Cara Tuntas Membersihkan Headset Per Bagian

Anda mungkin termasuk orang yang memilih mendengarkan musik memakai headset? Kalau dibandingkan dengan menyetel musik langsung melalui speaker, mendengarkan musik lewat headset memang lebih menyenangkan. Kita bisa lebih bebas dalam memainkan file lagu yang diinginkan. Tak perlu sungkan lagi dengan orang lain atau mengganggu orang-orang di sekitar. Dengan mendengarkan lagu melalui headset, privasi kita lebih terjaga.

Selain merawat kondisinya, Anda juga perlu menjaga kebersihan headset supaya tetap aman dan nyaman saat digunakan. Sebab tanpa Anda sadari ada begitu banyak kuman dan bakteri yang dapat mengotorinya. Sedikit demi sedikit jumlah kotoran-kotoran ini terus bertambah banyak. Sampai akhirnya permukaan headset tersebut benar-benar tertutupi oleh kotoran. Jangan biarkan masalah ini terus berlarut-larut. Anda harus membersihkannya.

Membersihkan headset sebaiknya dilakukan secara bertahap menurut bagian-bagiannya. Sebab bagian-bagian headset ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Bahan-bahan pembuatnya pun tidak sama. Ada bagian headset yang boleh dibersihkan memakai air, tapi ada pula bagian yang harus dibersihkan dalam kondisi yang kering. Jangan sampai karena Anda salah dalam membersihkannya, headset tersebut malah rusak.

cara-membersihkan-headset.jpg

HEADBAND

Headband merupakan bagian headset yang akan terpasang pada lingkar kepala Anda. Bagian ini biasanya terbuat dari bahan plastik atau logam. Tidak ada komponen elektronika di sini. Satu-satunya bagian yang perlu dikhawatirkan di sini yaitu kabel kecil yang menghubungkan earcup sebelahnya.

Anda bisa membersihkan headband menggunakan tisu basah atau kain lap yang dibasahi memakai air sabun, air jeruk nipis, cairan desinfektan, baby oil, minyak kayu putih, atau alkohol. Khusus untuk headband yang berwarna putih, Anda bisa mengembalikan warna putihnya memakai cairan pemutih pakaian. Cukup pilih salah satu bahan pembersih ini.

Cara membersihkan headband yaitu Anda bisa menggosok permukaannya menggunakan kain lap yang basah. Usaplah beberapa kali untuk menghilangkan partikel-partikel kotoran yang ada di permukaannya. Sedangkan untuk menghilangkan noda membandel, Anda perlu menggosok permukaannya memakai sikat gigi. Jangan lupa untuk membersihkan juga bagian headband yang bercelah, berlubang-lubang, atau berlekuk. Anda bisa memakai cotton buds atau tusuk gigi untuk menghilangkan kotoran dari bagian ini.

EARCUP

Earcup adalah bagian dari headset yang menutupi telinga kita. Peran earcup ini ibarat speaker yang berfungsi untuk mengeluarkan suara. Berhubung bagian ini tertutup rapat, maka besar kemungkinan bakteri dan kuman memenuhi bagian ini. Banyak pula partikel-partikel debu yang berkumpul di bagian ini karena bentuknya yang menyerupai mangkuk. Anda harus rajin membersihkan earcup supaya headset tetap nyaman digunakan. Sering kali earcup yang kotor mengakibatkan pengguna merasa gatal di telinganya saat memakai headset.

Anda harus berhati-hati ketika membersihkan earcup. Pasalnya bagian ini memiliki komponen elektronika yang tidak boleh terkena air. Selain itu, busa yang melapisinya pun justru akan semakin kotor apabila terkena banyak air. Bersihkan earcup headset menggunakan kain lap yang lembab, tetapi tidak terlalu basah. Di sini Anda bisa memakai air sabun cuci piring atau cairan desinfektan sebagai bahan pembersihnya. Bersihkan seluruh bagian earcup secara merata. Kemudian lap kembali sampai kondisinya kering.

CONTROLLER

Headset juga dilengkapi controller khusus. Di bagian ini biasanya terdapat alat untuk mengatur volume suara atau tombol bantuan lainnya. Bagian controller ini dipenuhi oleh komponen elektronika sehingga Anda harus benar-benar cermat dan teliti saat membersihkannya. Kami sarankan Anda menggunakan tisu basah atau cotton buds untuk membersihkan permukaan controller ini. Bersihkan dengan seksama karena umumnya bagian controller ini dipenuhi oleh noda membandel yang sulit dihilangkan.

CABLE

Kabel headset pun tidak boleh luput dari perawatan Anda. Anda wajib membersihkan kabel ini secara rutin. Biasanya ada lapisan debu tipis yang menumpuk di sini atau noda membandel berwarna kecokelat-cokelatan. Untuk menghilangkan kotoran tersebut, Anda bisa memakai minyak kayu putih. Cukup oleskan saja minyak kayu putih secukupnya di permukaan kabel, lalu usap menggunakan kain lap atau kertas tisu. Gosok beberapa kali sampai kondisi kabel tersebut menjadi bersih seluruhnya.

JACK

Jack merupakan konektor yang berguna sebagai penghubung antara headset dengan laptop, komputer, atau handphone. Anda cukup menancapkan konektor ini ke port audio yang ada di komputer, maka kedua perangkat tersebut pun langsung terhubung. Walaupun tampaknya sepele, jack ini tetap harus dibersihkan.

Sebab kalau tidak, jack akan dipenuhi kotoran yang terus menumpuk seiring berjalannya waktu. Hal ini akan memicu timbulnya karat di bagian permukaan jack. Anda bisa membersihkannya memakai tisu basah. Setelah bersih, jangan lupa untuk mengelapnya sampai kering.