Cara Memperbaiki Kasur Busa yang Kempes

Setidaknya terdapat tiga jenis kasur berdasarkan bahan baku pembuatannya antara lain kasur kapuk, kasur busa, dan kasur pegas (springbed). Masing-masing jenis kasur ini mempunyai plus dan minusnya tersendiri. Jika Anda menginginkan kasur yang empuk dan nyaman ditiduri tetapi harganya tidak terlalu mahal, maka kasur busa merupakan pilihan yang paling tepat. Sesuai namanya, kasur busa adalah kasur yang terbuat dari busa khusus yang memiliki tekstur yang fleksibel dan empuk sekali.

Jangan salah sangka dahulu ya. Kasur busa memang sepenuhnya terbuat dari busa. Tapi jenis busa yang dipakai berbeda dengan busa cuci piring. Kasur busa menggunakan busa khusus yang mempunyai sifat lebih empuk, halus, dan lembut. Tingkat fleksibilitas busa tersebut juga bagus sekali. Sehingga busa ini memang cocok dipakai sebagai alas tidur. Akan tetapi, kasur busa yang sering digunakan lama-kelamaan akan menjadi kempes sehingga terasa keras, kaku, dan tidak nyaman lagi dipakai untuk tidur.

memperbaiki-kasur-busa-kempes.jpg

Anda bisa memperbaiki kasur busa yang kempes agar nyaman ditiduri kembali menggunakan kiat-kiat di bawah ini.

Lakukan Vakum Terhadap Kasur Busa

Penyebab utama kasur busa menjadi kempes karena strukturnya mengkerut dan mengecil. Hal ini terjadi lantaran kondisi kasur tersebut basah, banyak mengandung uap air, kotor, atau terkena tekanan secara berlebihan. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan membersihkan kasur busa memakai vakum khusus. Tujuan utamanya ialah menyedot semua kotoran yang berada di pori-pori busa kasur serta uap air yang terkandung di dalamnya. Secara otomatis cara ini juga akan membuat busa tersebut mengembang lagi. Anda bisa meminta bantuan tukang permak kasur busa untuk melakukannya.

kasur-busa-yang-kempes.jpg

Jemurlah Kasur di Bawah Sinar Mentari

Metode tradisional namun masih sangat efektif dipakai untuk mengatasi kasur busa yang sudah kempes yaitu menjemur kasur tersebut di bawah sinar matahari secara langsung. Akan tetapi, Anda hanya boleh menjemur kasur ini saat pagi sampai menjelang siang hari atau pada sore hari. Hindari menjemur kasur busa Anda pada waktu siang bolong karena sinar matahari yang terlalu terik dapat merusak strukturnya. Selama kasur busa dijemur, Anda dapat memukulnya beberapa kali memakai alat pemukul kasur untuk menghilangkan kotoran yang tersembunyi di dalamnya. Sehingga kasur pun akan mengembang.

Perbaiki Kasur Busa yang Sudah Rusak

Apabila kasur busa Anda sudah terlalu kempes, maka berarti kondisinya sudah terlanjur rusak. Busa di dalam kasur tersebut telah mengalami kerusakan secara fatal. Membersihkannya memakai vakum atau menjemur dan memukulinya saja tidak dapat membuat busanya mengembang lagi. Satu-satunya solusi yang bisa diambil yaitu memperbaiki kasur busa yang sudah rusak tersebut. Di sini Anda mungkin harus mengganti busa di dalam kasur, menambah beberapa busa, atau memperbaiki cover-nya. Serahkan saja pekerjaan yang merepotkan ini kepada penyedia jasa permak kasur busa di kota Anda.