Cara Mencuci Bunny Hat dengan Lampu LED yang Benar

Topi apakah yang sedang digandrungi oleh anak-anak pada zaman sekarang? Bukan lain yaitu bunny hat. Bunny hat merupakan topi lucu yang mempunyai telinga panjang menyerupai kelinci. Uniknya, telinga topi ini dapat digerak-gerakkan. Ada pegas yang melengkapi topi ini. Saat pegas ini ditekan, maka telinga bunny hat pun akan terangkat lalu turun lagi. Namun sebenarnya bunny hat tidak hanya tersedia dalam model kelinci saja, tetapi juga ada panda, koala, kijang, harimau, pokemon, hingga kartun.

Perlu Anda ketahui, ada dua jenis bunny hat yang tersedia di pasaran yaitu bunny hat dengan lampu LED serta bunny hat tanpa lampu LED. Kebanyakan anak-anak lebih suka bunny hat yang mempunyai lampu LED karena lebih menarik. Bunny hat ini dapat menyala dengan lampu yang berwarna-warni. Sehingga topi bunny tersebut nampak semakin menggemaskan dengan modelnya yang lucu sekali, telinga yang bergerak-gerak, serta lampu yang berwarna-warni dan meriah.

cara-mencuci-bunny-hat.jpg

Supaya bunny hat Anda senantiasa aman dikenakan, Anda harus menjaga kebersihannya. Caranya yaitu cucilah topi tersebut secara rutin. Untuk bunny hat tanpa lampu LED, tentunya Anda bisa mencuci topi ini dengan mudah layaknya mencuci topi-topi biasa. Tetapi berbeda dengan bunny hat yang dilengkapi lampu LED. Bunny hat ini harus dicuci dengan perlakuan yang khusus sebab ada komponen elektronika di dalamnya. Komponen ini bisa mengalami konsleting bila terkena air.

Tahukah Anda, komponen elektronika yang tertanam di dalam bunny hat terdiri atas lampu LED, kabel, sakelar, PCB dan komponennya, serta baterai. Biasanya lampu LED dan kabel yang dipakai bersifat anti-air sehingga tidak apa-apa jika terkena air. Asalkan Anda tidak merendamnya di air, lampu LED dan kabel bunny hat tersebut tidak akan bermasalah. Tapi berbeda dengan komponen PCB, sakelar, dan baterai. Komponen-komponen ini akan mengalami konsleting kemudian rusak jika sampai terkena air.

Biar aman dalam mencuci bunny hat yang memiliki lampu LED, Anda dapat mengikuti panduan dari kami di bawah ini!

Langkah 1. Lindungi Komponen Elektronikanya

Sebelum mulai mencuci bunny hat, Anda harus melindungi bagian komponen elektronikanya terlebih dulu. Ingat, bagian ini sangat mudah rusak apabila terkena air. Jangan sampai deh setelah Anda selesai mencuci bunny hat, lampunya justru tidak menyala karena sudah mengalami konsleting listrik. Anda bisa membungkusnya memakai plastik, lalu ikat menggunakan karet gelang. Pastikan plastik tersebut telah melindungi komponen elektronika ini dengan rapat sehingga tidak ada air yang bisa melewatinya.

Langkah 2. Bersihkan Memakai Sikat yang Halus

Anda cukup membersihkan permukaan luar bunny hat, baik sisi bagian luar maupun dalamnya. Karena memang bagian ini saja yang kotor. Jadi sebenarnya Anda tidak perlu sampai merendam topi bunny di air. Untuk mencuci bunny hat, Anda cukup menyikati permukaannya memakai sikat yang berbulu halus. Oleskan sabun cuci piring cair secukupnya, kemudian sikat permukaannya secara merata. Sikatlah secara perlahan-lahan. Usahakan semua bagian topi ini sudah Anda bersihkan dengan sempurna.

Setelah kondisinya sudah bersih, Anda bisa membilas bunny hat tersebut. Tapi caranya bukan dengan mencelupkan topi ini di air ataupun membilasnya di bawah air yang mengalir. Cara membilas bunny hat yang benar yaitu Anda bisa mengelap permukaannya memakai spons yang basah. Celupkan spons ini di air yang bersih, lalu peras agar kondisinya menjadi basah saja. Barulah kemudian spons tadi diusapkan ke permukaan bunny hat yang masih dipenuhi sabun untuk membersihkannya. Lakukan pekerjaan ini beberapa kali sampai kondisi bunny hat menjadi bersih dan bebas dari busa sabun.

Langkah 3. Jemur sampai Benar-benar Kering

Setelah selesai dicuci sampai bersih, Anda dapat menjemur bunny hat tersebut. Di sini plastik pelindung komponen elektronika tidak boleh dilepaskan terlebih dahulu. Jemurlah topi ini di tempat yang terbuka agar bisa terpapar sinar matahari secara langsung. Anda harus menjemurnya sampai benar-benar kering selama 5-6 jam tergantung kondisi cuaca. Usahakan setiap 2 jam sekali posisi ini dibalik agar keringnya bisa merata, baik bagian luar maupun dalamnya. Setelah kondisi sudah agak kering, Anda bisa melepas plastik pelindung. Lanjutkan proses penjemuran lagi sampai bunny hat menjadi benar-benar kering.