Cara Mencari Saluran TV Digital Pada TV LED Merek Apa Saja

Tahukah Anda, saat ini Indonesia tengah berada di masa peralihan saluran televisi UHF menjadi digital? Saluran TV digital mempunyai kualitas yang jauh lebih baik daripada saluran televisi UHF. Siaran televisi digital memiliki gambar  yang jernih dan suaranya begitu tajam. Aktivitas menonton televisi Anda akan semakin menyenangkan dengan siaran televisi yang lebih hidup. Dijamin, Anda pun pasti bakal semakin betah menonton TV serta merasa puas dengan kejernihan yang ditampilkannya.

Rata-rata produk TV LED saat ini sudah mendukung siaran televisi di saluran digital. Namun jika TV yang Anda miliki belum support terhadap saluran televisi ini, Anda dapat menggunakan alat bantuan berupa perangkat yang bisa menangkap sinyal televisi digital. Nama perangkat tersebut ialah DVBT2. Perangkat DVBT2 bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan kemampuan TV biasa sehingga sanggup menangkap saluran televisi digital. Jadi Anda tidak perlu lagi membeli pesawat TV yang baru.

cara-mencari-tv-digital.jpg

Bagi Anda yang baru pertama kali mempunyai TV digital atau menggunakan DVBT2, kami akan berbagi panduan lengkap tentang cara mencari saluran televisi digital! Berikut ini langkah-langkah selengkapnya!

  1. Pastikan TV Anda Mendukung Saluran Digital

Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa perangkat televisi yang Anda miliki memang mendukung siaran TV digital. Sebab kalau tidak, sampai kapan pun TV tersebut tidak akan dapat menangkap sinyal televisi digital kecuali disambung dengan DVBT2. Untuk memastikan TV LED Anda memang support TV digital, Anda bisa mencermati sekali lagi spesifikasi produk terebut. Anda bisa melihat pada kardus kemasan atau buku manual yang menyertainya. Jikalau sudah hilang, Anda dapat mencari informasi spesifikasi TV tersebut di internet.

  1. Masuk ke Menu Pengaturan di Televisi

Untuk memerintahkan televisi agar mencari sinyal siaran TV digital, Anda bisa masuk ke menu Pengaturan. Silakan ambil remot TV Anda lalu akses menu Pengaturan dengan menekan tombol Settings di remot TV. Biasanya tombol ini berupa gambar gerigi roda (gear). Silakan Anda tekan tombol tersebut. Kemudian arahkan ke Submenu bernama Program atau Programmes. Di sinilah Anda bisa melakukan pencarian siaran televisi digital, baik secara otomatis maupun manual.

  1. Lakukan Pencarian Sinyal Televisi Digital

Anda dapat mencari siaran TV digital dengan metode manual ataupun otomatis. Kami sarankan Anda pilih saja metode pencarian secara otomatis agar lebih mudah. Setelah Anda memilih Programes, kemudian pilih Auto Tunning. Selanjutnya pilih Antenna jika TV Anda menggunakan alat penangkap sinyal berupa antena. Tapi bila TV Anda memakai DVBT2, pilih Cable. Lalu pilih Start untuk mulai melakukan pencarian sinyal siaran televisi.

Kalau Anda hanya ingin mencari sinyal TV digital saja, beri tanda cawang di Digital Only Tuning. Tunggu beberapa saat supaya sistem TV mencari sinyal yang ditangkap oleh antena. Adapun siaran televisi yang berhasil ditangkap akan ditampilkan di layar. Simbol DTV menandakan jumlah program siaran digital TV yang mampu ditangkap oleh televisi Anda. Tunggulah sampai proses pencarian sinyal tersebut selesai.

Terkadang TV gagal menangkap sinyal siaran televisi digital. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan TV tersebut tidak bisa memperoleh siaran televisi digital antara lain :

  • Antena mungkin sudah agak rusak
  • Posisi antena yang kurang tepat
  • Antena dipasang di dalam rumah
  • Lokasi Anda tidak terjangkau sinyal
  • Kondisi cuaca yang buruk
  • Adanya kerusakan pada kabel antena
  • Booster mengalami kerusakan