Cara Menggunakan Exhausted Fan di Kamar Tidur

Jika rumah Anda mengalami masalah pada ventilasi udaranya, salah satu solusi yang dapat diambil yaitu memasang exhausted fan. Exhausted fan merupakan perangkat elektronik yang berfungsi untuk membuang udara dari suatu ruangan keluar rumah. Sehingga udara kotor yang ada di dalam ruangan tersebut bisa tetap dihilangkan, dan langsung berganti udara yang bersih. Memasang exhausted fan bisa menjadi solusi yang paling tepat bila rumah Anda tidak mungkin lagi dibuat lubang ventilasi udara.

Kini exhausted fan banyak tersedia di berbagai toko elektronik di Indonesia. Kalau tidak mau repot, Anda pun dapat membelinya secara online di www.alatperabotan.com. Kami menyediakan berbagai produk exhausted fan dengan kualitas yang beranekaragam. Anda dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan di rumah. Exhausted fan yang baik tentunya harus mampu bekerja sesuai dengan harapan Anda. Produk ini mampu membuang udara yang kotor, lalu menggantinya dengan udara bersih dan segar.

cara-menggunakan-exhausted-fan.jpg

Exhausted fan adalah perangkat elektronik yang berfungsi untuk menghisap udara di dalam ruangan untuk dibuang ke luar. Hal ini akan memicu udara segar memasuki ruangan tersebut. Ruangan dengan AC di dalamnya boleh dipasangi exhausted fan. Malahan keberadaan exhausted fan ini justru bagus karena dapat melengkapi kinerja AC. Perangkat AC akan menyejukkan udara di dalam ruangan. Sementara itu, exhausted fan akan mengurangi kelembaban udara di ruangan tersebut.

Setidaknya terdapat 3 jenis exhausted fan, di antaranya :

  1. Wall mount exhausted fan yaitu exhausted fan yang pemasangannya dilakukan pada dinding. Bagian belakang dinding yang akan dipasangi exhausted fan ini harus berupa area terbuka sehingga bisa langsung keluar.
  2. Window mount exhausted fan ialah exhausted fan yang dapat dipasang di jendela kaca. Biasanya ketebalannya sekitar 3-7 mm. Jika alat ini diletakkan di ruangan yang besar, pastikan terdapat jalur yang memungkinkan dapat keluar masuk ruangan tersebut.
  3. Ceiling mount exhausted fan adalah exhausted fan yang hanya berfungsi untuk mengeluarkan udara di dalam ruangan. Exhausted fan tipe ini umumnya dilengkapi pipa penyalur untuk mengalirkan udara ke luar.

Produsen exhausted fan saat ini telah mempermudah para konsumen untuk memilih exhausted fan sesuai ruangan yang akan dipasangi dengan menyediakan variasi ukuran diameter produk ini. Contohnya yaitu exhausted fan 8 inci untuk ruangan yang memiliki luas 4 m2, exhausted fan 10 inci untuk ruangan seluas 8 m2, serta exhausted fan 12 inci untuk ruangan yang berukuran 12 m2. Ada baiknya Anda juga memilih exhausted fan menurut kebutuhan pergantian udara di dalam ruangan.

Sebagai contoh, Anda mempunyai kamar tidur yang berukuran panjang 3 m, lebar 3 m, dan tinggi 2 m. Ingat, ini hanya contoh ya! Jadi total volume ruangan ini adalah 18 m3. Karena menyangkut kapasitas udara di dalam ruang, maka kami lebih suka menghitungnya berdasarkan volume, bukan luas ruangan. Kemudian kalikan volume ini dengan kebutuhan ruangan di kamar tidur yaitu 2-4 kali /jam. Sedangkan kamar mandi 6-10 kali/jam, dan 10-15 kali/jam. Maka hasinya 18 x 4 adalah 72 m3. Barulah kemudian Anda bisa membeli exhausted fan yang memiliki kemampuan minimal 72 m3.

Prinsip Kera Exhausted Fan

Cara menggunakan exhausted fan di kamar tidur berdasarkan prinsip-prinsip kerjanya kurang lebih seperti ini :

  • Kita anggap exhausted fan sudah terpasang di dalam kamar tidur. Tentunya ruangan ini juga memiliki lubang ventilasi udara.
  • Exhausted fan akan bekerja pada mode menghisap. Alat elektronik ini memiliki prinsip kerja yang berbeda dari kipas angin biasa.
  • Saat dinyalakan, exhausted fan akan langsung menghisap udara di dalam kamar tidur kemudian segera membuangnya ke luar ruangan.
  • Udara yang terhisap oleh exhausted fan adalah udara kotor yang sebelumnya ada di ruangan. Sehingga volume udara kotor pun berkurang.
  • Setiap kali udara kotor dikeluarkan oleh exhausted fan, pada waktu yang sama udara bersih dari luar akan memasuki ruangan melalui lubang ventilasi.
  • Mekanisme sirkulasi udara di atas akan terus bekerja selama exhausted fan dinyalakan. Udara kotor akan terus dihisap dan langsung berganti dengan udara bersih.