Enam Tips Memilih Kulkas yang Tepat

Bagaimana cara memilih kulkas yang tepat? Apa sajakah faktor-faktor yang penting untuk diperhatikan? Keberadaan kulkas di rumah sangat membantu kita dalam menyimpan makanan dan minuman. Di samping bahan-bahan tersebut menjadi aman, usia pakainya pun menjadi lebih lama apabila kita menaruhnya di dalam kulkas. Itu sebabnya, kulkas atau lemari es merupakan salah satu perangkat elektronik yang wajib dimiliki oleh rumah tangga.

Kita cukup beruntung karena sekarang ada banyak sekali ragam dari kulkas yang beredar di pasaran. Semua menawarkan kelebihannya tersendiri yang berbeda-beda. Ada kulkas satu pintu, kulkas dua pintu, kulkas dengan freezer, kulkas dengan fungsi pendingin dan pemanas, dan lain-lain. Hal ini kadang-kadang membuat calon pembeli seperti Anda mengalami kebingungan. Lantas, mana sih kulkas yang paling tepat untuk Anda sekeluarga?

tips-memilih-kulkas.jpg

Di bawah ini tips-tips yang perlu Anda perhatikan untuk memilih kulkas dengan benar!

  1. Perhatikan Tujuan Utama Anda

Meskipun pada dasarnya kulkas adalah perangkat yang berfungsi sebagai pendingin, tetapi semua orang mempunyai tujuan yang berbeda-beda dalam membelinya. Ada yang sekadar menggunakannya untuk menyimpan bahan makanan, membuat es krim, membekukan makanan olahan, dan sebagainya. Anda harus bertanya sekali lagi kepada diri sendiri, apa sih tujuan Anda membeli kulkas? Dari sini Anda bisa menemukan kulkas yang paling sesuai dengan kebutuhan.

  1. Kapasitas Kulkas yang Dibutuhkan

Kulkas hadir dengan ukuran dimensi yang beraneka ragam. Pilihan kapasitas yang dimilikinya pun sangat variatif. Ada kulkas ukuran mini, kulkas yang berukuran sedang, hingga kulkas yang ukurannya sama seperti lemari empat pintu. Kulkas mini umumnya cocok digunakan oleh Anda yang tinggal sendiri di tempat kost/rumah kontrak. Untuk keluarga, pilihlah kulkas 1 pintu atau 2 pintu yang memiliki kapasitas 150-250 liter. Intinya semakin banyak bahan yang akan disimpan di kulkas pada suatu waktu, maka semakin besar pula kulkas yang Anda butuhkan. Namun hindari menyimpan bahan makanan terlampau banyak.

  1. Kulkas 1 Pintu atau 2 Pintu?

Rumah tangga di Indonesia pada umumnya cukup menggunakan kulkas dengan model 1 pintu atau 2 pintu. Kapasitas yang dimiliki oleh kedua kulkas ini sangat memadai untuk sebuah keluarga yang terdiri dari 4-6 orang. Kulkas 1 pintu mempunyai kelebihan pada harganya yang lebih murah, hemat listrik, dan lebih cepat dingin. Sedangkan kulkas 2 pintu memiliki kapasitas penyimpanan yang sedikit lebih besar, penataan lebih rapi, mudah dibersihkan, dan tidak mengandung bunga es.

  1. Pilih Merek yang Ternama

Perlu Anda sadari, merek bukan sekadar nama perusahaan semata. Tetapi di dalam merek terkandung tingkat kepercayaan konsumen. Usahakan belilah kulkas yang bermerek. Walaupun harganya sedikit lebih mahal daripada kulkas abal-abal, tetapi Anda tidak perlu meragukan kualitasnya lagi. Kulkas bermerek juga selalu dilengkapi dengan kartu garansi sehingga Anda bisa melakukan klaim perbaikan atau penggantian unit secara gratis. Begitu pula dengan service after sales yang dimilikinya selalu bagus.

  1. Beli Kulkas Hemat Listrik

Kulkas di rumah Anda akan dinyalakan terus menerus dalam waktu 24 jam non-stop. Mungkin hanya ketika sedang ada pemadaman listrik atau saat Anda membersihkannya, kulkas tersebut akan dimatikan. Jangan kaget kalau kulkas menjadi perangkat elektronik yang paling menyedot tagihan listrik Anda. Jadi sebelum membelinya, pilihlah kulkas yang hemat listrik. Anda bisa memperhatikan berapa tenaga listrik yang dibutuhkan oleh kulkas tadi untuk dapat bekerja.

  1. Bandingkan Harga Kulkas

Kalau ada kulkas yang lebih murah dengan kualitas lebih baik, mengapa Anda memilih kulkas yang mahal? Ingat bahwa Anda kini hidup di era digital, di mana semua pekerjaan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Termasuk salah satunya ialah soal membanding-bandingkan harga kulkas. Anda tinggal mengunjungi beberapa website perbandingan harga dan perhatikan kulkas mana saja yang memiliki penilaian positif.