Inilah Penyebab Nasi di Magic Com Tidak Matang

Magic com sangat membantu pekerjaan kita sehari-hari, terutama dalam memasak nasi. Anda merasa sangat terbantu berkat adanya magic com di rumah. Kini Anda bisa memasak nasi jauh lebih mudah dibandingkan dulu pada saat masih menggunakan kompor. Anda tidak perlu lagi menunggu dan mengaduk-adukinya. Sebab magic com otomatis akan berhenti memasak ketika kondisi nasi sudah masak. Magic com tersebut akan berpindah ke mode menghangatkan (warming) secara otomatis setelah nasi matang.

Memasak nasi di magic com memang merupakan pekerjaan sepele sehingga kerap dipandang remeh oleh banyak orang. Namun kenyataannya memasak nasi menggunakan alat otomatis seperti magic com pun tidak memberikan jaminan nasi yang dihasilkannya akan terasa enak dan lezat. Biasanya karena kesalahan yang dilakukan oleh pengguna saat menanak nasi sehingga membuat hasilnya tidak maksimal. Nasi yang tidak matang sempurna adalah contoh paling sering dialami oleh pengguna magic com.

penyebab-nasi-tidak-matang.jpg

Sebenarnya apa sih penyebab nasi di magic com tidak matang?

  1. Tidak Mengikuti Aturan Memasak Nasi

Setiap produk magic com selalu dilengkapi kertas yang berisi panduan menggunakan produk tersebut secara baik dan benar. Jika Anda baca dengan seksama, ada panduan mengenai aturan memasak nasi menggunakan magic com. Namun sayangnya masih banyak pengguna lama yang tidak membaca aturan pakai alat penanak nasi barunya. Padahal bukan tidak mungkin spesifikasi magic com ini berbeda.

  1. Air yang Ditambahkan Terlalu Sedikit

Setiap daerah umumnya memiliki pasokan beras yang karakteristiknya beragam. Ada beras yang doyan air, ada pula yang tidak. Inilah mengapa Anda harus bereksperimen beberapa kali untuk mengetahui karakteristik beras yang Anda pakai. Karakter tadi membantu Anda untuk mengetahui jumlah air yang mesti digunakan supaya bisa memasak beras menjadi nasi yang memiliki kualitas dan tekstur pas.

  1. Menganggap Semua Beras Sama

Masing-masing beras mempunyai sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Terutama untuk beras putih dan beras merah yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia membutuhkan perlakuan yang berbeda. Anda membutuhkan air yang lebih banyak saat memasak beras merah agar nasinya matang sempurna dan cukup lunak. Hal ini karena beras merah memiliki tekstur yang lebih keras daripada beras putih.

  1. Terburu-buru untuk Memakan Nasi

Sebenarnya saat lampu indikator berpindah dari mode cooking ke mode warming, nasi di dalamnya belum benar-benar masak. Magic com dengan tipe apapun akan memiliki hasil yang sama seperti ini. Jadi usahakan Anda jangan terburu-buru untuk langsung memakan nasi yang baru matang ini. Anda harus menunggu lagi sekitar 10-15 menit supaya nasi tetap berada di dalam magic com pada mode warming.

  1. Bagian Thermostat sudah Rusak

Thermostat pada magic com berperan penting dalam menjaga kestabilan suhu di dalam alat penanak nasi. Thermostat akan terus menjaga suhu tetap stabil agar magic com bisa memasak nasi sampai matang. Apabila thermostat ini mengalami kerusakan, maka akan menimbulkan dua dampak. Dampak pertama yaitu nasi menjadi terlalu kering karena kepanasan. Dan dampak keduanya adalah nasi tidak bisa matang.