Cara Simpel Membuat Lilin Aromaterapi

Bagaimana cara membuat lilin aromaterapi sendiri? Ternyata sangat mudah dan gampang sekali kok. Dan pastinya tidak membutuhkan biaya yang banyak. Bahkan Anda pun dapat memanfaatkan bekas lilin biasa yang telah meleleh untuk dibentuk kembali menjadi lilin aromaterapi. Tidak percaya? Kalau begitu silakan baca panduan dari kami di bawah ini, ikuti langkah-langkahnya dengan baik, dan lihat hasilnya sendiri!

Lilin aromaterapi mempunyai aroma wewangian spesial yang membuat orang-orang begitu menyukainya. Jenis wewangian yang dimilikinya memiliki efek menenangkan sehingga dapat membuat pikiran dan perasaan menjadi lebih rileks. Lilin ini sering sekali ada di salon, spa, hotel, restoran, dan tempat relaksasi lainnya. Berkat khasiatnya tersebut tidak heran kalau lilin aromaterapi dibanderol dengan harga yang lebih mahal daripada lilin biasa.

Kini Anda bisa menyalakan lilin aromaterapi setiap hari tanpa perlu khawatir isi dompet Anda bakal terkuras habis. Sebab Anda bisa mempelajari bagaimana caranya membikin lilin aromaterapi sendiri menggunakan lilin biasa. Anda pun bebas memilih sesuka hati apakah jenis wewangian yang akan dimiliki oleh lilin aromaterapi buatan Anda. Jangan khawatir langkah-langkahnya bakal merepotkan ya karena prosesnya gampang banget kok!

cara-membuat-lilin-aromaterapi.jpg

Alat dan Bahan :

  • Lilin biasa
  • Panci
  • Gelas tahan panas
  • Minyak essensial
  • Sumbu lilin
  • Tusuk sate
  • Pewarna tekstil
  • Glitter
  • Pisau

Cara Membuat :

  1. Siapkan beberapa batang lilin biasa. Anda bisa menggunakan lilin baru atau lilin bekas pakai. Bahkan Anda juga dapat memanfaatkan kembali lelehan lilin yang telah mengeras.
  2. Potonglah lilin-lilin tersebut menggunakan pisau menjadi ukuran yang lebih kecil. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat waktu pencairan lilin ketika dikenai panas nantinya.
  3. Siapkan gelas untuk tempat cetakan lilin aromaterapi. Mulailah dengan mengikatkan sumbu lilin ke tusuk sate. Lalu letakkan tusuk sate ini di atas gelas cetakan. Pastikan posisi sumbu lilin tepat di bagian tengah gelas.
  4. Masukkan potongan-potongan lilin tadi ke dalam gelas. Bila perlu Anda bisa menekan sedikit agar tumpukan potongan lilin semakin mampat dan gelas terisi penuh.
  5. Isilah panci dengan sampai ketinggian mencapai sepertiga dari total ketinggiannya. Kemudian masukkan gelas ke dalam panci tersebut. Letakkan panci di atas kompor dan nyalakan dengan api kecil.
  6. Masaklah air sampai mendidih. Setelah air mendidih, potongan-potongan lilin pun biasanya akan mulai mencair. Biarkan terus hingga semua potongan lilin tersebut mencair sendiri.
  7. Setelah lilin berubah menjadi cair, Anda bisa menambahkan bubuk pewarna tekstil. Berikutnya aduk sebentar agar tercampur rata. Ini merupakan langkah opsional supaya lilin aromaterapi bikinan Anda tampak lebih menarik
  8. Setelah dirasa sudah cukup, Anda bisa mengangkat panci dari kompor. Setelah itu, tambahkan minyak essensial secukupnya ke dalam cairan lilin. Pastikan aromanya tidak terlalu menyengat ya.
  9. Langkah terakhir adalah Anda bisa mengeluarkan gelas yang berisi cairan lilin dari panci. Letakkan gelas tersebut di tempat yang sejuk supaya cairan lilin di dalamnya cepat mengeras. Baru deh Anda bisa menikmati aroma wanginya.