Cara Menggunakan Air Cooler dengan Tepat

Indonesia terletak persis di bagian tengah-tengah bumi. Hal ini membuat kondisi cuaca di sini panas sekali. Maklumlah karena seluruh daerah di Indonesia terletak di wilayah beriklim tropis. Jadi sudah menjadi sebuah kewajaran kalau mau tinggal di Indonesia, Anda harus berani berpanas-panasan. Untungnya teknologi semakin maju. Kini sudah banyak perangkat elektrik yang bermanfaat untuk membuat kondisi udara menjadi lebih nyaman.

Dahulu kala kita biasa memakai AC (Air Conditioner) untuk mengatur kondisi udara di dalam ruangan. Ruangan yang dipasangi AC menjadi lebih nyaman dihuni sebab suasana di dalamnya sama sekali tidak panas. Sayangnya AC membutuhkan energi listrik yang sangat besar ketika menjalankan tugas utamanya. Oleh karena itu, para peneliti terus melakukan percobaan guna menemukan produk baru yang memiliki fungsi mirip seperti AC, tetapi konsumsi daya listriknya lebih sedikit.

cara-menggunakan-air-cooler.jpg

Pada akhirnya ditemukanlah produk air cooler yaitu perangkat yang memang berfungsi untuk mendinginkan udara. Air cooler bekerja dengan menghembuskan udara dingin ke ruangan sehingga suasana di ruangan tersebut menjadi lebih dingin dan lebih lembab. Cara memakai alat ini mudah sekali. Anda hanya perlu mengisi tangki dengan air secukupnya. Lalu nyalakan air cooler dengan menekan tombol powernya. Maka mesin pun akan mendinginkan air yang telah Anda masukkan. Setelah air berubah menjadi es, mesin kemudian akan menghembuskannya ke udara.

Agar air cooler di rumah Anda awet, Anda harus menggunakannya dengan benar. Berikut ini tips-tips berupa saran dan larangan saat menggunakannya!

  1. Ruangan yang dilengkapi dengan air cooler sebaiknya ditutup rapat sehingga Anda bisa merasakan manfaat alat ini dengan maksimal. Percuma bila ruangannya masih terbuka karena udara dingin yang dihembuskan oleh air cooler akan langsung keluar.
  2. Sebaiknya air cooler diletakkan di salah satu sudut ruangan. Jangan pernah menaruh alat ini di dekat peralatan elektronik lainnya. Sebab udara lembab yang dikeluarkannya dapat merusak perangkat elektronik.
  3. Usahakan ruangan yang dilengkapi dengan air cooler ini tidak mempunyai furniture yang terbuat dari kayu olahan seperti triplek, MDF, atau particle board. Kelembaban yang diciptakannya akan merusak furniture-furniture ini.
  4. Kontrol terus air (water) yang ada di dalam tangki produk air cooler ini. Mengapa? Karena air inilah yang menjadi bahan baku bagi air cooler untuk bekerja. Pastikan ada cukup banyak air di dalam tangki agar air cooler Anda bisa bekerja.
  5. Sebagaimana produk lainnya, air cooler pun wajib dibersihkan secara berkala. Intinya jangan pernah menunggu sampai alat elektronik ini kotor. Saat Anda mempunyai waktu luang, segera lap permukaannya menggunakan kain microfiber yang basah.