Cara Merawat Tabung APAR yang Benar

Bagaimana cara merawat tabung APAR? APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau biasa disebut pula sebagai fire extinguisher. APAR adalah sebuah alat bantu sederhana yang dapat digunakan untuk memadamkan api. Anda bisa memakai alat ini untuk keperluan pemadaman kebakaran dengan menyemprotkan gas yang tersimpan di dalamnya. Semprotkanlah gas di APAR tepat ke arah lokasi kebakaran sampai apinya benar-benar padam.

APAR merupakan benda berbahaya yang wajib disimpan di tempat yang baik. Anda juga harus memastikannya tidak dapat dijangkau oleh anak-anak. Walaupun begitu, Anda tetap bisa mengambil alat dengan mudah pada saat membutuhkannya. APAR juga mesti mendapatkan perawatan yang tepat supaya aman disimpan di dalam rumah. Pastikan Anda sudah merawat APAR dengan benar sehingga tidak mengalami kerusakan selama disimpan.

merawat-alat-pemadam-api.jpg

Ada 8 poin yang wajib diperhatikan dalam merawat APAR, antara lain :

  1. Lakukan pemeriksaan secara rutin terhadap segel tabung cartridge yang ada di bagian lehernya. Cek kondisi segel tersebut untuk memastikannya masih dalam keadaan utuh. Jangan lupa untuk mengembalikan ke posisinya semula setelah melakukan pemeriksaan.
  2. Bersihkan permukaan tabung alat pemadam api dari debu dan kotoran. Anda cukup mengelap permukaan tabung tadi menggunakan kain basah dan mengeringkannya. Untuk mencegah korosi, disarankan melapisi permukaan tabung APAR dengan solar. Kemudian lap sekali lagi memakai kain yang kering.
  3. Cara mencegah gas di dalam APAR agar tidak membeku yakni Anda bisa membolak-balikkan tabungnya. Ingat cukup dibalikkan saja dan jangan dikocok. Bagian atas tabung dibalik ke bawah sehingga bagian bawah tabung ke atas, begitu seterusnya. Balikkan posisi tabung APAR tersebut sebanyak 3-5 kali secara perlahan-lahan.
  4. Anda harus mengontrol kondisi seluruh bagian APAR setidaknya setiap seminggu sekali. Pastikan tidak ada kerusakan berarti yang menimpa bagian valve, selang, meter pressure, atau segelnya. Semua bagian APAR ini harus dalam kondisi baik sehingga Anda bisa menggunakannya dengan aman.
  5. Agar mudah diambil saat terjadi kebakaran, Anda bisa menempatkan APAR di dinding. Tempelkan APAR di dinding menggunakan bracket khusus sebagai penahannya. Pastikan posisi bracket ini selalu dalam keadaan kuat dan melekat sempurna dengan dinding.
  6. APAR paling aman diletakkan di interior rumah di ruangan yang paling sering dilewati. Kemudian Anda bisa menaruhnya di dalam lemari khusus. Anda harus memastikan tempat penyimpanan APAR terhindar dari sinar matahari maupun air hujan. Sebab radiasi matahari atau air hujan dapat merusak APAR sedikit demi sedikit.
  7. Anda harus menyediakan tempat khusus yang bisa dipakai untuk menyimpan APAR. Kalau bisa gunakan tempat yang tertutup untuk mencegah sinar matahari dan air hujan bisa mengenai APAR. Anda bisa memberikan penutup, kanopi, atau pelindung untuk menjaga kualitas tabung APAR biar awet.
  8. Manusia adalah tempatnya salah dan lupa. Untuk mencegah Anda lupa apakah sudah mengecek tabung APAR atau belum, Anda bisa menyediakan kartu khusus untuk keperluan check list. Jangan malas untuk mencatat di kartu tersebut setiap kali Anda selesai melakukan perawatan terhadap APAR.