Cara Merawat Kasur Busa agar Tetap Empuk dan Tidak Keras

Kalau mau kasur busa yang Anda miliki senantiasa awet, tahan lama, dan tidak cepat rusak, maka Anda wajib merawatnya dengan baik. Ya, kasur busa pun harus mendapatkan perawatan secara optimal untuk menjaga kondisinya tetap bagus. Perawatan ini mencakup semua pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat kasur busa Anda agar selalu terjaga kondisi dan kebersihannya. Kami jamin kasur busa Anda yang selalu dirawat maka teksturnya akan tetap empuk dan tidak menjadi keras.

Lantas, pertanyaannya adalah bagaimana cara merawat kasur busa? Apakah sama halnya seperti kasur kapuk ataupun springbed? Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini AlatPerabotan.com akan berbagai kiat-kiat tentang merawat dan memeihara kasur busa supaya kondisinya tetap terjaga. Sebab faktanya tidak jarang pengguna yang melakukan kesalahan fatal saat merawat kasur busa ini. Bahkan karena ketidaktahuannya, kasur busa tersebut malah menjadi cepat rusak.

cara-merawat-kasur-busa.jpg

Di bawah ini merupakan kiat-kiat lengkap bagaimana caranya merawat kasur busa yang benar!

Kiat I. Letakkan Kasur Busa dengan Tepat

Posisi yang tepat untuk meletakkan kasur busa yaitu kasur ini harus dapat terhampar secara leluasa. Tak ada bagian dari kasur busa yang mentok ke sudut maupun menekuk. Oleh karena itu, ukuran kasur busa harus sesuai dengan tempat tidurnya. Hindari menggunakan tempat tidur yang terlalu kecil sehingga menyebabkan sebagian kasur terhimpit. Jika terus dibiarkan, lama-kelamaan bagian tersebut pasti akan rusak. Lebih baik pakailah tempat tidur yang terlalu besar daripada kekecilan.

Kiat II. Gantilah Kain Sprei secara Teratur

Kasur busa wajib dibungkus menggunakan sprei. Selain membuat penampilannya nampak lebih menarik, pemasangan sprei ini juga akan membuat Anda merasa nyaman saat tidur di atas kasur busa. Kasur ini akan terasa begitu lembut di kulit. Namun Anda tidak boleh terlena dengan kelembutan sprei tersebut. Wajib hukumnya mengganti sprei yang membungkus kasur busa ini secara berkala. Setidaknya setiap 2-3 hari, Anda perlu menggantinya supaya kondisi kasur senantiasa tetap bersih.

Kiat III. Putarlah Kasur Busa secara Berkala

Sama halnya seperti merawat springbed, Anda pun perlu memutar posisi kasur busa secara berkala. Hal ini bertujuan agar semua bagian dari kasur tersebut menerima beban yang sama. Memang disadari atau tidak ada bagian kasur yang sering menerima beban berat serta ada pula yang tidak menerima beban sama sekali. Biasanya bagian kasur yang terletak di tepi tempat tidur paling luar merupakan bagian yang paling sengsara karena harus menerima beban berat terus-menerus. Untuk menghindari kasur menjadi kempis sebelah, Anda perlu memutar posisinya.

Kiat IV. Jangan Jemur di Bawah Matahari

Masyarakat Indonesia memang telah terbiasa menjemur kasur di bawah sinar matahari secara langsung. Pancaran sinar mentari sangat efektif mengeringkan kasur serta membuat teksturnya menjadi empuk lagi. Namun trik tersebut hanya berlaku untuk kasur yang terbuat dari kapuk saja. Sedangkan kasur busa tidak boleh dijemur di bawah sinar matahari langsung karena dapat merusak bahan busanya. Kalau ingin menjemur kasur busa, sebaiknya Anda cukup mengangin-anginkannya saja.

Kiat V. Jaga Sirkulasi Udara di Kamar Tidur

Jangan pernah meletakkan kasur busa di ruangan yang lembab. Sebab sifat busa memang mudah sekali menyerap uap air. Kasur busa yang lembab akan menyebabkan teksturnya menjadi keras sehingga tidak nyaman ditiduri. Maka dari itu, Anda harus menjaga kondisi kamar tidur agar tidak terlalu lembab. Cara yang paling tepat yaitu memastikan kamar tidur mempunyai sirkulasi udara yang lancar. Selain itu, Anda juga tidak boleh meletakkan kasur busa langsung di atas lantai. Lebih baik sediakan dipan untuk tempat menaruh kasur busa.

Kiat VI. Pastikan Kondisinya Tidak Basah

Jagalah kondisi kasur busa Anda supaya tetap dalam keadaan yang kering. Kondisi kasur ini tidak boleh lembab, apalagi basah. Sebab air merupakan musuh utama busa. Air akan mengubah tekstur kasur busa sehingga menjadi keras sehingga rasanya pun tidak nyaman. Ketika ada air yang tidak sengaja tumpah di atas kasur ini, Anda harus segera mengelapnya sampai kering. Kalau jumlah air tersebut cukup banyak sampai membuat kasur busa menjadi basah kuyup, Anda bisa menjemurnya di tempat yang teduh hingga mengering kembali.