Ingat 5D Saat Memilih Tabung Gas 3 Kg

Sebagian besar masyarakat Indonesia kini sudah memakai kompor gas setelah pemerintah meluncurkan program peralihan dari kompor minyak tanah ke kompor gas. Kompor gas menggunakan bahan baku gas LPG (Liquid Petrolium Gas). Supaya aman, pabrik yang mendistribusikan gas ini pun mengemasnya ke dalam tabung yang kuat dan kokoh. Dengan teknik pengemasan yang sudah berstandar internasional ini, Anda tak perlu khawatir menggunakan kompor gas dengan bahan bakar gas di dalam tabung.

Sekarang kita bisa membeli gas tabung ini di berbagai tempat seperti warung, toko kelontong, bahkan di SPBU pun ada. Cuma memang stock gas tabung ini cukup langka, terutama untuk gas tabung berukuran 3 kg. Ketika membeli gas tabung sebaiknya Anda tidak mengambilnya langsung. Ada perlu memilihnya terlebih dahulu supaya tidak salah dalam mengambilnya. Sebab kenyataannya di pasaran terdapat gas tabung palsu yang sudah diotak-atik oleh oknum penjual nakal sehingga berbahaya bila digunakan.

tips-memilih-tabung-gas.jpeg

Bagaimana sih caranya memilih gas tabung 3 kg? Anda bisa menerapkan prinsip 5D untuk memilihnya.

DILIHAT

Kata orang bijak, janganlah menilai seseorang dari penampilan luarnya saja. Namun sepertinya petuah bijak tersebut tak berlaku saat Anda memilih gas tabung. Kami justru menyarankan Anda untuk melihat penampilan gas tabung pada kali pertama. Sebisa mungkin, pilihlah tabung yang penampilannya paling bagus, bersih, lapisan warnanya mulus, dan tidak memiliki karat. Tabung gas dengan ciri-ciri seperti itu menandakan kalau tabung tersebut masih baru diproduksi sehingga pasti aman sekali untuk digunakan.

DIBACA

Jika Anda perhatikan dengan baik, terdapat tulisan berupa keterangan di permukaan gas tabung yang menginformasikan tentang spesifikasi tabung tersebut. Anda harus membaca tulisan ini saat memilih gas tabung agar mengetahui spesifikasinya dengan tepat. Biasanya produk gas tabung dilengkapi dengan logo SNI, nomor seri tabung, kapasitas nominal, berat tabung kosong, berat isi tabung, logo elpiji, stahun pembuatan, serta tanda uji ulang pressure test berupa bulan dan tahun. Bahkan di beberapa kota, tabung gas ini sudah dilengkapi barcode.

DIANGKAT

Bagi Anda yang hobi berbelanja kebutuhan sehari-hari, memasak, dan menakar bahan-bahan masakan, pasti Anda dapat mengira-ngira berat suatu barang dengan mudah, kan? Nah, Anda bisa memanfaatkan kelihaian Anda tersebut saat memilih tabung gas. Gunakan kejelian Anda dalam menakar berat ini untuk memeriksa tabung gas. Pastikan Anda membeli tabung yang mempunyai berat sesuai keterangannya. Jangan membeli gas tabung yang terlalu ringan karena bisa jadi itu merupakan tabung bekas pakai.

DIPERIKSA

Setiap produk gas tabung dilengkapi dengan segel sebanyak dua lapisan. Lapisan pertama yaitu plastik pembungkus tipis. Sedangkan lapisan kedua berupa plastik yang lebih tebal dan keras yang benar-benar berfungsi sebagai segel. Saat Anda memilih gas tabung, pilihlah tabung yang dilengkapi dengan kedua lapis segel tersebut dan pastikan kondisi keduanya utuh. Jangan pilih tabung yang segelnya sudah rusak sebab ada kemungkinan gas tabung tersebut sudah dipakai atau telah dioplos oleh oknum.

DICIUM

Maksudnya di sini adalah mencium bau yang mungkin keluar dari dalam gas tabung. Tabung gas yang aman sama sekali tak mengeluarkan bau. Bahkan ketika Anda menciumnya dari jarak yang dekat sekali pun tabung tersebut tidak berbau apapun. Sedangkan jika saat memilih Anda menemukan tabung gas yang tercium berbau gas yang menyengat, jangan membelinya karena tabung tersebut bocor. Sebaiknya Anda melaporkan temuan tersebut kepada si penjual agar dia mengamankan tabung gas yang bocor tadi.