini banyak beralih menggunakan ice pack. Alasannya sederhana saja. Ice pack dinilai jauh lebih menguntungkan ketimbang es batu. Es batu yang mencair akan menjadi air dan tidak bisa digunakan lagi. Anda pun harus membeli es batu yang baru setiap hari. Sedangkan ice pack yang mencair dapat didinginkan dan dibekukan lagi sehingga Anda bisa memakainya kembali.

cara-membuat-ice-pack.jpg

Ada 3 jenis ice pack di antaranya :

  1. Chiller ice pack adalah ice pack yang hanya berfungsi untuk mendinginkan saja. Suhu paling rendah yang dapat dicapai yaitu 0 derajat celsius.
  2. Freezer ice pack adalah ice pack yang berfungsi untuk mendinginkan dan membekukan. Ice pack ini bisa mencapai suhu hingga -30 derajat celsius.
  3. Hot & cold ice pack adalah ice pack yang berfungsi untuk menurunkan suhu tubuh. Ice pack ini digunakan di bidang kesehatan untuk menyembuhkan penyakit dan luka.

Dari ketiga jenis ice pack di atas, freezer ice pack merupakan jenis yang paling banyak dipakai. Hal ini dikarenakan kemampuannya yang dapat membekukan. Freezer ice pack ini aman digunakan untuk membekukan bahan makanan dan minuman. Anda bisa memanfaatkannya untuk membekukan daging, ikan, udang, sosis, nugget, es krim, es lilin, krim kocok, dan lain-lain. Sayangnya harga freezer ice pack terbilang cukup mahal. Padahal proses pembuatannya mudah kok.

Kalau Anda tertarik untuk membuat ice pack sendiri, silakan ikuti panduan berikut :

Alat dan Bahan :

  • 1 bungkus ice gel
  • 12 liter air bersih
  • Mixer
  • Baskom
  • Kantung plastik

Langkah-langkah :

  1. Siapkan baskom yang ukurannya cukup besar. Tuangkan 12 liter air ke dalamnya.
  2. Masukkan 1 bungkus ice gel ke dalam baskom. Anda bisa mendapatkan ice gel ini di www.alatperabotan.com dengan harga yang terjangkau.
  3. Aduklah bahan-bahan yang ada di baskom menggunakan mixer. Aduk terus sampai warnanya berubah menjadi biru pekat.
  4. Air dari baskom kemudian dimasukkan ke dalam kantung plastik. Biasanya dihasilkan 23 plastik ice pack ukuran 500 ml.
  5. Ice pack yang sudah jadi lantas dimasukkan ke dalam freezer untuk dibekukan. Proses ini biasanya memakan waktu selama 3-5 jam.
  6. Ice pack yang sudah beku siap untuk digunakan. Masa pemakaian ice pack ini berkisar antara 12-24 jam tergantung suhu di sekitarnya.
  7. Jika cairan di dalamnya telah mencair, Anda bisa mendinginkan dan membekukan ice pack tersebut kembali memakai freezer.