Cara Menghilangkan Noda Karat di Sendok Stainless Steel

Peradaban manusia terus mengalami perkembangan. Salah satu yang paling kentara yaitu kebudayaan dalam makan. Dahulu kala, manusia hanya menggunakan tangan kosong untuk mengambil makanan. Tetapi sekarang sudah digunakan sendok untuk mengambil makanan tersebut. Sendok merupakan alat makan yang paling populer. Hampir semua negara di dunia saat ini memakai sendok sebagai peralatan makan utamanya. Tak hanya memudahkan, sendok juga membuat aktivitas makan menjadi elegan.

Pada umumnya sendok terbuat dari material stainless steel. Bahan ini memang sering digunakan sebagai bahan baku untuk membuat berbagai peralatan makan. Sendok contohnya. Selain karena strukturnya yang kuat dan kokoh, stainless steel juga bersifat anti-karat. Sehingga benda-benda yang terbuat dari stainless steel bakal lebih aman dipakai sebagai peranti makan. Namun bukan berarti sendok stainless steel ini sama sekali tidak bisa berkarat ya. Kenyataannya sendok ini pun bisa berkarat kalau Anda tidak merawatnya dengan baik.

membersihkan-karat-di-sendok.jpg

Banyak orang yang akan langsung membuang sendoknya yang sudah terlanjur terkena karat. Memang sih sendok tersebut menjadi tidak aman dipakai sebab ada lapisan karat di permukaannya. Lapisan karat akan berbahaya sekali kalau sampai tertelan. Anda mesti membersihkannya dengan tuntas sampai noda karat ini hilang semuanya. Caranya tidak terlalu sulit kok. Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Sabun cuci piring
  • Pisau atau ampelas
  • Sikat kawat
  • Spons cuci
  • Air
  • Mangkuk kecil

menghilangkan-karat-di-sendok.jpg

Langkah-langkah :

  1. Mulailah dengan mencuci sendok tersebut seperti biasanya. Anda bisa menuangkan sabun cuci piring secukupnya ke dalam mangkuk, lalu tambahkan air sedikit saja.
  2. Gunakan air sabun cuci piring untuk membersihkan sendok. Usapkan sabun tersebut ke sekujur permukaan sendok memakai spons secara merata. Kemudian bilas sampai bersih.
  3. Kini tiba waktunya untuk menghilangkan lapisan karat yang menempel di permukaan sendok stainless. Anda bisa mengangkat kotoran besi tersebut memakai pisau yang tajam.
  4. Peganglah sendok dengan kuat menggunakan tangan kiri Anda. Sedangkan tangan kanan Anda memegangi pisau. Torehkan mata pisau yang tajam tepat ke noda tersebut.
  5. Sebagai alternatif dari pisau, Anda juga bisa memanfaatkan ampelas untuk menghilangkan karat tersebut. Gunakan ampelas yang kasar supaya lebih efektif dalam menghapus karat.
  6. Anda harus mengusapkan/menorehkan pisau atau ampelas ke permukaan sendok yang berkarat beberapa kali sampai noda karatnya benar-benar rontok semua.
  7. Cobalah Anda bilas sendok tadi, lalu perhatikan hasilnya. Jikalau masih ada sedikit lapisan karat yang menempel, Anda harus membersihkannya sekali lagi seperti langkah-langkah di atas.
  8. Kami sarankan untuk menggerakkan pisau/ampelas dengan gerakan yang searah dan berulang-ulang supaya noda karat lebih cepat terangkat dari permukaan sendok.
  9. Tanda sendok sudah berhasil dibersihkan dan bebas dari karat yaitu tidak ada lagi lapisan karat sedikit pun yang menempel di permukaannya.
  10. Mulai sekarang Anda harus merawat sendok-sendok ini dengan baik agar tidak sampai berkarat. Kalau mau menyimpannya, letakkanlah sendok ini di tempat yang kering dan tak lembab.

Selamat mencoba ya! Dijamin pasti berhasil deh tanpa menimbulkan kerusakan!