Cara Tepat Mengatasi Mesin Cuci yang Bocor Parah

Mesin cuci benar-benar terbukti dapat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Urusan mencuci pakaian kotor menjadi terasa mudah berkat mesin tersebut. Maka tak heran bila kita akan tersiksa saat mesin ini bermasalah. Bocor misalnya. Kasus kebocoran pada mesin cuci mengakibatkan air tidak tertampung di dalam bak seperti seharusnya. Dampaknya yaitu mesin cuci sama sekali tidak mau bekerja mencuci pakaian.

Perlu Anda ketahui, penyebab utama masalah kebocoran ini adalah rusaknya keran air yang berfungsi sebagai pengatur pembuangan air. Keran ini terletak di saluran air pada mesin cuci. Jadi untuk memeriksa kondisinya, Anda perlu membuka cover belakang mesin cuci. Prinsip kerjanya yaitu saluran air akan terbuka saat keran naik. Begitu pula ketika posisi keran turun, maka saluran air akan tertutup secara otomatis.

mengatasi-mesin-cuci-bocor.jpg

Jika Anda perhatikan dengan baik, keran tersebut dilengkapi dengan klep dan pegas. Klep ini berfungsi untuk membuka dan menutup saluran keran. Sementara itu, pegas berguna untuk mendorong klep agar kembali menutupi saluran. Naik turunnya klep pada keran dikendalikan oleh knop putar atas yang terdapat di panel mesin cuci yang dihubungkan semacam tali. Jika knop diputar, maka klep akan terangkat sehingga keran air bakal terbuka.

Masalah kerusakan pada keran ini biasanya menimpa pada bagian pegas keran tersebut. Penyebabnya yaitu posisi keran yang selalu terendam air mengakibatkan bagian pegasnya mengalami korosi. Saat sudah berkarat, pegas pada keran ini menjadi rapuh dan patah sehingga klep tidak terdorong dan menutup dengan sempurna. Masih ada celah kecil yang tersisa. Lubang inilah yang menyebabkan air dari tabung akan merembes keluar.

Alat-alat yang digunakan :

  • Obeng
  • Klep khusus
  • Pegas khusus

Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki mesin cuci yang bocor :

  1. Bukalah cover penutup bagian belakang mesin cuci menggunakan obeng. Perhatikan ada semacam tali dari panel atas yang terhubung dengan tuas klep karet. Di pangkal tali inilah posisi keran air yang akan kita perbaiki berada. Adapun bentuk keran ini menyerupai mangkuk yang bisa dibuka dan ditutup dengan memutarnya.
  2. Lepaskan sambungan tali yang terhubung dengan tuas klep. Setelah itu, bukalah keran air dengan memutarnya ke kiri. Setelah penutup keran ini terbuka, maka klep akan terdorong keluar secara otomatis. Periksa kondisi klep tersebut, terutama bagian pegasnya. Cek apakah kondisinya masih layak digunakan atau tidak.
  3. Jikalau kondisi pegas atau klep sudah tidak normal, sebaiknya Anda bisa mengganti komponen tersebut. Ciri-ciri pegas yang rusak yaitu aus, berkarat, tidak lentur, dan patah. Sedangkan jika kondisi klep sudah keras dan kaku sebaiknya diganti saja agar bisa membuka dan menutup keran air dengan sempurna.