Cara Menggunakan Magic Com yang Benar

Bagaimana cara menggunakan magic com yang benar? Setiap hari kita harus memasak beras agar menjadi nasi yang siap untuk disantap. Karena merupakan makanan pokok, kurang lengkap rasanya apabila kita makan tanpa adanya nasi. Beruntung sekali kita hidup di zaman yang serba modern. Segala sesuatu bisa dikerjakan dengan lebih mudah. Termasuk dalam menanak nasi. Kita bisa memanfaatkan magic com sehingga proses memasak nasi menjadi jauh lebih praktis, lebih mudah, dan lebih menyenangkan.

Pada dasarnya, memasak nasi menggunakan magic com itu sangat mudah. Bahkan anak kecil yang masih duduk di bangku sekolah dasar pun dapat melakukannya sendiri. Tetapi kami memahami bahwa sebagai pengguna baru Anda masih awam dengan magic com. Bahkan Anda sendiri belum mengetahui dengan lengkap apa saja bagian-bagian dari magic com. Anda tidak perlu khawatir sebab semua orang juga sama seperti Anda ketika baru awal-awal mempunyai magic com. Namun lama-kelamaan Anda pasti Anda akan terbiasa memakai alat elektronik ini.

cara-menggunakan-magic-com.jpg

Kali ini kami akan berbagi panduan penggunaan magic com yang benar. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini supaya Anda tidak melakukan kesalahan sehingga magic com Anda akan awet dan tidak cepat rusak.

Langkah 1. Menyiapkan Beras

Siapkan beras yang akan dimasak menjadi nasi terlebih dahulu. Untuk keluarga kecil yang terdiri dari 2 orang dewasa dan 2 orang anak-anak biasanya 3 gelas beras sudah cukup untuk mencukupi kebutuhan nasi seharian. Gunakan gelas takar yang disertakan dalam produk magic com untuk mengukurnya. Beras ini selanjutnya dimasukkan ke wadah plastik untuk dicuci. Jangan memakai panci magic com untuk mencuci beras sebab dapat mengakibatkan lapisan anti-lengketnya tergores.

Langkah 2. Mencuci Beras

Anda tentu harus mencuci beras yang akan dimasak supaya kondisinya bersih. Tuangkan air ke dalam wadah yang telah berisi beras. Remaslah biji-biji beras tersebut secara perlahan-lahan sambil diaduk dan dibolak-balik beberapa kali. Setelah itu, buang air cucian beras sedikit demi sedikit. Usahakan jangan sampai ada biji beras yang keluar dari wadah. Lakukan proses pencucian beras ini sebanyak 2-3 kali hingga bersih sempurna. Setidaknya sampai warna air cucian beras sudah tidak terlalu keruh lagi.

Langkah 3. Mencuci Panci

Sebelum menggunakannya, Anda sebaiknya membiasakan diri untuk selalu mencuci panci magic com tersebut. Tujuannya tentu saja untuk memastikan permukaan panci dalam kondisi yang bersih dan bebas dari kotoran. Gunakanlah busa dan cairan pencuci piring secukupnya untuk membersihkan panci ini. Gosoklah seluruh permukaan panci baik sisi bagian dalam serta bagian luarnya. Setelah itu, bilas menggunakan air yang mengalir sampai bersih.

Langkah 4. Mengukur Air

Beras yang telah dicuci bersih lantas dimasukkan ke dalam panci yang kondisinya sudah bersih pula. Kemudian tambahkan air secukupnya ke dalam panci tersebut. Berapa jumlah air yang dibutuhkan? Hal ini tergantung tekstur nasi yang Anda inginkan. Jika Anda ingin nasi yang pulen dan tidak terlalu lembek, tuangkan air hingga ketinggiannya satu ruas jari di atas permukaan tumpukan beras. Namun bila Anda lebih suka nasi yang lembek, tambahkan air lebih dari satu ruas jari. Semakin banyak air yang Anda tambahkan ke panci, maka nasi pun akan menjadi semakin lembek.

Langkah 5. Memasak Beras

Masukkan panci yang sudah berisi air dan beras ke tempatnya di magic com. Jangan lupa turunkan kembali bagian penutup panci magic com tersebut. Kemudian Anda bisa menghubungkan kabel power magic com ke terminal listrik. Pastikan lampu indikator power di magic com sudah menyala. Lalu ubahlah switch magic com tersebut ke bawah pada posisi menanak nasi. Seketika lampu pada indikator cooking pun akan menyala. Biarkan magic com bekerja memasak beras Anda,

Langkah 6. Mengaduk Nasi

Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 30-45 menit bagi magic com untuk memasak 3 gelas beras. Selama menunggu waktu tersebut, Anda tidak perlu melakukan apapun terhadap alat elektronik yang satu ini. Anda juga tidak perlu mengaduk nasi sama sekali. Silakan lakukan pekerjaan yang lain. Setelah nasi sudah masak, switch otomatis akan naik ke atas dan lampu indikator warmer menyala. Silakan buka penutup panci, lalu aduk untuk membalikkan yang ada di atas menjadi ke bawah dan sebaliknya. Tujuannya agar nasi matang secara merata. Silakan tunggu lagi selama 10-15 menit.

Langkah 7. Menikmati Nasi

Nasi yang sudah matang sempurna pun siap untuk Anda nikmati bersama keluarga tercinta. Apabila Anda ingin nasi tersebut mengeluarkan aroma yang lebih sedap, Anda bisa menambahkan daun pandan, kemangi, sereh, atau daun salam pada saat akan memasak beras. Bumbu-bumbu ini akan memberikan aroma khas yang membuat nasi yang Anda masak terasa jauh lebih nikmat. Sedangkan bila Anda ingin proses menanak nasi ini berlangsung lebih cepat, silakan ganti air dingin yang digunakan untuk perebusan menjadi air panas yang baru mendidih.