Cara Menghilangkan Noda yang Sangat Membandel di Keramik

Kebanyakan rumah di Indonesia menggunakan bahan pelapis lantai berupa keramik. Bukan tanpa alasan kenapa lantai keramik ini menjadi favorit masyarakat. Penyebabnya antara lain harganya murah, mudah dipasang, pilihannya banyak, perawatannya gampang, mudah didapatkan, dan mempunyai penampilan yang beraneka rupa. Rumah Anda mungkin juga menggunakan lantai keramik? Jika benar, Anda mesti merawat lantai tersebut sebaik-baiknya agar pesonanya tidak memudar.

cara-menghilangkan-noda-membandel.jpg

Lantai keramik begitu disukai karena mempunyai permukaan yang mengkilap. Sebenarnya ada sih jenis keramik dengan tampilan doff, matte, atau pekat, tetapi kebanyakan orang lebih suka keramik dengan tampilan yang mengkilap (glossy). Selain kesan mewah dan elegan yang mampu diciptakannya, keramik glossy juga lebih mudah dirawat daripada keramik doff. Bahkan saat ada noda yang sangat membandel yang menempel di permukaan keramik tersebut, Anda pun dapat menghilangkannya dengan mudah.

Yap, noda membandel merupakan noda yang menempel dengan sangat kuat di permukaan keramik. Noda semacam ini biasanya terbentuk dari kotoran yang tidak segera Anda bersihkan. Kotoran tersebut terus-menerus berada di permukaan lantai keramik dalam kurun waktu yang cukup lama. Sampai pada akhirnya kotoran ini pun berubah menjadi noda yang membandel. Karena menempel dengan kuat sekali noda yang sudah terlanjur ini pun menjadi sangat sulit untuk dihilangkan.

menghilangkan-noda-membandel-di-keramik.jpg

Anda bisa mengikuti kiat-kiat dari kami di bawah ini untuk menghilangkan noda membandel di keramik.

Alat dan Bahan :

  • Prostex
  • Sikat gigi
  • Sikat
  • Kain lap
  • Air

Langkah-langkah :

  1. Anda membutuhkan lebih dari sekedar cairan pembersih keramik untuk menghilangkan noda yang sudah terlanjur membandel. Sebenarnya di pasaran ada begitu banyak produk pembersih khusus untuk mengatasi noda membandel ini. Tetapi kami merekomendasikan Prostex.
  2. Silakan Anda bersihkan terlebih dahulu permukaan keramik yang bernoda menggunakan sapu. Sapulah area lantai keramik ini sampai bersih. Bila perlu, Anda perlu mengepelnya hingga tidak ada lagi kotoran yang menempel di permukaannya. Tunggu sampai kondisinya kering.
  3. Cek terlebih dulu area keramik yang ada noda membandelnya. Pastikan kondisi permukaannya sudah benar-benar kering. Barulah kemudian Anda bisa menuangkan cairan Prostex secukupnya tepat di atas noda. Ingat, Prostex hanya akan bekerja di permukaan yang kering saja ya.
  4. Ambil sikat gigi yang kondisinya kering. Gosoklah permukaan keramik yang telah diberi Prostex menggunakan sikat gigi tadi dengan gerakan memutar dan berulang-ulang. Gosoklah tepat di seluruh area yang ada noda membandelnya. Lalu biarkan selama 20-30 menit.
  5. Gosoklah sekali lagi permukaan keramik tersebut. Namun kali ini Anda harus menggunakan sikat pakaian yang ukurannya lebih besar. Mengapa? Agar noda membendel yang sudah berbentuk gumpalan kotoran lebih mudah terangkat. Sikatilah permukaan keramik tersebut beberapa kali.
  6. Langkah terakhir adalah mengelap permukaan keramik yang telah dibersihkan menggunakan kain lap yang basah. Anda bisa mengelap keramik tersebut memakai kain lap untuk mengangkat kotorannya. Hasilnya, lantai keramik Anda pun kini sudah bersih dan bebas dari noda.