Ini Dia Ciri-ciri Tuner TV yang Sudah Rusak

Secara umum, tuner TV masih digunakan sampai sekarang. Walaupun kadang-kadang tuner TV ini tidak dipakai karena sudah memakai saluran AV (Audio Video), receiver digital parabola, dan lain-lain. Tuner TV biasanya masih tetap dipakai di daerah-daerah yang memiliki stasiun pemancar televisi lokal. Tuner ini lebih hemat biaya daripada memakai parabola atau menggunakan jasa layanan televisi kabel yang harga untuk pengadaannya jauh lebih besar.

Akan tetapi, kondisi tuner TV ini bisa mengalami kerusakan. Tuner TV yang sudah rusak tentu tidak bisa bekerja secara optimal. Hal ini berdampak pada siaran televisi yang mampu ditangkap oleh perangkat TV milik Anda. Pesawat TV Anda tidak mampu menampilkan gambar dengan jernih. Suaranya pun menjadi pecah-pecah, tidak jelas, atau bahkan tidak ada suara sama sekali. Anda mesti mengatasinya agar dapat menonton TV dengan nyaman kembali.

ciri-ciri-tuner-tv-rusak.jpg

Namun sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri dari tuner TV yang rusak, yaitu :

TV Tidak Mendapatkan Gambar dan Suara

Tuner TV yang rusak mengakibatkan TV tidak bisa mendapatkan siaran televisi. Akibatnya yaitu TV pun tidak sanggup mengeluarkan gambar maupun suara. Walaupun Anda sudah mencoba mengatur antena berkali-kali atau melakukan pencarian (searching) saluran televisi, tetapi kalau tuner-nya sudah rusak tetap saja langkah tersebut tidak mampu mengatasi masalah ini. Kasus kerusakan pada tuner TV biasanya menimpa bagian VT, tegangan MB tak ada, tegangan kontrol tidak ada, dan kerusakan pada bagian AGC.

Gambar dan Suara Siarannya Tidak Jernih

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang menyebabkan gambar dan suara siaran TV tak jernih. Gangguan ini bisa terjadi akibat masalah pada bagian antena, kabel antena, konektor antena, pengaturan AGC, atau tuner TV yang rusak. Antena memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kualitas siaran TV. Anda bisa mencoba mengubahnya ke arah yang tepat. Jikalau gambar masih buruk, cobalah mengatur AGC adjusment serta melakukan pencairan ulang sinyal TV. Tapi bila masalah masih belum teratasi, cobalah Anda ganti tuner TV-nya.

tuner-tv-rusak.jpg

Gambar Cacat, Kadang Ada Kadang Hilang

Apabila sinyal TV yang diterima awalnya bagus sehingga gambar dan suara yang tampil di layar televisi pun jernih, namun sejurus kemudian kualitasnya perlahan-lahan berubah menjadi buruk sampai hilang total, gejala kerusakan semacam ini biasanya disebabkan oleh ketidakstabilan AFT atau voltage tunning. Khusus untuk TV yang memakai AFT tank, komponen ini biasanya rusak setelah AFT tank ini sudah diputar-putar beberapa kali. Ciri-ciri AFT yang rusak juga ditandai dari TV yang tidak mampu menyimpan sinyal meskipun sudah dilakukan pencarian.

Tidak Menerima Saluran UHF, Tapi Saluran VHF Bagus

Ciri-ciri lainnya dari kerusakan pada tuner TV yaitu perangkat televisi tidak bisa mendapatkan saluran UHF meskipun Anda sudah berusaha melakukan pencarian berulang-ulang kali. TV tersebut tetap tidak mampu mendapatkan satu pun sinyal TV yang berisi siaran televisi. Namun anehnya, TV Anda bisa loh mendapatkan siaran televisi dari saluran VHF. Kasusnya juga bisa terjadi sebaliknya, di mana TV tersebut mampu menangkap saluran UHF tetapi tidak bisa mendapatkan saluran VHF satu pun. Kondisi ini berarti menandakan kalau tuner TV sudah rusak.