Cara Mengganti Mesin Jam Dinding yang Rusak

Walaupun kerap dipandang sebelah mata, jam dinding mempunyai manfaat yang sangat penting bagi kehidupan kita. Jam ini sanggup menunjukkan waktu kepada kita dengan tepat sehingga kita dapat mengatur kehidupan kita dengan sebaik-baiknya. Meskipun kini sudah ada perangkat telepon seluler yang selalu dilengkapi dengan jam digital, namun keberadaan jam dinding tak bisa tergantikan. Rasanya jauh lebih nyaman melihat waktu melalui jam dinding daripada jam di HP.

Harga jam dinding di pasaran lumayan terjangkau. Cukup dengan merogoh kocek sekitar Rp 30-50 ribu saja, Anda sudah bisa membeli jam dinding yang baru. Namun ada pula loh jam dinding yang harganya mencapai jutaan rupiah. Biasanya jam dinding tersebut telah dilengkapi dengan ornamen khusus yang membuat harganya melejit secara tajam. Anda harus merawat jam dinding ini dengan baik supaya tidak mengalami kerusakan. Sayang banget kan kalau jam tersebut sampai rusak?

mengganti-mesin-jam-dinding.jpg

Sebenarnya sih bagian dari jam dinding yang bisa mengalami kerusakan cuma mesinnya saja. Apabila mesin jam dinding ini rusak, maka jarum-jarumnya pun sama sekali tidak bisa berputar. Jarum tersebut mati total. Berapapun Anda mencoba mengganti baterainya berkali-kali, jarum jam tadi tidak bakal bisa berjalan lagi. Namanya juga mesinnya sudah rusak, kan? Tetapi Anda jangan langsung membuang jam dinding tersebut. Anda bisa memperbaikinya dengan mengganti bagian mesinnya saja.

Bagi Anda yang ingin mengganti mesin jam dinding sendiri, silakan Anda ikuti panduan langkah-langkah di bawah ini!

Belilah Mesin Jam Dinding yang Baru di Toko

Memperbaiki jam dinding yang mati itu sangatlah mudah. Anda tinggal mengganti mesinnya saja, maka dijamin jam tersebut pun mampu menyala dan bekerja secara normal lagi. Cuma pertanyaannya ialah di mana kita bisa membeli mesin jam dinding ini? Kalau di toko elektronik terdekat tidak ada, Anda dapat membeli mesin ini di toko online. Ada banyak loh penjual yang menawarkan produk mesin jam dinding. Harganya pun bervariasi. Kalau yang paling murah sih sekitar Rp 5.000an. Tapi usahakan Anda membeli mesin jam dinding yang tidak murahan serta memiliki ulasan positif yang banyak.

cara-mengganti-mesin-jam.jpg

Bongkar Jam Dinding dan Lepaskan Mesinnya

Tentunya sebelum Anda memasang mesin jam dinding yang baru, Anda mesti membongkar jam dinding tersebut untuk melepaskan mesin yang lamanya. Biasanya kita cuma membutuhkan obeng plus ukuran standar untuk membongkar jam dinding. Setelah semua sekrup yang ada sudah berhasil dilepaskan, lalu Anda bisa membalikkan posisi jam tersebut. Lepaskan frame/bingkainya terlebih dahulu, diikuti dengan melepaskan kacanya. Berikutnya Anda lepaskan jarum-jarum penunjuk waktu, baik itu jarum jam, jarum menit, maupun jarum detiknya. Barulah Anda bisa melepaskan mesin jam dari arah belakang.

Pasang Mesin Jam Dinding Lalu Rangkai Kembali

Proses memasang mesin jam dinding yang baru ini merupakan kebalikannya dari membongkar atau melepaskan mesin yang lama. Anda bisa memasang mesinnya terlebih dahulu dari arah belakang. Lalu pasang semua jarum penunjuk waktu. Pastikan jarum-jarum ini terpasang pada posisi yang benar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengarahkan jarum-jarum tersebut menunjuk tepat waktu 12.00.00 supaya lebih mudah mengatur selanjutnya nanti. Kemudian Anda pasang lapisan kaca pelindung beserta frame alias bingkainya. Jangan lupa pasang kembali semua sekrup untuk menahannya ya.

Kini jam dinding Anda pun telah selesai diperbaiki. Anda bisa mengatur jarum-jarum penunjuk waktunya agar mengarah ke waktu yang tepat. Barulah kemudian Anda bisa memasang baterai supaya jam dinding ini mampu bekerja secara normal lagi. Ternyata mudah sekali kan untuk dapat memperbaiki jam dinding yang rusak? Jadi kalau sekarang ada jam dinding di rumah Anda yang sudah rusak total akibat mesinnya telah mati, sebaiknya jangan dibuang lagi. Sebab Anda dapat memperbaikinya sendiri dengan mengikuti panduan di atas.