Cara Mengepel Lantai Biar Kesat, Begini Triknya!

Kebersihan rumah memang harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Terutama untuk kebersihan lantai yang dipijaki sehari-hari. Lantai senantiasa dilewati setiap saat. Berbagai kotoran pun jatuh di atas permukaan lantai. Akibatnya kondisi lantai mudah sekali menjadi kotor. Anda harus rutin membersihkannya supaya seluruh orang di rumah menjadi aman dari serangan kuman dan bakteri. Caranya yaitu bersihkan lantai tersebut dengan menyapunya, lalu mengepel permukaannya.

Walaupun kelihatannya mudah dilakukan, tetapi pekerjaan mengepel lantai membutuhkan trik khusus agar hasilnya optimal. Seharusnya kondisi lantai yang baru saja dipel menjadi bersih dengan permukaan yang kesat. Tidak ada lagi noda membandel di permukaan lantai tersebut. Cuma tidak sedikit orang yang mengaku kalau lantainya justru menjadi licin, berminyak, atau bahkan berbau amis setelah dipel. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh kesalahan dalam mengepel lantai.

mengepel-lantai-biar-kesat.jpg

Nah, kali ini kami akan berbagi dengan Anda tentang bagaimana cara mengepel lantai yang benar agar hasilnya bersih, permukaan lantai menjadi kesat, dan tidak licin.

Gunakan Sabun Pembersih Lantai

Kalau mau membersihkan lantai sebaiknya Anda menggunakan sabun khusus untuk pembersih lantai. Karena sudah diformulasikan secara khusus, maka sabun ini mampu menghilangkan kotoran dan noda membandel di lantai serta membuat kondisinya bersih sempurna. Kabar baiknya ialah semakin banyak produk pembersih lantai yang tersedia sekarang. Kemampuannya dalam membersihkan lantai pun semakin hebat. Anda wajib menggunakannya kalau ingin hasil lantai yang benar-benar bersih.

Jangan Pakai Deterjen Pakaian

Kenyataannya ada loh orang yang mengepel lantai menggunakan deterjen pakaian. Mungkin karena ingin menghemat pengeluaran, lantas deterjen pun dipakai untuk membersihkan lantai. Padahal lantai mempunyai karakteristik yang berbeda dari serat pakaian. Biasanya deterjen ini ditambah dengan bahan pelicin untuk mempermudah kita dalam mencuci pakaian. Sehingga jika Anda mengunakan deterjen untuk mengepel, hasilnya adalah tekstur permukaan lantai justru menjadi licin.

Boleh Memakai Sabun Cuci Piring

Kalau di rumah Anda sedang tidak tersedia sabun pembersih lantai, Anda juga bisa menggunakan sabun cuci piring sebagai alternatifnya loh. Tapi sabun cuci piring yang bisa dipakai untuk membersihkan lantai yaitu sabun cuci piring cair, bukan sabun colek. Sabun cuci piring cair memiliki kemampuan yang sangat efektif dalam membersihkan permukaan suatu benda, menghilangkan noda membandel, dan membuat tekturnya menjadi kesat. Oleh sebab itu, Anda boleh menggunakannya.

Jangan Lupa Bersihkan Dulu

Sebelum mengepel lantai, biasakanlah untuk membersihkan permukaan lantai terlebih dulu. Meskipun kondisi lantai tersebut nampak bersih bukan berarti tidak ada kotoran di atasnya. Jikalau Anda langsung mengepel lantai, kotoran-kotoran ini akan terkumpul dan jumlahnya semakin banyak. Akibatnya Anda pun tak dapat mengepel lantai tersebut sampai bersih. Kondisi ini pula yang menyebabkan lantai malah berbau amis setelah dipel. Jadi mulai dari sekarang bersihkan lantai sebelum Anda mengepelnya.

Pakailah Alat Pel Khusus

Kalau mau permukaan lantai langsung menjadi kesat setelah Anda mengepelnya, Anda harus memakai alat khusus untuk keperluan mengepel. Anda harus menggunakan alat pel khusus. Alat ini bentuknya menyerupai alat pembersih kaca yang disebut squeegee, tetapi ukurannya jauh lebih besar. Dengan alat tersebut tidak ada air yang tercecer di permukaan lantai. Anda bisa mengepel lantai secara sempurna. Berbeda dengan memakai kain lap atau kain pel, hasilnya jauh lebih kesat.