Jenis-jenis Vacuum Cleaner yang Ada di Dunia

Apa sajakah jenis-jenis vacuum cleaner itu? Perkembangan teknologi telah berhasil mempermudah kita dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Salah satunya adalah membersihkan rumah. Bila zaman dahulu kita biasa menggunakan sapu untuk membersihkan rumah, tetapi sekarang sudah ada vacuum cleaner sebagai penggantinya. Alat penghisap debu ini mampu membersihkan rumah lebih cepat daripada sapu serta gampang digunakan.

Pastikan Anda sudah mempunyai vacuum cleaner agar pekerjaan rumah tangga Anda dapat diselesaikan jauh lebih mudah. Jika belum, Anda bisa membeli vacuum cleaner secara online di AlatPerabotan.com. Kami menjual produk vacuum cleaner berkualitas terbaik dengan harga yang sangat bersahabat. Tapi apakah Anda sudah tahu kalau vacuum cleaner sekarang terdiri dari berbagai macam bentuk dengan teknologi yang berbeda-beda?

jenis-jenis-vacuum-cleaner.jpg

Setidaknya terdapat 10 jenis vacuum cleaner yang sudah ditemukan sampai sekarang yaitu :

  1. Vacuum Cleaner Upright

Vacuum cleaner tipe upright merupakan vacuum cleaner yang paling banyak digunakan. Vacuum cleaner ini tersusun atas beberapa bagian yang meliputi corong penghisap berbentuk persegi panjang yang menempel di lantai, pegangan yang cukup panjang untuk mengarahkannya, serta bagian penyaring. Cocoknya vacuum cleaner upright ini digunakan untuk membersihkan ruangan yang cukup luas serta belum banyak perabotannya.

  1. Vacuum Cleaner Canister

Jenis yang kedua adalah vacuum cleaner canister. Secara keseluruhan, rupa vacuum cleaner ini menyerupai vacuum cleaner upright. Perbedaan yang mencolok terletak pada bagian corongnya. Vacuum cleaner canister memiliki corong yang berbentuk pipa. Hal ini akan memudahkan kita membersihkan tempat-tempat tersembunyi atau sudut yang sempit. Anda akan merasa lebih fleksibel ketika memakai vacuum cleaner ini.

  1. Vacuum Cleaner Drum

Kadang-kadang Anda merasa malas harus rutin membersihkan vacuum cleaner, terutama bagian kantung debunya. Artinya Anda membutuhkan kantung debu yang berukuran lebih besar agar daya tampungnya pun lebih banyak. Untuk itulah, vacuum cleaner tipe drum diciptakan. Secara bentuk, vacuum cleaner ini mirip seperti vacuum cleaner canister. Tetapi ukuran tempat debunya lebih besar dan berbentuk menyerupai drum.

  1. Vacuum Cleaner Wet/Dry

Vacuum cleaner hanya boleh digunakan untuk membersihkan ruangan yang kondisinya kering. Dilarang keras memakai alat ini untuk membersihkan lantai yang basah sebab air dapat merusak mesinnya. Kecuali jika Anda mempunyai vacuum cleaner wet/dry yang memang diperuntukkan buat membersihkan ruangan dengan kondisi bagaimana pun. Anda boleh memakai vacuum cleaner wet/dry untuk membersihkan ruangan yang basah.

  1. Vacuum Cleaner Pneumatic

Anda memerlukan sebuah vacuum cleaner yang memiliki tenaga penyedotan debu yang kuat? Jika iya, vacuum cleaner jenis pneumatic ini sangat sesuai dengan kebutuhan Anda. Vacuum cleaner pneumatic mempunyai daya hisap yang jauh lebih besar dan kuat daripada vacuum cleaner standar. Oleh karena itu, perusahaan-perusahaan biasanya menggunakan vacuum cleaner yang satu ini.

  1. Vacuum Cleaner Backpack

Sekarang juga sudah ada vacuum cleaner yang bersifat portabel dan bisa Anda bawa pergi ke mana saja. Namanya ialah vacuum cleaner backpack. Vacuum cleaner tidak perlu disambungkan ke stop kontak sebab sudah ada baterai di dalamnya sebagai sumber daya. Dengan vacuum cleaner backpack, Anda bisa menjangkau seluruh bagian rumah termasuk gorden, bagian atas lemari, dan langit-langit.

  1. Vacuum Cleaner Hand-held

Vacuum cleaner hand-held atau alat penghisap debu tangan merupakan jenis vacuum cleaner yang paling praktis. Vacuum cleaner ini bersifat portabel dan memiliki ukuran yang cukup kecil. Vacuum cleaner tipe hand-held umumnya digunakan untuk membersihkan interior dalam mobil. Anda bisa dengan mudah membersihkan seluruh area bagian dalam kendaraan , celah-celah, dan sudut yang sempit.

  1. Vacuum Cleaner Robotic

Mau vacuum cleaner Anda bekerja sendiri membersihkan rumah? Silakan beli saja produk vacuum cleaner yang berjenis robotic. Layaknya sebuah robot, vacuum cleaner ini dapat bekerja dengan sendirinya. Dia mampu mendeteksi keberadaan debu dan kotoran untuk kemudian menghisapnya. Anda yang sibuk dan tidak mempunyai banyak waktu untuk membersihkan ruangan disarankan memakai vacuum cleaner robotic.

  1. Vacuum Cleaner Built-in

Vacuum cleaner built-in adalah vacuum cleaner yang menyatu dengan fisik bangunan. Pemasangan vacuum cleaner ini dilakukan bersamaan dengan proses pembuatan konstruksi rumah. Biasanya produk ini dilengkapi dengan remot sebagai alat pengontrolnya. Sebagai pengguna, Anda cukup menekan remot tersebut untuk mengaktifkan vacuum cleaner supaya menyedot debu dari panel-panel yang sudah terpasang.

  1. Vacuum Cleaner Cyclonic

Walaupun ukurannya sangat kecil, partikel-partikel debu berbahaya bagi kesehatan karena mengandung kuman, bakteri, virus, dan bibit penyakit. Oleh karena itu, Anda harus mengenakan sarung tangan dan masker mulut setiap kali akan membersihkan bagian kantung debunya. Lain halnya dengan vacuum cleaner cyclonic yang mempunyai kemampuan membersihkan partikel-partikel debu sehingga lebih aman.