Cara Merawat dan Membersihkan Lemari Plastik

Rawatlah semua lemari yang Anda miliki dengan sebaik-baiknya. Termasuk lemari plastik Anda pun harus dirawat dengan baik. Walaupun harganya lebih murah dibandingkan dengan lemari kayu atau lemari besi, namun Anda tidak boleh memandangnya sebelah mata. Bagaimana pun semua lemari yang dirawat dengan baik pasti kondisinya akan awet, tahan lama, dan tak cepat rusak. Anda pun tidak perlu merogoh kocek lagi untuk membeli lemari yang baru.

Pertanyaannya adalah bagaimana cara merawat lemari plastik ini? Prosesnya sangat gampang kok. Kurang lebih tidak jauh berbeda dengan merawat benda-benda yang terbuat dari plastik lainnya. Bahkan kalau dibandingkan dengan merawat lemari kayu, cara merawat lemari plastik ini jauh lebih mudah dilakukan. Jadi seharusnya Anda tak akan mengalami kesulitan pada saat merawatnya. Anda juga seharusnya rutin membersihkan lemari yang satu ini.

cara-merawat-lemari-plastik.jpg

Bersihkan Lemari Bagian Luar

Menjaga kebersihan lemari plastik adalah tugas pertama Anda. Kondisi lemari yang terawat dengan baik akan memastikannya awet dan tidak mudah rusak. Anda bisa memulainya dari bagian luar lemari tersebut. Untuk membersihkan lemari plastik, Anda dapat menggunakan kain microfiber yang basah.

Anda cukup mengelap permukaannya memakai kain ini hingga kondisinya bersih. Sedangkan untuk membersihkan bagian kisi-kisi, celah-celah sempit, atau sudut lemari, gunakan saja kuas yang berukuran kecil. Hindari menggunakan bahan pembersih yang bersifat keras karena dapat merusak warna lemari serta menimbulkan bercak-bercak putih.

Bersihkan Lemari Bagian Dalam

Anda juga tidak boleh luput membersihkan bagian dalam lemari plastik. Meskipun posisinya berada di dalam, tetapi kondisinya pun bisa kotor akibat partikel-partikel debu. Bukan tidak mungkin bagian dalam lemari ini pun telah menjadi sarang serangga seperti kecoa, ngengat, atau semut. Oleh sebab itu, Anda harus tetap membersihkannya.

Bersihkan bagian dalam lemari plastik ini setidak-tidaknya sebulan sekali. Caranya dengan mengeluarkan semua pakaian dari lemari terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat memulai upaya pembersihannya. Sama seperti di atas, permukaan bagian dalam lemari cukup Anda lap memakai kain lembut yang basah saja. Bersihkanlah bagian ini sampai tuntas.

 Gunakan Pewangi Pakaian

Agar baju, celana, kaos, rok, kemeja, dan semua pakaian Anda yang disimpan di dalam lemari pakaian tetap beraroma wangi, Anda perlu menggunakan produk pengharum pakaian. Bahan inilah yang akan membuat wangi pakaian Anda tetap terjaga dan tidak beraroma apek. Jangan terlalu pelit ya untuk menjaga pakaian Anda.

Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai pewangi pakaian. Di antaranya bunga mawar, bunga melati, bunga cempaka, batang sereh, daun pandan, kapulaga, cengkih, biji kopi, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga bisa memakai produk pewangi pakaian yang banyak tersedia di pasar. Anda bisa memasukkan bahan-bahan ini ke dalam lemari plastik.

Manfaatkan Kapur Barus

Lemari pakaian memang kerap menjadi sarang serangga dan binatang kecil. Hal ini dipicu oleh kondisinya yang sangat ideal bagi kehidupan serangga. Jika Anda membiarkan lemari pakaian Anda menjadi sarang serangga, maka pakaian-pakaian yang disimpan di dalamnya pasti bakal cepat rusak. Serangga tadi akan memakan kain pakaian Anda dan menjadikannya tempat menaruh telur.

Anda harus rutin membersihkan bagian dalam lemari supaya tidak menjadi sarang serangga. Apabila ada serangga yang terlihat, segera basmi sampai ke sarangnya. Sedangkan untuk mencegah supaya lemari Anda tidak menjadi sarang serangga, Anda bisa menaruh beberapa kapur barus ke dalamnya. Tidak ada serangga yang betah dengan aroma menyengat dari kapur barus ini.

Simpan Pakaian Secukupnya

Gunakan lemari pakaian plastik Anda secara bijaksana. Jangan pernah memaksanya untuk bekerja ekstra keras. Anda harus menyadari bahwa lemari plastik ini tidak sekokoh lemari kayu atau lemari besi. Ada kemungkinan lemari plastik bakal melengkung ke bawah hingga jebol bila Anda memaksanya untuk menahan beban terlalu banyak. Saran kami jangan memenuhi lemari ini dengan pakaian. Sebaiknya Anda menyimpan pakaian tersebut hanya sampai setengahnya saja.