Jurus Ampuh Mengatasi Jamur Pada Lemari Papan Partikel

Di tengah-tengah mahalnya harga lemari kayu saat ini, para produsen mebel terus berusaha melakukan inovasi untuk menciptakan produk baru yang mirip seperti lemari kayu tetapi harganya lebih terjangkau bagi masyarakat. Maka terciptalah perabotan yang terbuat dari papan partikel. Apakah papan partikel itu? Papan partikel (particle board) adalah papan buatan yang terbuat dari partikel-partikel kayu dalam bentuk bubuk yang dibentuk sedemikian rupa dan direkatkan memakai lem khusus.

Berkat inovasi tersebut, lemari pakaian kini bisa kita beli dengan harga yang lebih terjangkau. Terbukti harga lemari papan partikel ini memang lebih murah daripada lemari kayu. Soal penampilannya, lemari papan partikel tidak kalah bergaya. Malahan lemari ini justru nampak lebih rapi karena sudah dilapisi menggunakan papan HPL (High Pressure Laminated). Tetapi Anda harus merawatnya dengan baik agar lemari ini tidak terserang jamur. Serangan jamur dapat merusak lemari pakaian Anda.

mengatasi-jamur-pada-lemari.jpg

Mengapa lemari papan partikel ditumbuhi jamur? Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Di antarnya yaitu :

  1. Kondisi ruangan dengan tingkat kelembaban terlalu tinggi
  2. Lemari diletakkan berhimpitan dengan dinding yang basah
  3. Posisi lemari berada di atas permukaan lantai yang sering basah
  4. Sirkulasi udara di sekitar lemari tidak mengalir secara lancar
  5. Lemari digunakan untuk menyimpan pakaian yang lembab
  6. Tidak adanya ventilasi udara yang melengkapi lemari pakaian
  7. Isi lemari terlalu penuh dengan pakaian dan barang lainnya
  8. Lemari pakaian jarang dibuka sehingga udaranya lembab
  9. Terdapat benda lain di sekitar lemari yang sudah berjamur
  10. Anda jarang sekali membersihkan lemari pakaian tersebut

Apabila lemari papan partikel Anda sudah terlanjur berjamur, Anda harus segera mengatasinya dengan tepat. Diperlukan upaya yang benar untuk mengatasi jamur-jamur tersebut agar tidak merusak lemari beserta pakaian-pakaian Anda yang ada di dalamnya. Jangan lekas percaya dengan kiat-kiat yang Anda dapatkan karena mungkin saja tips tersebut justru menyesatkan. Mengatasi jamur pada lemari papan partikel berbeda caranya dengan jamur-jamur yang tumbuh di lemari kayu.

jamur-di-lemari-pakaian.jpg

Di bawah ini solusi yang tepat untuk mengatasi lemari papan partikel yang dipenuhi dengan jamur!

Langkah 1. Segera Pindahkan Lemari ke Tempat Lain

Faktor utama yang menyebabkan lemari papan partikel Anda berjamur adalah Anda meletakkannya di tempat yang salah. Besar kemungkinannya Anda telah menaruh lemari tersebut di tempat yang memiliki kelembaban yang terlalu tinggi. Sumber kelembaban ini bisa berasal dari dinding, lantai, atau memang kondisi seisi ruangan yang memang cukup lembab akibat tak adanya ventilasi udara yang memadai. Jadi Anda harus secepat mungkin memindahkan lemari tersebut ke tempat lain yang kondisinya kering.

Langkah 2. Basmi Jamur di Lemari Memakai Alkohol

Jamur-jamur yang sudah terlanjur tumbuh di permukaan lemari pakaian tak boleh dibiarkan begitu saja. Anda harus membasmi jamur tersebut supaya mati sampai ke bagian akarnya dan tidak malah tumbuh subur. Bagaimana solusinya? Jangan menggunakan cat, pelitur, oli, atau minyak kayu karena justru akan merusak lemari tersebut. Silakan Anda pakai cairan alkohol dengan kadar minimal 90%. Oleskan cairan alkohol ini memakai kapas bersih ke seluruh permukaan lemari papan partikel secara merata. Lakukan pengolesan dengan alkohol ini setiap 6 bulan sekali untuk mencegah jamur kembali tumbuh.

Langkah 3. Gunakan Bahan Penyerap Kelembaban

Selain menggunakan cairan alkohol, Anda juga bisa mencegah lemari papan partikel kembali ditumbuhi jamur dengan memastikan kondisinya tak terlalu lembab. Cegahlah kelembaban yang berlebih menimpa pada lemari pakaian Anda. Pastikan kondisi di dalam lemari senantiasa tetap kering. Caranya yaitu Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang dapat berfungsi untuk menyerap kelembaban. Misalnya seperti kapur barus, silica gel, bubuk kayu, arang, dan sebagainya. Jangan lupa bersihkan lemari Anda secara rutin ya!