Cara Mengganti Kabel Power Setrika yang Rusak

Kita semua butuh setrika untuk tampil rapi. Apalagi Anda yang bekerja di daerah perkantoran yang menuntut untuk senantiasa berpenampilan menarik. Berkat setrika, pakaian yang akan Anda kenakan bisa berubah dari yang semula lusuh dan kumal menjadi licin dan rapi. Maka tak heran kalau Anda membutuhkan setrika hampir setiap hari. Anda harus senantiasa menyetrika pakaian-pakaian yang akan dikenakan berangkat bekerja nanti.

Namun karena saking seringnya digunakan, lama-kelamaan kondisi setrika ini menjadi rusak. Salah satu komponen yang rentan mengalami kerusakan yaitu kabel power. Penyebabnya tak lain karena Anda terlalu sering menggerak-gerakkan setrika ke segala arah sehingga membuat kabelnya terpelintir. Hal ini mengakibatkan kawat kabel pun terputus. Sulit mendeteksi posisi kawat yang terputus sebab kabel setrika terbungkus oleh isolator kain yang cukup tebal.

Oleh sebab itu, jalan keluar yang dapat diambil apabila kabel setrika Anda terputus adalah menggantinya dengan kabel baru. Di sini Anda bisa menggunakan kabel khusus untuk setrika yang mempunyai 3 kawat di dalamnya yaitu positif, negatif, dan ground. Kabel ini bisa Anda dapatkan di toko elektronik terdekat. Kalau Anda tidak berhasil menemukan kabel ini, silakan gunakan saja kabel biasa yang mempunyai 2 kawat.

cara-mengganti-kabel-setrika.jpg

Berikut ini panduan dalam mengganti kabel power setrika!

Alat dan Bahan :

  • Kabel power setrika
  • Obeng

Langkah-langkah :

  1. Bukalah cover bagian belakang setrika yang menutupi kabel power. Anda harus melepaskan sekrupnya terlebih dahulu menggunakan obeng. Kemudian lepaskan cover belakang setrika dengan hati-hati.
  2. Periksa bagian dalam setrika. Fokus pada area yang berhubungan langsung dengan kabel power. Lepaskan kedua baut yang menahan posisi kabel power. Setelah itu, lepaskan juga kabel power dari setrika.
  3. Siapkan kabel pengganti. Masukkan kabel tersebut ke dalam lubang yang ada di cover belakang. Selanjutnya pasang ujung kabel di tempatnya. Biasanya kabel biru dan kabel cokelat untuk positif dan negatif. Sedangkan kabel hijau untuk ground.
  4. Pasang kabel biru di baut pertama dan kabel cokelat di baut kedua. Sementara itu, kabel hijau pada ground. Selanjutnya Anda perlu memasang baut ini di tempatnya. Gunakan obeng untuk memperkuat pemasangan kedua baut ini.
  5. Cek kembali untuk memastikan kabel dan baut sudah terpasang kuat sehingga tidak berisiko terjadi korsleting listrik. Barulah kemudian Anda bisa memasang lagi cover belakang setrika seperti semula.

Selamat mencoba!