Cara Memperbaiki Pompa Air yang Tidak Mengeluarkan Air

Pompa air memiliki tugas utama untuk memompa air dari dalam tanah sehingga air tersebut akan keluar melalui keran. Namun apa jadinya bila pompa air tersebut tidak mengeluarkan air? Anda tentu tidak bisa memperoleh air sedikit pun. Masalah ini harus diatasi sesegera mungkin. Jangan sampai kerusakan tersebut berlarut-larut hingga menyebabkan kerusakan total. Anda mesti memperbaikinya dengan segera.

Memang merupakan kejadian yang sangat aneh manakala pompa air tidak bisa mengeluarkan air sama sekali padahal mesinnya menyala. Mesinnya sudah mendengung dengan normal, tapi belum ada juga air yang keluar dari keran. Anda sudah mencoba mematikan mesin tersebut, lalu menghidupkannya kembali, tetapi pompa air tetap tidak mampu memompa air. Pasti ada kerusakan pada pompa tersebut. Mengapa pompa air Anda menjadi tidak bertenaga? Apakah sebenarnya masalah yang terjadi?

pompa-air-tidak-mengeluarkan-air.jpg

PENYEBAB

Ternyata eh ternyata masalah pompa air yang tidak sanggup mengeluarkan air disebabkan karena mengalami masuk angin. Memang bisa? Bisa dong. Pompa air tersebut mengalami masuk angin tepatnya pada bagian saluran instalasi airnya. Ada udara yang masuk ke dalam saluran pipa air. Artinya ada lubang pada instalasi pipa tersebut.  Hal ini menyebabkan tenaga hisapan yang dihasilkan oleh pompa air keluar melalui lubang. Maka wajar sekali bila pompa pun tidak mampu menyedot air.

Bagian-bagian dari instalasi saluran pipa air bersih yang rawan mengalami kebocoran di antaranya :

  1. Sambungan-sambungan pipa paralon
  2. Sambungan antara keran dan pipa
  3. Sambungan antara pompa dan pipa

SOLUSI

Anda bisa mengatasi kasus pompa air yang mengalami masuk angin menggunakan solusi di bawah ini.

Alat dan Bahan :

  • Lem PVC
  • Selotip PVC
  • Obeng minus
  • Corong

Cara Memperbaiki :

  1. Periksa terlebih dahulu instalasi pipa air bersih tersebut. Cek dengan teliti terutama pada bagian sambungan-sambungannya. Jika posisi sambungan pipa tersebut nampak bergoyang, kemungkinan besar sambungannya telah terlepas. Lebih baik Anda bongkar saja sambungan pipa ini, kemudian lakukan pemasang ulang pipa tersebut. Jangan lupa pakai lem dan selotip untuk merekatkan ikatan sambungan ini.
  2. Lakukan pula pemeriksaan pada sambungan antara keran air dan pipa paralon. Sebab bagian ini juga sangat rawan mengalami kebocoran. Tanda keran air yang bocor yaitu posisinya tidak terpasang dengan stabil dan posisinya bergoyang-goyang. Selain itu, keran ini tidak mampu menjalankan fungsi buka dan tutup air dengan b Jika keran air tersebut memang rusak lebih baik Anda ganti saja.
  3. Setelah semua sambungan-sambungan pipa air sudah diperbaiki, serta keran air rusak pun telah diganti dengan keran baru, selanjutnya Anda bisa mulai memancing air agar pompa tersebut dapat berfungsi normal kembali. Caranya Anda perlu membuka tutup lubang pemancingan air yang ada di mesin pompa air. Bentuk tutup ini biasanya bergerigi menyerupai roda. Silakan Anda buka tutup ini menggunakan obeng minus.
  4. Letakkan corong pada lubang pemancingan air tersebut. Kemudian tuangkan air bersih ke arah corong. Tuangkan terus airnya sampai luber dari lubang tersebut. Selanjutnya Anda bisa memasang kembali tutup lubang ini menggunakan obeng minus. Gerakkan obeng berlawanan arah dengan jarum jam sampai tutup tersebut berhasil terpasang dengan rapat.
  5. Sebelum Anda menyalakan kembali mesin pompa air, pastikan seluruh keran dalam kondisi tertutup. Barulah kemudian Anda bisa menyalakan pompa airnya. Tunggu sekitar 1-3 menit agar pompa tersebut bekerja dahulu. Dengarkan dengan baik suara pompa airnya. Ketika suara pompa air masih lemah artinya air belum berhasil dihisap. Biarkan saja terus sampai suara pompa airnya meraung-raung cukup keras. Lalu Anda bisa membuka keran air. Niscaya air pun akan langsung mengalir deras.