Kiat-kiat Memilih Kipas Angin Sesuai Kebutuhan

Bagaimana cara memilih kipas angin yang paling sesuai? Indonesia merupakan negara yang terletak di tengah-tengah garis khatulistiwa. Itulah sebanyak, negara kita tercinta ini memiliki iklim tropis. Artinya matahari dapat menyinari wilayah Indonesia sepanjang tahun. Sinarnya begitu terik sehingga sering membuat kita merasa kepanasan. Untungnya sekarang sudah ditemukan perangkat kipas angin. Dengan menggunakan alat elektronik ini, kita bisa merasakan udara sejuk menerpa tubuh tanpa perlu repot sendiri.

Sebelum adanya kipas angin bertenaga listrik, orang-orang biasanya memakai kipas tradisional yang terbuat dari anyaman bambu. Anda harus menggerakkan kipas tersebut ke kanan dan kiri secara berulang-ulang agar tercipta angin. Karena terasa sangat merepotkan, pada akhirnya masyarakat pun pindah memakai kipas angin elektronik. Anda bisa membeli kipas angin di toko elektronik terdekat. Kalau tidak mau repot, silakan order saja secara online di AlatPerabotan.com. Kami menjual kipas angin dengan berbagai model yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

tips-membeli-kipas-angin.jpg

Biar Anda tidak salah pilih kipas angin, ikuti kiat-kiat dari kami!

  1. Tentukan Jenisnya

Saat ini, produk kipas angin tersedia dalam beraneka ragam jenis. Ada kipas angin yang bentuknya mini, kipas angin berdiri, kipas angin dinding, kipas angin plafon, bahkan kipas angin yang bentuknya bisa diubah-ubah. Anda sebaiknya memilih bentuk kipas yang benar-benar sesuai kebutuhan. Kamar kos sebaiknya memakai kipas angin mini atau model dinding agar bisa menghemat ruangan. Namun bila Anda ingin kipas angin yang cocok ditempatkan di mana saja, pilihlah model 3 in 1.

  1. Nilai Kualitasnya

Kipas angin yang bagus harus mempunyai rangka yang kuat agar tidak cepat rusak. Kipas angin tersebut memiliki pilihan tingkat kecepatan putaran yang bisa diatur dengan mudah. Gagang lehernya harus kuat serta dilengkapi penyangga yang kokoh. Kemudian Anda bisa mencoba menyalakan kipas angin tadi. Kipas angin yang baik mempunyai mesin yang tidak berbunyi berisik atau meraung-raung. Putaran kipasnya pun mantap tanpa menghasilkan suara bising.

  1. Hemat Listrik

Anda harus menyadari kalau setelah memilikinya nanti, kipas angin tersebut bakal dinyalakan dalam waktu yang lama. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk memilih perangkat yang berteknologi canggih dan hemat listrik. Anda harus mengecek berapa besar kebutuhan listrik yang diperlukan oleh kipas angin tadi dalam mendukung kinerjanya. Pastikan daya dan voltase yang dibutuhkan tidak lebih besar dari kapasitas energi listrik yang tersedia di dalam rumah Anda.

  1. Fitur Timer

Ada baiknya Anda membeli kipas angin yang telah dilengkapi dengan fitur pengatur waktu. Adanya fitur ini membuat kipas angin dapat padam secara otomatis sesuai waktu yang telah kita setel sebelumnya. ini merupakan fitur yang sangat berguna, khususnya bila Anda tidak bisa tidur tanpa kipas angin yang menemani. Jadi Anda wajib mempertimbangkan perangkat kipas angin yang sudah mempunyai timer dari pabrikannya.

  1. Ukurannya Pas

Anda mungkin menginginkan kipas angin bertenaga besar yang dapat mengembuskan udara dengan kuatnya. Tetapi jika ukuran perangkat tersebut terlalu besar, Anda sendiri nanti yang malah akan kerepotan untuk menempatkannya di mana. Anda harus bersikap realistis dengan membeli kipas angin yang ukurannya sesuai ruangan yang tersedia. Pastikan keberadaan perangkat tersebut akan mendukung fungsi ruangan secara keseluruhan.