Langkah-langkah Cara Menggunakan Setrika Arang yang Benar

Pasti Anda sudah tahu kalau sebelum ditemukannya setrika listrik, masyarakat pada zaman dahulu biasa menggunakan setrika arang untuk melicinkan pakaiannya. Sesuai namanya, setrika arang merupakan setrika yang memanfaatkan bara api pada arang sebagai sumber panasnya. Walaupun panas di setrika arang tidak sepanas setrika listrik, tapi panas tersebut sudah lebih dari cukup untuk melicinkan pakaian. Anda harus menekannya lebih kuat agar hasilnya maksimal.

Memang sih setrika listrik menawarkan kemampuan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan setrika arang. Menggosok pakaian menggunakan setrika listrik membuat hasilnya cepat licin dan rapi. Tetapi tak ada salahnya loh Anda memiliki setrika arang sendiri di rumah. Setrika tersebut dapat dipakai sekadar untuk hiasan semata atau Anda pun dapat menggunakannya di beberapa kesempatan. Cara memakai setrika arang ini mudah sekali kok. Kita lihat caranya dulu yuk!

Buatlah Arang Bakar Terlebih Dahulu

Anda mesti membuat arang bakarnya terlebih dahulu ya sebelum dapat menggunakan setrika jenis ini. Memang sih prosesnya lumayan merepotkan. Tetapi bolehlah sekali-kali Anda mencobanya. Disarankan memakai arang dari batok kelapa supaya panasnya lebih awet dan asapnya pun tidak terlalu banyak. Silakan Anda bakar dulu arang tersebut sampai membentuk bara. Trik membuat arang bakar yaitu Anda bisa meletakkan kertas di bawah, lalu tumpukan arang di atasnya. Setelah itu, bakarlah kertas tersebut. Jika arangnya sudah ikut terbakar, silakan Anda bisa mengipasinya sampai semua arang terbakar.

Sambil Menunggu, Bersihkan Setrikanya

Siapkan setrika arang milik Anda. Tidak ada salahnya untuk membersihkan setrika tersebut terlebih dulu sebelum Anda menggunakannya. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya partikel-partikel debu dan kotoran yang masih terselip di dalamnya. Jikalau setrika arang yang masih kotor ini langsung Anda gunakan, maka pakaian Anda justru akan terkena kotorannya dan bernoda. Oleh sebab itu, biasakanlah untuk membersihkan setrika arang dahulu sebelum Anda memakainya. Sapu terlebih dahulu memakai kuas, lalu seka permukaannya memakai kain lap yang basah.

Masukkan Arang Secukupnya ke Setrika

Bara arang bakar yang sudah terbentuk dengan sempurna bisa Anda pindahkan ke setrika arang. Anda mesti membuka tempat penyimpanan pada setrika tersebut terlebih dahulu ya. Silakan buka pengaitnya lalu buka wadah peletakan untuk arangnya. Masukkan arang ke dalam wadah ini. Anda dapat memakai capitan makanan untuk mengambil bara arang yang sangat panas tersebut, lantas memindahkannya ke dalam setrika. Masukkan arang dalam jumlah yang secukupnya saja sesuai kebutuhan ya. Setelah itu, Anda bisa menutup lagi wadah tersebut dan memasang pengaitnya.

Mulai Menyetrika Pakaian Seperti Biasa

Tunggulah beberapa saat sampai bagian dasar setrika tadi berubah menjadi panas. Anda bisa merasakan panasnya setrika arang tersebut dari hawa panas yang terasa di bagian bawahnya. Ingat, jangan pernah menyentuh konduktornya langsung ya karena bagian tersebut bisa sangat panas. Setelah setrika arang sudah cukup panas, Anda bisa mulai menggunakannya untuk menggosok pakaian. Lakukan penyetrikaan pakaian ini layaknya Anda memakai setrika listrik. Sebaiknya Anda semprotkan cairan pelicin pakaian untuk membuat pakaiannya lebih cepat rapi sehingga pekerjaan Anda terasa lebih ringan.

Bagaimana Cara Mematikan Setrika Arang?

Salah satu kelemahan setrika arang yaitu Anda tidak bisa mengatur besarnya panas yang dihasilkan oleh setrika tersebut. Jadi kalau dirasa suhu setrika ini terlalu panas, Anda bisa mengeluarkan sebagian arang di dalamnya. Begitu pula kalau suhu setrika sudah terasa kurang panas, Anda dapat mengeluarkan arang yang ada di dalam dan menggantinya dengan arang baru yang masih membara. Lantas, bagaimana cara mematikan setrika arang ini? Anda cukup mengeluarkan semua arang di dalamnya. Tunggu beberapa saat agar suhunya normal kembali. Setelah itu, lap sampai bersih sebelum disimpan kembali ya.