Cara Memperbaiki Pemantik Api Kompor Gas yang Tidak Menyala

Kita memang sangat terbantu dengan ditemukannya kompor gas. Berkat kompor gas, aktivitas masak-memasak menjadi jauh lebih praktis. Kita tidak perlu lagi menyalakan kayu bakar yang membutuhkan waktu lama, skill tinggi, dan pastinya sangat merepotkan. Bandingkan dengan kompor gas yang hanya perlu diputar tombol knopnya saja ke posisi on, maka api pun langsung menyala. Bahkan kita pun dapat mengatur besar kecilnya nyala api sesuka hati dengan mudah.

Kompor gas sudah dilengkapi pemantik api sehingga kita tidak perlu menggunakan korek api lagi untuk menyalakannya. Pemantik api ini bersifat elektrik yang bekerja dengan memercikkan bunga api ketika kita memutar knopnya. Kadang-kadang pemantik ini tidak mau menghasilkan bunga api meskipun kita telah mencoba memutar knop kompor gas berkali-kali. Akibatnya adalah api pada kompor gas pun tidak dapat menyala. Solusi sementara yaitu Anda bisa memakai korek api.

pemantik-api-kompor-gas.jpg

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pemantik api tidak menyala, antara lain :

  1. Pemantik terpapar sinar mentari
  2. Kabel pemantik terlepas/terputus
  3. Saluran pemantik terhambat kerak
  4. Kondisi ujung pemantik kotor
  5. Baterai pada pemantik sudah habis
  6. Posisi pemantik api bergeser
  7. Pemantik sudah aus atau rusak

cara-mengatasi-pemantik-api.jpg

Ternyata cukup gampang kok untuk memperbaiki pemantik api pada kompor gas yang tidak mau menyala. Di bawah ini solusi-solusi yang bisa Anda coba!

Perbaiki Kabel yang Terlepas/Terputus

Tanpa Anda sadari, pemantik api pada kompor dilengkapi dengan kabel sebagai media penghantar listrik dari baterai sebagai sumber tenaganya. Tapi beberapa kabel pada produk kompor gas kerap ditemukan hanya menempel begitu saja pada body kompor bagian dalam. Kabel tersebut tidak diletakkan di tempat khusus. Akibatnya kabel ini pun gampang terlepas atau terputus ketika Anda mencoba menggeser atau memindahkan kompor gas. Solusinya yaitu Anda harus memasang kembali kabel pemantik api ini pada tempatnya yang benar.

Ampelas Ujung Pemantik yang Kotor

Pada dasarnya, prinsip kerja pemantik api pada kompor gas mirip seperti busi pada motor. Untuk dapat menghasilkan bunga api, maka kondisi ujung pemantik api ini harus bersih dan tidak terhalangi kotoran. Apabila kondisi pemantik ini kotor, maka bunga apinya pasti tidak akan mau keluar. Biasanya sih kotoran ini bersumber dari kompor gas yang jarang dibersihkan, kotoran-kotoran hewan dan serangga, atau tumpahan masakan. Cara mengatasinya yaitu Anda bisa membersihkan ujung pemantik yang kotor ini dengan mengampelasnya beberapa kali.

Aturlah Posisi Pemantik dan Jalur Gas

Jika pemantik api masih bisa bekerja, namun ketika Anda mencoba menyalakan kompor gas, apinya tak dapat keluar. Kemungkinan besar penyebabnya adalah posisi antara pemantik api dan jalur gas tidak sesuai. Hal ini mengakibatkan tidak terjadinya proses pembakaran karena bunga api tidak bisa bertemu dengan gas sebagai bahan bakar. Anda harus menyesuaikan kembali posisi antara pemantik api pada kompor gas dengan jalur gasnya. Cobalah sedikit memepetkan posisi pemantik api tersebut dengan jalur gasnya agar bisa bertemu.

Pasang Baterai yang Baru ke Pemantik

Ini adalah salah satu faktor penyebab matinya pemantik api pada kompor gas tapi tak sedikit pengguna yang tidak menyadarinya. Kenyataannya memang komponen pemantik api menggunakan baterai untuk mendukung kinerjanya. Baterai ini menghasilkan energi listrik yang dimanfaatkan oleh pemantik untuk menciptakan bunga api. Ketika bunga api ini bertemu dengan gas, maka terciptalah nyala api di kompor. Namun bila kapasitas energi di dalam baterai ini sudah habis, maka pemantik pun tak mampu membuat bunga api. Silakan Anda ganti saja baterai yang tertanam di dalamnya.

Gantilah Pemantik yang Telah Rusak

Kalau Anda sudah mencoba semua cara di atas namun hasilnya nihil, maka kemungkinan besar pemantik api pada kompor gas Anda sudah mengalami kerusakan. Penyebabnya sih ada banyak sekali ya. Mulai dari kompor gas yang sering terpapar sinar matahari secara langsung sehingga mengakibatkan magnet yang ada di dalamnya melemah, pemantik api yang mengalami konsleting listrik, kondisi pemantik yang sudah aus, hingga pemantik tersebut memang sudah habis masa pakainya. Tidak ada solusi lain selain mengganti pemantik yang telah rusak tersebut.