Jenis-jenis Teh Terbaik di Dunia Asli Indonesia

Apakah jenis-jenis teh yang terbaik di dunia? Soal teh, Indonesia boleh dibilang sebagai salah satu jawaranya. Negara kita tercinta ini tercatat sebagai penghasil teh paling besar ke tujuh di dunia. Hal ini sama sekali tidak mengherankan karena kita sendiri bisa dengan mudah menemukan berbagai perkebunan teh yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Adapun pusat perkebunan teh di Indonesia berada di Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sumatera Utara.

Tahukah Anda, tidak semua teh hasil perkebunan tersebut dikonsumsi sendiri oleh penduduk lokal. Bahkan lebih dari setengah jumlah produksinya diperuntukkan kepada pasar ekspor. Yap, teh dari Indonesia sering disebut-sebut sebagai salah satu teh terbaik di dunia. Bukan hanya satu atau dua, melainkan ada lima jenis teh asli Indonesia yang kualitasnya sudah diakui oleh masyarakat global. Kebanyakan teh-teh ini dikirimkan ke Inggris, Rusia, Pakistan, dan sebagainya.

jenis-jenis-teh-indonesia.jpg

Berikut ini jenis-jenis teh yang memiliki kualitas sangat bagus dan berasal dari Indonesia!

Jenis 1. Teh Hitam

Teh hitam merupakan teh yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dinamakan teh hitam atau teh merah karena warnanya gelap merah kehitam-hitaman. Berbeda dengan teh hitam dari negara lainnya, teh hitam khas Indonesia memiliki warna yang jernih, tidak kental, dan rasanya lebih earthy. Bentuk tehnya pun cenderung lebih bulat. Teh ini memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi.

Jenis 2. Teh Melati

Salah satu bukti bahwa nenek moyang kita mempunyai selera rasa yang sangat tinggi adalah teh melati. Teh ini terbuat dari perpaduan antara daun teh kering dengan bunga melati kering. Hasilnya berupa minuman teh sedap yang memiliki aroma begitu semerbak. Teh melati sangat ampuh untuk meningkatkan pikiran dan mengelola tingkat stres. Meskipun ada pula teh melati di China, tetapi teh melati di Indonesia mempunyai tekstur yang lebih kental.

Jenis 3. Teh Putih

Seakan tak mau kalah dengan kopi luwak yang menjadi kopi paling mahal di dunia, teh dari Indonesia pun ada yang harganya sangat mahal. Adalah teh putih yang disebut-sebut sebagai salah satu teh mahal di dunia. Harganya sendiri mencapai lebih dari Rp 1.000.000/kg. Teh putih dihargai sangat mahal karena memiliki khasiat yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Teh ini mengandung antioksidan yang tinggi sekali dengan kadar kafein yang sedikit. Sayangnya jumlah produksi teh putih tidak terlalu banyak.

Jenis 4. Teh Oolong

Teh oolong tidak begitu populer di kalangan masyarakat Indonesia meskipun keberadaannya terbilang sudah lama. Teh ini sendiri dibuat dari teh hijau yang mengalami proses oksidasi tetapi belum menjadi teh hitam. Teh oolong memiliki cita rasa yang pahit dengan sedikit rasa manis yang tersisa setelah ditelan. Salah satu khasiat dari teh ini adalah dapat menjaga kesehatan sel-sel kulit sehingga peminumnya akan awet muda.

Jenis 5. Teh Kayu Aro

Sebenarnya teh kayu aro ini masih tergolong ke dalam jenis teh hitam. Akan tetapi, teh yang diproduksi di Perkebunan Teh Kayu Aro, Jambi ini mempunyai keunikan tersendiri. Teh ini memiliki aroma asli teh yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan teh-teh hitam yang lainnya. Maka tidak heran kalau teh ini laku keras di pasar internasional, terutama kawasan Eropa dan Timur Tengah. Bahkan teh kayu aro juga menjadi salah satu minuman favorit Ratu Beatrix dan Ratu Elizabeth.