Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Freezer

Agar suatu bahan makanan menjadi lebih awet dan tak mudah basi, Anda bisa menyimpannya di dalam freezer. Freezer adalah perangkat elektronik yang memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan bahan makanan. Perangkat ini bekerja dengan membekukan bahan makanan di bawah suhu nol derajat celsius. Tidak ada kuman atau bakteri yang mampu bertahan hidup di tempat seperti ini. Hasilnya bahan makanan pun bisa disimpan lebih lama.

Karena menjadi tempat menyimpan bahan-bahan makanan, freezer sering mengeluarkan bau yang tidak sedap. Ikan, daging, dan makanan olahan memiliki aroma yang cukup kuat. Apabila aroma ini terkumpul satu akan berubah menjadi bau yang tidak sedap. Anda tentu tidak boleh membiarkan bau tak sedap tersebut berada di dalam freezer. Hal ini dapat mencemari bahan makanan di dalamnya serta menimbulkan kesan jorok. Anda harus mengatasinya segera.

menghilangkan-bau-tak-sedap.jpg

Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami berikut ini untuk menghilangkan bau yang tidak sedap dari dalam freezer.

  1. Arang

Tanpa Anda sadari, arang yang biasa digunakan untuk membakar sate ternyata sangat ampuh digunakan untuk mengusir bau yang tidak sedap. Tapi Anda tidak boleh memakai sembarang arang. Arang yang dapat dipakai untuk menghilangkan bau hanya arang dari tempurung kelapa. Arang ini memiliki kemampuan untuk menyerap bau di sekitarnya. Anda hanya perlu memasukkan beberapa bongkahan arang di sudut-sudut freezer.

  1. Kopi

Kopi bisa digunakan untuk membuat minuman yang sangat nikmat. Meskipun rasanya pahit, tetapi ada sensasi kenikmatan tersendiri yang dimiliki oleh kopi. Ternyata bubuk kopi bisa digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap loh. Sama seperti arang, bubuk kopi juga memiliki kemampuan untuk menyerap bau. Anda harus menggunakan bubuk kopi yang masih murni untuk keperluan ini. Tinggal letakkan saja bubuk tersebut di piring kecil, lalu masukkan ke freezer.

  1. Lemon

Anda pasti sepakat kalau lemon mempunyai aroma yang begitu menyegarkan. Aroma tersebut dapat tercium sangat kuat. Kita bisa memanfaatkan aroma segar dari buah lemon ini untuk menghilangkan bau tak sedap dari dalam freezer dan menggantinya dengan aroma segar dari lemon. Cukup potong buah lemon menjadi beberapa bagian. Lalu masukkan potongan buah lemon ini ke freezer. Ganti setelah 3-5 hari kemudian.

  1. Jeruk Nipis

Tak mau kalah dengan buah lemon, jeruk nipis juga memiliki aroma yang sangat segar. Kita pun dapat menemukan buah yang rasanya sangat asam ini dengan mudah di pasar tradisional terdekat. Nah, jika Anda kesulitan mencari buah lemon, tinggal ganti saja memakai buah jeruk nipis. Caranya masih sama kok. Potonglah buah jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Masukkan potongan buah ini satu per satu ke dalam freezer.

  1. Cuka

Apabila freezer Anda sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap, Anda bisa mengatasi bau tersebut menggunakan cuka. Cuka memiliki aroma yang segar sedikit asam yang mampu mengalahkan bau tidak sedap. Anda hanya perlu mengelap permukaan bagian dalam freezer menggunakan cuka secukupnya. Gosoklah secara merata. Tunggu sekitar 30 menit, maka bau tidak sedap akan menghilang seketika tanpa Anda perlu bersusah payah mengatasinya.

  1. Baking Soda

Anda yang hobi membuat kue di rumah pastinya mempunyai persediaan baking soda yang cukup banyak, kan? Selain digunakan untuk mengembangkan adonan kue, baking soda ternyata bisa juga dipakai sebagai bahan pembersih loh. Anda bisa menggunakan baking soda untuk membersihkan lemari es atau freezer. Baking soda juga sangat ampuh dipakai untuk mengusir bau yang tidak sedap. Caranya masukkan baking soda ke dalam piring kecil, lalu tambahkan air secukupnya. Letakkan piring berisi cairan baking soda ini ke dalam freezer.

  1. Garam

Garam memiliki rasa asin yang sangat kuat. Di balik rasa asin tersebut, garam ternyata bisa juga dipakai untuk menghilangkan bau-bau aneh dan menyengat di kulkas. Cara menggunakannya mudah sekali. Larutkan segenggam garam ke dalam seember kecil air bersih. Lantas gunakan air tersebut untuk membersihkan freezer. Hasilnya adalah freezer Anda kini sudah bebas dari bau yang tidak sedap.

  1. Vanili

Bubuk vanili juga banyak tersedia di dapur jika Anda suka membikin kue sendiri. Aroma vanili yang lembut ternyata tidak hanya dapat mengundang selera makan, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir bau freezer yang tidak sedap. Anda hanya perlu menaburkan bubuk vanili secukupnya ke dalam freezer. Kemudian ratakan bubuk tersebut memakai kain lap yang bersih. Niscaya freezer Anda tidak akan berbau busuk lagi.