Cara Merawat Setrika Listrik agar Tidak Cepat Rusak

Bagaimana cara merawat setrika listrik agar tidak cepat rusak? Setiap orang tentu ingin selalu tampil rapi dengan pakaian yang dikenakannya. Hal ini dikarenakan pakaian yang rapi dan tidak kusut dapat memberikan pengaruh positif terhadap pemakainya. Pakaian tersebut akan membuat penampilan seseorang lebih menarik. Tidak terkecuali pula Anda dengan semua koleksi pakaian yang dimiliki.

Supaya kondisinya rapi, pakaian yang baru saja dijemur harus digosok menggunakan setrika listrik. Cara pemakaiannya gampang sekali. Anda cukup menggosokkan setrika tersebut beberapa kali di atas serat pakaian. Hasilnya pakaian yang semula kusut pun seketika akan berubah menjadi halus dan rapi. Tetapi jaga terus suhunya tersebut ya. Jangan sampai kepanasan kalau tidak ingin pakaian Anda gosong.

cara-merawat-setrika-listrik.jpg

Anda harus menjaga setrika listrik dengan baik supaya tidak cepat rusak. Begini cara perawatannya!

  1. Letakkan pakaian di atas bidang kerja yang memiliki permukaan benar-benar rata. Hal ini akan membuat pekerjaan setrika menjadi lebih ringan dalam menghaluskan pakaian.
  2. Setrika sebaiknya hanya digosokkan pada bagian kain. Hindari menggosokkan setrika tersebut ke aksesori seperti kancing, resleting, dan lain-lain karena dapat menyebabkan permukaannya tergores.
  3. Ada baiknya Anda menggunakan meja khusus untuk keperluan menyetrika pakaian. Meja tersebut akan membuat pekerjaan Anda menjadi lebih ringan serta setrika dan pakaian pun aman.
  4. Jaga terus suhu pada setrika listrik agar jangan sampai kepanasan. Selain dapat membakar pakaian hingga gosong, suhu setrika yang terlalu panas juga dapat merusak perangkat itu sendiri.
  5. Jangan pernah menaruh setrika dalam posisi berdiri sebab dapat merusaknya. Setrika yang sedang tidak dipakai sebaiknya tetap diletakkan dalam posisi tertidur di atas wadah penyimpanan yang aman.
  6. Pastikan kabel pada setrika listrik selalu dalam keadaan lurus. Setidaknya kabel tersebut tidak boleh terbelit-belit supaya awet serta tidak gampang rusak, putus, atau terkelupas.
  7. Begitu pula ketika sedang disimpan, posisi kabel listrik dari setrika tersebut harus dijaga agar tetap lurus. Hindari menggulung kabel atau melilitkannya mengelilingi bagian badan setrika listrik.
  8. Biasakan untuk mengelap seluruh bagian setrika listrik pada saat sebelum dan setelah selesai digunakan. Tujuannya untuk memastikan agar setrika selalu dalam keadaan bersih dan mencegah terbentuknya noda membandel.