Cara Memutihkan Pakaian Putih yang Nampak Menguning

Kami yakin Anda pasti mempunyai banyak sekali pakaian di rumah, kan? Dari sekian banyaknya pakaian tersebut, salah satu atau duanya memiliki warna yang putih. Bahkan tidak sedikit pula orang yang senang sekali mengenakan pakaian yang berwarna putih. Hal ini tidak terlepas dari kesan yang dapat ditampilkan oleh warna putih yaitu bersih, elegan, dan mewah. Penampilan kita akan terlihat penuh karisma saat menggunakan pakaian putih.

Cuma sayangnya pakaian putih memang sulit dirawat. Pakaian ini mudah sekali kotor. Kotoran sedikit saja yang mengenai pakaian tersebut akan langsung nampak jelas sekali. Beruntung jika Anda berhasil menghilangkan noda tadi. Sebab jikalau tidak, pasti pakaian Anda bakal terlihat jorok akibat ada kotoran yang menempel. Belum lagi risiko pakaian terkena noda luntur juga sangat besar. Masalah lainnya ialah warnanya berubah menjadi kekuning-kuningan.

Yap, pakaian putih hendaknya dicuci menggunakan air yang benar-benar bersih. Air tersebut tidak boleh mengandung kotoran sama sekali. Anda bisa memakai air ledeng ketika mencuci pakaian berwarna putih supaya warna putihnya tetap terjaga. Sedangkan kalau Anda memakai air tanah, air sumur, air pompa, atau bahkan air sungai untuk mencuci pakaian berwarna putih, pasti cepat atau lambat warnanya akan menguning.

cara-memutihkan-pakaian-putih.jpg

Untungnya kami mempunyai solusi yang jitu untuk memutihkan kembali pakaian berwarna putih yang sudah terlanjut menguning.

Alat dan Bahan :

  • Air panas
  • Cairan pemutih pakaian
  • Asam sitrat
  • Sikat baju
  • Air bersih
  • Ember

Langkah-langkah :

  1. Anda bisa memulainya dengan memisahkan pakaian putih yang hendak diputihkan lagi warnanya. Pisahkan pakaian tersebut dari pakaian-pakaian yang berwarna-warni agar tidak melunturi pakaian yang berwarna putih.
  2. Siapkan ember yang bersih. Tuangkan air panas ke dalamnya hingga dapat digunakan untuk merendam pakaian. Lantas masukkan 1 tutup botol cairan pemutih pakaian ke dalam ember tersebut. Kemudian aduklah sampai tercampur rata.
  3. Masukan pakaian putih Anda yang sudah nampak berwarna kekuning-kuningan ke dalam ember di atas. Pastikan seluruh bagian pakaian tersebut terendam di dalam air. Anda bisa merendam pakaian ini selama 10-15 menit.
  4. Setiap 5 menit sekali, Anda bisa membalikkan posisi pakaian tadi sambil menguceknya. Tenang saja temperaturnya sudah hangat kok. Anda bisa mengucek seluruh bagian pakaian tersebut untuk membantu melunturkan nodanya.
  5. Setelah proses perendaman dengan cairan pemutih pakaian sudah selesai, kini Anda bisa mengangkat pakaian tersebut dari air rendaman lalu membilasnya. Bilas pakaian ini memakai air yang mengalir sampai bersih.
  6. Siapkan ember bersih lagi. Tuangkan air ke dalam ember tersebut. Kali ini air yang digunakan adalah air biasa, bukan air panas atau air dingin. Lalu, masukkan sekitar 1-2 sendok asam sitrat ke dalamnya. Asam sitrat ini dikenal pula sebagai sitrun.
  7. Lantas masukkan pakaian putih Anda ke dalam air yang telah dicampur dengan asam sitrat tadi. Tekanlah pakaian tersebut supaya seluruh bagiannya terendam di dalam air. Rendamlah pakaian ini selama 6-8 jam.
  8. Waktunya untuk memeriksa pakaian Anda yang telah direndam air sitrun. Silakan Anda bisa mengangkat pakaian tersebut, lalu membilasnya di air bersih. Nampak jelas kini pakaian Anda sudah berwarna lebih putih daripada sebelumnya.

Untuk mendapatkan hasil warna putih yang lebih putih lagi, Anda mungkin perlu mengulangi langkah-langkah di atas hingga sebanyak 2-3 kali. Niscaya pakaian putih Anda akan berwarna putih bersinar layaknya pakaian yang baru. Selamat mencoba!