Cara Menghilangkan Noda Membandel di Lantai Granit

Anda bisa memakai granit sebagai material pelapis lantai. Granit mempunyai banyak kelebihan jika dibandingkan material yang lainnya. Material ini memiliki pesona yang begitu menawan. Warnanya sangat menarik, mempunyai motif yang unik, terbentuk secara alami, dan memiliki permukaan yang berkilau. Granit merupakan batu alam yang indah. Seluruh struktur batu ini mempunyai warna menarik yang membentuk corak tertentu yang unik.

Dengan pesonanya yang luar biasa indah tersebut, tak mengherankan lantai granit mempunyai harga yang mahal. Harga ini memang pantas disematkan untuk lantai sekelas granit. Lantai granit mampu membuat rumah Anda tak hanya indah dipandang, tetapi juga nampak berkelas dan elegan. Anda pasti akan merasa puas dan bangga telah memilikinya. Supaya pesonanya tetap terjaga dengan baik, rawatlah lantai granit ini dengan sebaik-baiknya.

menghilangkan-noda-lantai-granit.jpg

Cuma lantai granit memiliki pori-pori yang lebih besar daripada lantai keramik. Sehingga tidak mengherankan kalau lantai ini pun mudah kotor. Agar tidak meresap masuk ke dalam pori-pori dan berubah menjadi noda membandel, Anda harus rutin membersihkannya. Sebagaimana di material lantai yang lainnya, noda membandel pada granit cukup sulit dibersihkan. Anda bisa mencoba kiat-kiat di bawah untuk mengatasinya dengan tuntas.

Ratakan dengan Proses Grinding

Jika ada noda membandel di permukaan lantai granit, Anda dapat menghilangkannya dengan mudah menggunakan proses grinding. Bahkan goresan di lantai pun bisa dihilangkan memakai alat ini. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan diamond pad. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa memulainya dengan memakai diamond pad yang ukurannya paling besar sampai halus. Dimulai dari ukuran 30, 50, 100, 500, 1000, sampai 2000. Pasanglah diamond pad ini di mesin buffing, lalu mulai gosokkan ke permukaan lantai granit secara berulang-ulang.

Lakukan Upaya Kristalisasi

Lantai granit tidak serta-merta memiliki permukaan yang mengkilap. Anda harus melakukan kristalisasi terhadap lantai tersebut supaya permukaannya berkilau. Selain itu, proses ini ternyata juga bisa menghilangkan noda membandel loh. Kristalisasi pada lantai granit dapat dilakukan menggunakan serbuk obat khusus. Obat ini ditaburkan di atas permukaan lantai, lalu lakukan proses grinding untuk menanamkan obat tersebut. Berikutnya Anda bisa membasahi lantai dengan sedikit air. Kemudian dilanjutkan dengan proses buffing memakai diamond pad ukuran 2000 untuk menghaluskan permukaannya.

Bersihkan dengan Wax Stripper

Untuk mengatasi masalah noda membandel yang melekat kuat di permukaan lantai granit, Anda juga dapat memanfaatkan wax stripper. Secara prinsip bahan ini berfungsi untuk melindung permukaan lantai dengan lapisan wax yang dibentuknya. Penerapan wax stripper juga akan membuat tampilan lantai nampak berkilau sebagaimana halnya pengaplikasian obat kristalisasi, namun hanya sementara waktu. Anda bisa mencoba membersihkan lantai granit tersebut memakai bahan wax stripper ini.

Isi dengan Katalis atau Resin

Untuk menyembunyikan keberadaan noda membandel yang sulit dihilangkan, Anda dapat mengisinya menggunakan bahan filler khusus. Di sini Anda bisa memanfaatkan katalis, resin, atau bahan pewarna khusus granit yang memiliki warna sesuai dengan warna asli granit. Terapkan bahan tersebut di atas permukaan lantai granit yang bermasalah. Anda mungkin perlu mengaplikasikan katalis atau resin ini beberapa kali supaya hasilnya dapat menempel dengan kuat.

Lapisi dengan Chemical Sealer

Upaya terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi noda pada lantai granit yaitu melapisi permukaannya menggunakan bahan chemical sealer. Bahan ini diaplikasikan di permukaan lantai granit untuk menyamarkan noda, melindungi strukturnya, serta membuat tampilannya lebih menarik. Bahan chemical sealer ini memiliki wujud berupa krim sehingga Anda pasti bisa mengaplikasikannya dengan mudah. Oleskan bahan tersebut secara merata, lalu biarkan selama 30-45 menit agar meresap ke dalam pori-pori granit. Setelah kondisinya cukup kering, Anda bisa meratakannya memakai mesin buffing yang dilapisi steel woll.