Cara Merawat Mesin Cuci yang Benar

Bagaimana cara merawat mesin cuci yang benar ya? Kini ada banyak sekali mesin-mesin canggih yang siap membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Salah satunya adalah mesin cuci. Sesuai namanya, produk ini berguna sebagai alat bantu untuk mencuci pakaian-pakaian yang kotor. Dengan menggunakan mesin cuci, proses pencucian baju yang sangat membosankan dan menguras banyak tenaga menjadi jauh lebih mudah.

Sayangnya tidak sedikit para pemilik mesin cuci yang tidak tahu cara merawat mesin cuci yang benar. Mereka hanya bisa menggunakan mesin cuci tersebut sesuai dengan langkah-langkah yang tertera di buku manual panduannya tanpa mengerti metode perawatannya. Padahal mesin cuci wajib dirawat setiap hari agar tetap bekerja normal dan tidak mudah rusak. Selain itu, perawatan juga akan membuat mesin cuci menjadi sehat, bebas kuman, dan tidak menjadi sarang bakteri.

cara-merawat-mesin-cuci.jpg

Khusus buat Anda yang baru saja membeli mesin cuci, kami berikan informasi tentang prosedur perawatannya yang benar!

Lakukan Pembersihan Secara Rutin

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, mesin cuci Anda harus dibersihkan secara rutin. Bersihkan semua bagian dari mesin cuci tersebut mulai dari casing, pintu, bagian dalam tabung, dan selang-selangnya. Usahakan jangan sampai ada bagian dari mesin cuci yang lupa tidak dibersihkan. Jadikan kegiatan ini sebagai sebuah kebiasaan agar Anda tidak merasa terlalu berat dalam mengerjakannya. Gunakan kain lap yang basah untuk menghilangkan kotoran dan debu dari permukaan mesin cuci tersebut.

Bukalah Pintu Mesin Cuci

Kebiasaan buruk para pengguna mesin cuci adalah menutup kembali pintu tabungnya setelah selesai mengeluarkan semua pakaian yang telah dicuci. Anda harus menyadari bahwa kebiasaan ini benar-benar keliru. Walaupun kelihatannya sangat sepele, tetapi dampak yang ditimbulkannya besar sekali. Kondisi di dalam tangki mesin cuci akan menjadi lembab sehingga menjadi sarang kuman dan bakteri apabila Anda terus membiarkan pintunya tertutup. Jadi mulai sekarang usahakanlah untuk membuka pintu mesin cuci yang sedang tidak digunakan agar mengering secara alami.

Gunakan Sabun Deterjen Khusus

Anda mungkin meresa kecewa dengan kemampuan mesin cuci sebab hasil pekerjaannya dalam mencuci pakaian kotor tidak sebersih menggunakan tangan. Padahal faktanya hasil tersebut bukan murni karena kesalahan mesin cuci. Bersih tidaknya hasil pekerjaan mesin cuci juga dipengaruhi oleh jenis deterjen yang Anda gunakan. Sebisa mungkin pakailah produk deterjen khusus untuk mesin cuci pada saat Anda ingin mencuci pakaian kotor menggunakan mesin cuci. Deterjen ini akan membantu Anda mencuci lebih bersih serta tidak berdampak buruk terhadap produk mesin cuci.

Pastikan Instalasinya Selalu Baik

Produk mesin cuci tidak bisa berdiri sendiri. Agar dapat bekerja dengan baik, produk tersebut harus dilengkapi dengan sistem instalasi listrik dan air. Kerjakan penyambungan instalasi listrik dan air tersebut dengan baik dan benar serta rapi agar mudah dipantau kondisinya. Anda juga harus rutin memeriksa kondisi instalasi tersebut setiap waktu. Pastikan tidak ada sambungan pipa air yang rusak atau bocor. Pastikan pula tidak ada kabel yang terlilit atau robek sebab dapat mengakibatkan terjadinya korsleting.