Cara Mengasah Pisau Blender agar Tajam

Di zaman modern ini, kita tidak perlu repot menumbuk atau mengulek bumbu karena sudah ada blender yang akan membantu pekerjaan tersebut. Anda hanya perlu memasukkan semua bahan ke dalam blender, menambahkan sedikit minyak, kemudian menyalakan blender. Maka bahan-bahan tadi pun akan langsung diproses sampai halus. Kini bumbu pun siap digunakan untuk menyedapkan masakan Anda.

Prinsip kerja blender yaitu motor listrik akan memutar pisau yang sangat tajam. Selanjutnya bahan-bahan yang terkena pisau ini akan langsung tercacah secara otomatis. Itulah sebabnya, pisau pencacah ini memegang peranan penting bagi fungsi blender itu sendiri. Jika kondisi pisau sudah tumpul, maka bahan-bahan yang diblender tidak bisa halus. Tapi tenang. Anda masih bisa mengasahnya kembali kok.

cara-mengasah-pisau-blender.jpg

Di bawah ini trik mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengasah blender!

Trik I. Manfaatkan Cangkang Telur

Siapa sangka kalau kulit telur ternyata bisa dimanfaatkan untuk menajamkan kembali pisau blender yang sudah tumpul? Yap, kenyataannya memang demikian. Anda bisa mengasah pisau blender menggunakan cangkang telur. Caranya mudah sekali. Silakan Anda masukkan semua cangkang dari 5 butir telur ke dalam blender. Kemudian tambahkan 1 gelas air. Nyalakan blender selama 2-3 menit. Pisau yang mencacah cangkang telur juga akan terasah secara otomatis sehingga membuat matanya kembali tajam.

Trik II. Gunakan Garam Kasar

Anda juga bisa mengasah mata pisau blender menggunakan garam kasar loh. Garam kasar ini biasanya dipakai untuk membuat ikan asin. Harganya lebih murah daripada garam beryodium. Anda bisa memasukkan segenggam garam kasar ke dalam blender. Lalu tambahkan air sedikit saja. Setelah itu, nyalakan blender selama 2-3 menit. Biarkan pisau yang ada di dalam blender mencacah butiran-butiran garam ini. Dari proses pencacahan ini pula pisau blender bakal ikut terasah.

Trik III. Asah Memakai Ampelas

Kalau Anda menginginkan hasil yang lebih cepat, Anda bisa mengasah pisau blender memakai ampelas. Selain untuk menghaluskan permukaan kayu, ampelas memang mempunyai fungsi lain yaitu menajamkan suatu benda. Selama ini ampelas biasa digunakan untuk mengasah pisau dan peralatan tukang. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk mengasah pisau blender loh. Mungkin caranya sedikit agak ribet. Sebab Anda perlu menggosokkan ampelas pada permukaan pisau blender dengan gerakan searah dan berulang-ulang.