Cara Ngecas Lampu Tenaga Surya yang Benar

Kemajuan teknologi terbukti mampu mempermudah kehidupan manusia. Seakan belum puas dengan penemuan lampu, kini juga sudah berhasil diciptakan lampu yang menggunakan sinar matahari sebagai sumber energinya. Tenaga dari cahaya matahari ini diolah oleh panel surya dengan metode tertentu sehingga bisa disimpan ke dalam baterai. Dari sinilah tercipta energi listrik yang menjadi sumber energi untuk menyalakan lampu.

Saat ini ada begitu banyak lampu bertenaga surya yang tersedia di pasar. Anda juga dapat membelinya secara online di www.alatperabotan.com. Anda tak usah khawatir sebab harga lampu dengan panel surya ini cukup terjangkau kok. Sehingga Anda tidak perlu merogoh kocek cukup dalam hanya untuk mendapatkannya. Bahkan bisa dibilang harganya murah karena kemampuannya handal, bekerja baik, dan memiliki teknologi yang canggih.

Agar lampu dapat terus menyala, Anda harus rutin melakukan charging. Untuk dapat mengisi ulang daya listrik pada lampu ini, pada dasarnya Anda cukup menjemurnya saja. Maka secara otomatis sistem di dalam lampu akan menyerap panas dari matahari untuk diubah menjadi energi kimia yang disimpan di dalam baterai. Lantas bagaimana kalau kondisi cuaca sedang hujan? Tenang saja sebab Anda masih bisa mengecharge lampu ini menggunakan listrik.

cara-charging-lampu-solar.jpg

Di bawah ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk mengisi ulang daya listrik pada lampu tenaga surya/solar, antara lain :

Carilah Tempat Terbuka yang Aman

Mengecas lampu bertenaga surya hanya dapat dilakukan di tempat terbuka karena kita membutuhkan sinar matahari sebagai sumber energi utamanya. Sebagai contoh, Anda bisa melakukannya di teras, pekarangan, atau halaman belakang. Namun usahakan carilah tempat yang benar-benar aman. Anda juga harus mencari tempat yang jauh dari jangkauan anak-anak serta tidak rawan maling. Bagaimana pun Anda pasti tidak mau lampu ini rusak atau hilang saat dijemur kan? Makanya carilah tempat yang paling aman.

Lampu Sebaiknya Digantungkan

Proses charging lampu bertenaga solar hanya akan bekerja apabila lampu ini mendapatkan sinar matahari. Tidak peduli bagaimana posisi lampu tersebut, apakah diletakkan begitu saja, ditaruh di atas meja, atau digantungkan, selama lampu ini mampu menangkap cahaya mentari maka proses chargingnya akan berjalan. Namun kami menyarankan Anda untuk menggantung lampu ini di suatu tempat supaya lebih aman. Anda bisa menggunakan tali rafia untuk mengikatnya. Gantunglah lampu ini di tempat yang cukup tinggi.

Lakukan Charging Selama 3-5 Jam

Sebaiknya Anda mengecas lampu sampai baterainya benar-benar terisi penuh. Durasinya bermacam-macam sesuai dengan kapasitas baterai yang tertanam pada lampu tersebut. Tetapi rata-rata lampu solar membutuhkan waktu charging selama 3-5 jam. Anda bisa membaca lagi buku panduan pemakaian lampu tersebut untuk mengetahui saran waktu charging yang tepat. Biasanya jika baterai lampu solar ini sudah penuh, maka lampu indikator charging-nya akan padam. Anda bisa memasukkannya kembali ke rumah.

Waspada Terhadap Perubahan Cuaca

Hati-hati saat menjemur lampu tenaga surya ini. Anda harus ingat bahwa lampu ini tersusun oleh komponen-komponen elektronika yang akan langsung rusak apabila terkena air. Lampu ini juga tidak dibekali dengan kemampuan tahan air. Sehingga kalau saat lampu tersebut sedang dijemur kemudian turun hujan secara tiba-tiba, maka lampu ini bisa langsung rusak. Air hujan degan mudah akan menyebabkan terjadinya korsleting listrik pada komponen-komponen lampu ini. Sebaiknya Anda memasang pengingat agar tidak lupa kalau sedang menjemur lampu.