Cara Memperbaiki Motor Blender yang Rusak

Blender merupakan alat elektronik yang berguna sebagai penghalus bahan-bahan makanan. Anda bisa menggunakannya untuk membuat jus buah, menghaluskan bahan bubur, serta menghancurkan es batu. Berkat alat ini pula, Anda tidak perlu menumbuk lagi rempah-rempah yang akan digunakan sebagai bumbu. Sehingga proses memasak atau membuat makanan dan minuman menjadi lebih mudah dengan kehadiran blender di rumah.

Komponen penyusun blender terdiri dari motor, gelas, dan alat pemotong. Sayangnya motor tersebut rentan mengalami kerusakan. Misalnya motor yang sama sekali tidak mau berputar, putaran motor yang lambat, serta putaran motor tersendat-sendat. Kerusakan ini dapat terjadi lantaran Anda terlalu memaksakan motor blender untuk bekerja ekstra, kondisi motor yang basah sehingga mengakibatkan korsleting, atau menyalakan blender terus-menerus.

blender-mengeluarkan-bau-gosong.jpg

Jika Anda saat ini mengalami masalah seperti di atas, silakan ikuti langkah-langkah di bawah untuk memperbaikinya!

  • Cek kondisi kabel power apakah masih baik atau tidak. Kadang-kadang ada bagian yang sudah terputus, khususnya di bagian pangkal dan ujung kabel tersebut. Segera ganti kabel yang putus tadi dengan yang baru.
  • Lepaskan cover motor dengan melepaskan semua sekrupnya terlebih dahulu. Di dalamnya terdapat motor penggerak, kapasitor, kabel-kabel kecil, dan komponen elektronik lainnya. Silakan periksa satu per satu.
  • Motor yang berputar secara tersendat-sendat biasanya disebabkan oleh carbon brush atau brostel yang sudah terlalu tipis. Solusinya yaitu menggantinya dengan carbon brush yang baru. Jangan lupa bawa contoh potongan sisa carbon brush dan dudukannya saat Anda membeli penggantinya supaya sama. Kalau tidak ada yang pas, Anda bisa mengakali dengan mengampelasnya.
  • Periksa kondisi lilitan atau spul pada motor. Pastikan komponen ini dalam keadaan yang wajar. Anda patut curiga apabila spul ini berwarna hitam. Kemungkinan besar spul sudah terbakar hingga membuatnya hangus. Apalagi kalau tercium bau gosong bekas benda-benda yang terbakar.
  • Guna memastikan kondisi spul tersebut, kami sarankan kepada Anda cobalah mengeceknya menggunakan AVO meter. Caranya atur posisi sakelar pemilih pada RX1 kilo ohm. Lalu tempel masing-masing pena ke kedua ujung jari steker. Kalau jarum pada AVO meter diam artinya spul sudah rusak. Sedangkan spul yang masih normal ditandai dengan pergerakan jarum AVO meter ke kanan lalu diam.
  • Lilitan atau spul motor penggerak blender yang telah rusak bisa diperbaiki dengan melakukan proses pelilitan ulang. Prosesnya sangat mudah sekali. Namun bila Anda ingin kepraktisan, serahkan saja kepada penyedia jasa lilit spul yang biasanya ditawarkan pula oleh penyedia jasa servis dinamo.
  • Sementara itu, jika spul atau lilitan pada motor dalam kondisi yang normal tetapi putaran motor tersebut sangat lambat atau bahkan tidak bisa berputar sama sekali, maka kemungkinan besar kerusakannya terletak pada kapasitor. Mau tidak mau, Anda harus mengganti kapasitor tersebut dengan kapasitor baru yang sesuai.