Cara Merawat Magic Com/Rice Cooker yang Benar

Bagaimana cara merawat magic com/rice cooker agar tidak cepat rusak? Kami tebak Anda pasti sudah mempunyai sebuah alat penanak nasi di rumah. Alat tersebut memang sangat membantu kita untuk memasak beras menjadi nasi yang siap santap. Anda tidak perlu repot lagi merebusnya di kompor, mengaduk beberapa kali, dan menunggu waktu yang lama. Berkat alat penanak nasi tersebut, proses memasak nasi menjadi jauh lebih praktis karena Anda tinggal menghubungkannya saja dengan listrik.

Biar alat penanak nasi yang Anda miliki awet, tahan lama, dan tidak cepat rusak maka Anda harus senantiasa merawatnya dengan baik. Ketahui petunjuk penggunaan rice cooker, magic jar, atau magic com tersebut yang benar supaya Anda tidak melakukan kesalahan yang dapat menimbulkan kerusakan pada alat penanak nasi tadi. Faktanya masih banyak pemilik alat penanak nasi yang masih menggunakan alat ini secara sembarangan. Kebanyakan dari mereka memperlakukan alat ini tak ubahnya seperti panci biasa.

cara-merawat-magic-com.jpg

Alat penanak nasi memang sudah dirancang sedemikian rupa untuk mempermudah Anda dalam membuat nasi dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Tetapi Anda pun harus merawatnya dengan betul supaya tidak cepat menimbulkan kerusakan. Ikuti kiat-kiat dari kami berikut ini agar alat penanak nasi yang Anda miliki mempunyai usia pakai yang lebih lama.

  1. Prosedur Mencuci Beras

Anda tentu perlu mencuci beras terlebih dahulu sampai kondisinya bersih sebelum memasaknya. Ada baiknya Anda menggunakan wadah khusus untuk menampung beras yang akan dicuci tersebut. Jangan pernah menggunakan panci penanak nasi sebagai wadah untuk mencuci beras. Kenapa? Sebab tekstur beras yang keras dan kasar dapat merusak lapisan anti lengket yang ada di permukaan panci ini. Cucilah beras minimal sebanyak 3 kali memakai wadah khusus.

  1. Cara Mencuci Panci

Produk alat penanak nasi selalu dilengkapi dengan panci yang memiliki lapisan anti lengket (teflon) di permukaan paling luarnya. Lapisan ini akan memastikan semua beras bisa masak secara sempurna menjadi nasi yang pulen tanpa ada kerak atau bagian yang menempel di panci. Anda harus menjaga lapisan teflon ini dengan baik supaya tidak hilang. Caranya adalah gunakan busa yang lembut saat mencuci bagian dalam panci. Jangan pakai sikat kawat untuk membersihkannya.

  1. Waktu Pemakaian Alat

Alat penanak nasi saat ini juga sudah dibekali dengan kemampuan menghangatkan nasi. Kondisi nasi yang dibiarkan berada di dalam alat ini akan tetap hangat sehingga terasa nikmat pada saat dimakan. Waktu proses menghangatkan nasi paling maksimal yang kami sarankan adalah 12 jam. Sebab jika lewat dari waktu tersebut menyebabkan rasa, aroma, dan tekstur nasi menjadi berubah tidak sedap. Hal ini juga bermanfaat bagi mesin alat penanak nasi tersebut agar dapat beristirahat.

  1. Hindari Merebus Air

Alat penanak nasi sejatinya diperuntukkan khusus untuk memasak nasi. Namun varian terbaru dari alat ini memungkinkan Anda dapat membuat kue, memasak sayuran, atau menggoreng ikan. Tetapi usahakan Anda tidak memakainya untuk merebus air kecuali bila keterangan/rekomendasi dari pabrik. Alat ini telah dirancang sedemikian rupa agar mampu padam secara otomatis ketika sudah mencapai suhu tertentu. Jikalau Anda memakainya untuk merebus air, Anda akan mengalami kesulitan saat mengeceknya.

  1. Jangan Merendam Panci

Anda perlu meletakkan panci penanak nasi di suhu ruangan terlebih dahulu sebelum mencucinya. Jangan langsung mengisi panci ini menggunakan air untuk mendinginkan suhunya. Hal ini dikarenakan panci penanak nasi yang panas lalu Anda siram memakai air mengakibatkan lapisan teflon/anti-lengket bisa rusak. Penyebabnya tidak lain karena suhu ekstrem yang dialami oleh panci tersebut. Suatu benda yang mengalami perubahan suhu secara drastis akan mengakibatkan kerusakan pada benda tersebut.

  1. Bersihkan secara Berkala

Anda harus mau membersihkan alat penanak nasi setidaknya setiap seminggu sekali. Sebelumnya Anda lepaskan terlebih dahulu kabel power alat ini bila masih terhubung dengan stop kontak listrik. Pakailah kain microfiber untuk mengelap seluruh bagian permukaannya. Hindari menggunakan cairan pembersih kimia untuk membantu menghilangkan noda dan kotoran yang menempel. Sebagai gantinya, Anda bisa memanfaatkan air lemon atau baking soda sebagai bahan pembersih alami yang aman.