Cara Mengatasi Noda Luntur Pada Pakaian

Penampilan Anda akan mempengaruhi harga diri sendiri serta kesan orang lain. Apabila Anda terbiasa mengenakan pakaian yang rapi, maka orang lain pun pasti akan memberikan penilaian yang positif kepada Anda. Penampilan harus Anda perhatikan dengan baik untuk menciptakan kesan yang bagus, khususnya untuk pertemuan yang kali pertama. Salah satu caranya yaitu Anda perlu membiasakan diri mengenakan pakaian yang bersih.

Cucilah pakaian Anda agar bebas dari kotoran. Tidak peduli apakah Anda mencucinya dengan tangan atau memakai mesin cuci. Selama Anda mengerjakannya dengan benar, maka pakaian Anda akan senantiasa bersih. Pakaian bersih ini sangat penting untuk menjaga penampilan Anda tetap rapi dan menarik. Pastikan tidak ada noda sekecil apapun yang masih tertinggal di pakaian tersebut. Termasuk noda luntur juga wajib dipastikan tidak ada.

cara-mengatasi-noda-luntur.jpg

Kenyataannya noda luntur termasuk salah satu noda membandel yang sulit sekali untuk dihilangkan. Anda bisa mencoba bahan-bahan pembersih di bawah ini untuk mengatasinya!

Vetsin dan Deterjen

Pernahkah Anda menyangka kalau vetsin dapat digunakan sebagai bahan pembersih? Faktanya memang demikian. Vetsin mempunyai kemampuan membersihkan kotoran sampai noda membandel yang ada di serat kain. Untuk mempercepat kinerjanya, Anda bisa mencampurkan vetsin dan deterjen dengan perbandingan 2:3, lalu tambahkan air panas. Aduk terlebih dahulu sampai bahan-bahan ini tercampur rata. Kemudian Anda bisa memasukkan pakaian yang bermasalah ke dalamnya. Rendam selama 30 menit. Setelah itu, kuceklah sampai bersih.

Cuka, Garam, dan Deterjen

Kombinasi antara cuka dan garam ternyata sangat ampuh dipakai untuk menghilangkan noda luntur yang ada di pakaian. Cuka mempunyai kemampuan untuk mengikis partikel-partikel kotoran. Sedangkan garam mampu menghilangkan kotoran dan mencegahnya kembali lagi. Kombinasi antara cuka dan garam ini akan semakin sempurna apabila kita menambahkan deterjen ke dalamnya. Anda bisa merendam pakaian yang bernoda ke dalam campuran cuka, garam, dan deterjen yang diberi tambahan sedikit air. Rendam pakaian Anda selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih untuk melihat hasilnya.

Asam Sitrat dan Deterjen

Beberapa orang menyebut asam sitrat sebagai sitrun. Sebenarnya kabar tentang kemampuan asam sitrat atau sitrun ini dalam menghilangkan noda membandel pada pakaian sudah lama diketahui. Tapi mungkin baru kali ini Anda mendengarnya? Tidak ada salahnya Anda mencoba cara ini. Anda bisa mencampurkan asam sitrat dan deterjen terlebih dahulu ke dalam ember. Kemudian tambahkan air secukupnya. Rendamlah pakaian Anda yang bermasalah di ember tersebut selama 30 menit. Jangan lupa untuk menguceknya sebentar. Lalu bilaslah hingga bersih.

Baking Soda dan Deterjen

Baking soda ternyata juga dapat menghilangkan noda luntur yang belum terlalu parah di serat pakaian. Walaupun tidak terlalu efektif, tetapi Anda patut mencobanya. Tidak ada salahnya menggunakan baking soda ini berulang-ulang kali untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.  Baking soda sanggup membersihkan noda membandel karena karakteristiknya yang memiliki pH tinggi. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus, Anda bisa menambahkan deterjen secukupnya.

Alkohol

Noda membandel dari warna yang luntur juga dapat dihapus menggunakan alkohol loh. Bahan ini sangat efektif dipakai untuk membersihkan pakaian yang terkena noda luntur, khususnya noda dari tinta. Berbeda dengan bahan-bahan pembersih sebelumnya, untuk menggunakan alkohol sebagai pembersih noda luntur, Anda cukup mengusapkan sedikit alkohol tepat di area yang bernoda. Kemudian gosoklah memakai sikat. Agar noda tidak semakin menyebar, sikatlah ke arah depan dan agak mengangkat. Lakukan berulang-ulang sampai nodanya sirna.

Cairan Aseton

Bagi Anda yang hobi memakai cairan pewarna kuku (kuteks) pasti sudah tak asing lagi dengan yang namanya aseton. Aseton adalah cairan yang bisa digunakan untuk membersihkan kuteks. Bagi Anda yang sudah bosan dengan warna kuku sekarang atau hendak menggantinya dengan kuteks lainnya, Anda bisa membersihkan kuku memakai cairan aseton terlebih dahulu. Ternyata aseton tidak hanya dapat digunakan untuk kuku saja, Anda pun bisa memanfaatkannya untuk mengatasi noda luntur di pakaian. Cukup usapkan saja aseton secukupnya pada area yang bernoda, lalu sikat sampai bersih.