Cara Mencuci Ban/Roda pada Sepatu Roda

Bagaimana cara mencuci ban/roda pada sepatu roda? Ada banyak sekali olahraga yang disukai oleh anak-anak dan orang dewasa. Salah satunya adalah sepatu roda. Bersepatu roda merupakan olahraga yang sangat menyenangkan sekaligus menantang adrenalin. Ini karena dalam bermain sepatu roda, Anda harus bisa menjaga keseimbangan tubuh ketika sepatu tersebut bergerak. Meskipun lumayan sulit, namun sensasi yang didapatkannya luar biasa.

Sepatu roda yang Anda miliki perlu mendapatkan perawatan yang baik agar tetap dapat berfungsi secara optimal. Jika Anda malas-malasan dalam menjaga kondisi sepatu roda, bukan tidak mungkin alat olahraga ini akan cepat rusak. Termasuk soal kebersihannya, Anda harus membersihkan sepatu roda secara rutin. Mulai dari sebatas mengelap permukaannya yang kotor hingga mencuci sepatu roda untuk menghilangkan noda yang membandel.

cara-mencuci-sepatu-roda.jpg

Kali ini kita akan belajar tata cara mencuci ban/roda sepatu roda dengan benar. Namun sebelumnya Anda harus mengetahui komponen-komponen penyusunnya. Sepatu roda yang berkualitas bagus mempunyai roda yang tersusun dari axle, bearing, spacer, dan ban.

Alat dan Bahan :

  • Kunci L
  • Baskom
  • Bensin
  • Oli singer

Langkah-langkah :

  1. Lepaskan roda dari rangka sepatu roda menggunakan kunci L yang ukurannya sesuai. Putarlah kunci L tersebut berlawanan arah jarum jam untuk melepaskan sekrup.
  2. Keluarkan semua komponen penyusun sepatu roda dengan hati. Tempatkan ban di wadah yang terpisah apabila terbuat dari bahan karet.
  3. Silakan cuci ban sepatu roda memakai air yang bersih. Sedangkan untuk sekrup, bearing, dan spacer bisa Anda cuci menggunakan bensin.
  4. Rendamlah komponen-komponen tersebut di cairan pembersihnya selama 15-30 menit. Kemudian angin-anginkan supaya kondisinya mengering.
  5. Tuangkan oli singer sebanyak 3-4 tetes pada bearing, lalu putarlah. Jika putaran bearing tampak tidak lancar/macet, Anda bisa membersihkannya kembali memakai bensin.
  6. Bersihkan permukaan luar bearing menggunakan kain lap. Setelah itu pasang bearing dan spacer pada posisinya yang diikuti dengan pemasangan ban.
  7. Apabila posisi pemasangan bearing, spacer, dan ban sudah benar, silakan Anda bisa memasang sekrup untuk menahan posisinya.
  8. Coba putarlah roda dan lihat pergerakannya. Jika pergerakan roda tersebut seperti terhambat, Anda bisa sedikit mengendurkan ikatan sekrup.