Cara Menggunakan Alat Peras Jeruk Manual

Siapa sih orang yang tidak suka dengan buah jeruk? Buah yang banyak mengandung vitamin C ini memang mempunyai rasa manis asam yang sangat menyegarkan. Maka tak heran kalau buah jeruk menjadi salah satu buah yang paling banyak difavoritkan orang di seluruh dunia. Anda pun menyukai buah jeruk, kan? Selain dimakan mentah, buah ini juga bisa banget diolah menjadi makanan dan minuman yang menggugah selera.

Kita membutuhkan air sari buah jeruk untuk diproses menjadi makanan dan minuman olahan. Untuk mendapatkan air sari ini, mau tak mau Anda harus memerasnya. Sangat merepotkan bila Anda memeras buah jeruk menggunakan tangan kosong. Pasti tangan Anda akan cepat merasa pegal jika harus melakukannya. Oleh sebab itu, diciptakan alat khusus yang berfungsi sebagai pemeras jeruk. Anda bisa mendapatkannya di www.alatperabotan.com.

Di Toko AlatPerabotan.com tersedia dua macam alat peras jeruk manual yaitu bentuknya yang sederhana dan model yang lebih rumit. Kami akan memberikan panduan lengkap mengenai prosedur memakai kedua alat peras buah jeruk ini untuk Anda.

menggunakan-alat-pemeras-jeruk.jpg

Di atas merupakan model alat pemeras jeruk yang pertama. Berikut ini tata cara menggunakan alat tersebut!

  1. Siapkan buah jeruk yang masih segar. Cucilah menggunakan air bersih.
  2. Potonglah buah jeruk menjadi dua bagian menggunakan pisau yang tajam,
  3. Ambil salah satu potongan buah jeruk. Letakkan di alat pemeras dengan posisi bagian yang dipotong menghadap ke bawah.
  4. Tekan alat pemeras ini supaya menjepit potongan buah jeruk yang ada di tengahnya. Hal ini akan membuat air sari di dalam buah jeruk mengalir keluar.
  5. Ambil lagi potongan buah jeruk yang lainnya. Letakkan di alat pemeras, lalu tekanlah supaya air sari di dalamnya mengalir keluar.

menggunakan-alat-peras-jeruk.jpg

Sementara itu, model alat peras jeruk yang kedua bisa Anda lihat pada gambar di atas. Strukturnya yang kokoh memungkinkan alat ini bisa memeras jeruk yang ukurannya lebih besar dalam jumlah yang lebih banyak. Berikut ini panduan memakainya!

  1. Buah jeruk yang akan diperas sebaiknya dipilih yang masih segar, kemudian dicuci hingga bersih.
  2. Gunakan pisau yang tajam untuk memotong buah jeruk tepat di tengah-tengahnya menjadi dua bagian.
  3. Letakkan salah satu potongan buah jeruk dengan posisi menghadap ke bawah di bagian penekan alat ini. Setelah itu, tekan pengungkitnya.
  4. Ulangi hal yang sama seperti di atas. Letakkan potongan buah jeruk menghadap ke bawah, lalu tekan tuas pengungkitnya untuk memeras buah jeruk.
  5. Potongan buah jeruk yang ditekan akan membuat air sari yang terkandung di dalamnya mengalir keluar.

Dibandingkan dengan minuman jus yang dibuat menggunakan blender, minuman sari buah murni ini mempunyai rasa yang jauh lebih nikmat.