Cara Menggunakan Ice Pack Pada Air Cooler

Air Cooler ialah perangkat elektronik yang berfungsi untuk mendinginkan suhu udara di dalam ruangan. Alat ini bekerja dengan meningkatkan kelembaban udara menggunakan uap air yang dingin. Air Cooler digadang-gadangkan sebagai perangkat pengganti AC (Air Conditioner). Alat ini mempunyai kelebihan harga produknya yang lebih murah serta konsumsi energi listriknya pun lebih hemat. Anda bisa menggunakannya untuk mendinginkan ruangan.

Produk Air Cooler yang beredar di pasaran memiliki spesifikasi yang bermacam-macam. Kami sarankan pilihlah produk yang tidak hanya dilengkapi tangki air saja, tetapi juga mempunyai tangki es batu. Jadi kinerja alat tersebut akan semakin maksimal. Air Cooler bekerja dengan mengubah air dan es batu menjadi uap air, kemudian melembabkan udara menggunakan uap air dan angin yang dihasilkannya. Ruangan pun seketika menjadi dingin.

ice-pack-pada-air-cooler.jpg

Anda bisa menggunakan ice pack untuk memaksimalkan fungsi Air Cooler. Ice pack merupakan produk sejenis es batu yang memiliki suhu sangat dingin. Saking dinginnya, ice pack bahkan bisa membekukan benda-benda di sampingnya. Daya tahan ice pack sendiri berkisar antara 5-8 jam. Kelebihannya yaitu Anda bisa memakai ice pack berulang-ulang. Ice pack yang sudah tidak dingin dan mencair bisa dibekukan kembali menggunakan freezer.

Untuk menggunakan ice pack pada Air Cooler, caranya adalah sebagai berikut :

  • Sebaiknya Anda mendinginkan ice pack terlebih dahulu. Caranya dengan memasukkan ice pack ke dalam freezer. Biasanya dalam waktu 3-5 jam, ice pack ini sudah membeku dan siap untuk digunakan.
  • Keluarkan tangki penyimpanan air dan es batu pada Air Cooler. Buanglah sisa air yang masih ada, lalu bersihkan tangki ini memakai kain lap yang lembut. Letakkan ice pack ke dalam tangki es. Isi tangki air dengan air bersih. Lalu pasang kembali tangki ini.
  • Nyalakan Air Cooler dengan menekan tombol power. Biarkan beberapa saat supaya produk ini bekerja seperti kipas angin. Barulah kemudian tekan tombol humidifier agar alat elektronik ini menghembuskan uap air dingin.
  • Air Cooler tidak boleh dinyalakan terus-menerus. Seiring berjalannya waktu, ice pack akan mencair dan air pun kian menipis. Menyalakan Air Cooler tanpa air dan ice pack yang memadai membuatnya cepat rusak. Itu sebabnya, disarankan mengaktifkan timer agar Air Cooler bisa mati sendiri.
  • Air yang ada di dalam tangki pada Air Cooler wajib diganti setiap hari. Pastikan Anda menggunakan air yang bersih. Untuk ice pack sudah mencair bisa dibekukan memakai freezer lalu digunakan kembali.