Cara Menyegarkan Sayuran yang Sudah Layu

Sayur-mayur banyak mengandung vitamin dan mineral yang bagus untuk kita. Kedua zat ini dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan. Jika kedua zat ini tidak terpenuhi, maka tubuh kita pun akan kekurangan nutrisi. Akibatnya yaitu kita akan mengalami gangguan tumbuh-kembang. Oleh sebab itu, Anda harus rajin mengonsumsi sayur-sayuran. Anda bisa menyimpan sayuran agar lebih praktis.

Hanya saja menyimpan sayuran di rumah tidak semudah yang Anda kira. Jika Anda membeli sayuran terlalu banyak, sayuran tersebut sering berakhir di tempat sampah. Kasus ini biasanya terjadi lantaran kondisi sayuran yang sudah layu dan tidak layak makan lagi. Penyebabnya tak lain karena Anda melakukan kesalahan saat menyimpannya. Sayuran mengalami penguapan secara berlebihan sehingga kondisinya pun cepat menjadi layu.

Lain kali Anda sebaiknya tidak langsung membuang sayuran yang sudah terlanjut layu. Sebab Anda masih bisa menyelamatkan sayuran tersebut dan membuat kondisinya segar kembali dengan mengikuti trik di bawah ini. Akan tetapi, trik berikut ini hanya bisa digunakan untuk sayur-mayur yang memiliki batang saja seperti kangkung, bayam, daun ubi jalar, seledri, lembayung, dan selada keriting.

menyegarkan-sayuran-yang-layu.jpg

Alat-alat yang digunakan :

  • Pisau dapur
  • Air bersih
  • Gula
  • Garam
  • Mangkuk kecil
  • Sendok

Langkah-langkah pengerjaan :

  1. Pisahkan antara sayuran yang masih segar dan sayuran yang sudah layu di dua tempat yang berbeda. Ciri-ciri sayuran yang sudah layu antara lain daunnya lemas, ukuran daunnya mengecil, tekstur daunnya mengerut, dan kondisinya agak kering.
  2. Bersihkan sayuran yang sudah layu dari bagian-bagian yang telah menguning sebab Anda sudah tidak bisa memperbaiki bagian ini. Perubahan warna sayur menjadi kuning merupakan pertanda bahwa bagian tersebut akan membusuk sebentar lagi.
  3. Siapkan sebuah mangkuk ukuran kecil. Tuangkan air bersih sampai penuh ke dalam mangkuk tersebut. Lalu masukkan 1 sendok gula dan 1 sendok garam ke dalamnya. Aduklah sampai bahan-bahan ini tercampur rata dengan air.
  4. Masukkan bagian batang sayuran yang telah layu ke dalam mangkuk berisi air gula garam. Pastikan batang bagian bawahnya tercelup di dalam air. Letakkan mangkuk dan sayuran ini di ruangan yang sejuk. Lalu biarkan selama 1-3 jam.
  5. Niscaya sayuran yang sudah dicelupkan ke dalam air gula garam tadi pun akan berubah menjadi segar kembali secara perlahan-lahan. Loh kok bisa? Kondisi ini terjadi lantaran sayuran tersebut telah menyerap air cukup banyak sehingga membuat kandungan air di dalam tubuhnya terisi kembali. Alhasil sayuran pun menjadi segar kembali.