Cara Mengganti Sendiri Lapisan Kulit Jok Pada Kursi Kantor

Bekerja di kantor memang terasa nyaman karena kita bisa duduk di atas kursi yang empuk. Kualitas kursi ini sangat mempengaruhi tingkat kenyamanan kita saat bekerja di kantor. Kita bisa betah berlama-lama duduk di atasnya berkat kursi kantor yang terasa nyaman. Kalau tidak, mungkin tubuh kita, terutama di bagian pinggul, akan terasa sakit sekali setelah seharian duduk di depan komputer. Oleh karena itu, kursi kantor menjadi peralatan pendukung pekerjaan yang harus senantiasa diperhatikan.

Kalau kursi kantor Anda sudah rusak, jangan pikir berkali-kali untuk segera memperbaikinya. Anda harus segera memperbaiki kerusakan tersebut. Memang sih biaya perbaikan kursi kantor ini memakan dana yang tidak sedikit. Hal ini wajar sekali sebab kursi kantor merupakan kursi yang premium sehingga butuh penanganan yang ahli serta material pengganti yang berkualitas tinggi. Jikalau mau, Anda bisa mencoba memperbaiki kerusakannya sendiri. Misalnya mengganti lapisan kulit jok yang sudah sobek.

Pekerjaan mengganti kulit jok pada kursi kantor yang sudah sobek memang tidak terlalu rumit sehingga bisa Anda lakukan sendiri.

cara-memperbaiki-kursi-kantor.jpg

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Kulit sintetis (oscar) dengan ukuran sesuai bidang yang hendak diganti
  • Lem kulit

Alat-alat yang digunakan :

  • Staples kayu (gun tracker)
  • Obeng minus
  • Tang
  • Gunting
  • Kunci L

cara-mengganti-lapisan-kulit.jpg

Langkah-langkah pengerjaan :

  1. Bukalah handle kursi kantor bagian samping terlebih dahulu. Anda mesti menggunakan kunci L dengan bentuk mata sesuai penampang kepala baut. Lepaskanlah semua batu yang mengikat handle tersebut.
  2. Setelah handle penghubung antara kursi bagian atas dan bawah sudah berhasil dilepaskan, lalu Anda bisa membuka baut-baut untuk penahan sandaran kursi. Anda bisa membukanya dari arah bawah kursi.
  3. Step berikutnya Anda mesti membuka lapisan list yang ada di bawah dudukan kursi. Biasanya sih list ini terbuat dari bahan karet. Untuk membukanya, Anda tinggal mencongkel list ini memakai obeng minus sampai terbukat. Lalu tarik saja hingga semuanya terlepas.
  4. Kini Anda bisa mencabut rumah list dari frame kursi. Rumah list ini berfungsi sebagai tempat menempelnya list. Caranya, Anda harus mencongkel staples yang menahan karet list terlebih dahulu. Lalu tarik rumah list ini memakai tang.
  5. Sekarang Anda dapat melepaskan lapisan kulit kursi dengan lebih mudah. Lepaskan terlebih dulu semua staples yang menahan lapisan kulit tersebut. Anda harus sabar ya karena proses ini pasti akan membuatuhkan waktu yang cukup lama. Anda harus mencongkelnya satu per satu.
  6. Setelah lapisan kulit kursi yang lama sukses dilepaskan, Anda bisa melihat langsung kondisi busa di kursi tersebut. Perhatikan dengan baik kondisi semua bagian busa. Jikalau ada yang sudah kempes atau berlubang, Anda mesti menambal atau melapisinya.
  7. Pasanglah lapisan kulit baru pada kursi kantor. Kemudian Anda perlu sedikit menjahitnya untuk membentuk pola yang akan menahan posisi busa dan lapisan kulit imitasi. Jahitlah dengan rapi dan membentuk pola yang menarik karena berpengaruh terhadap estetika kursi.
  8. Pasang kembali komponen-komponen penyusun kursi kantor seperti semula. Prosesnya ialah berkebalikan dari langkah-langkah membongkar di atas ya. Lakukan dengan hati-hati dan benar supaya hasilnya pun bagus dan rapi seperti baru.