Langkah-langkah Cara Menggunakan Softlens yang Benar

Kita sepatutnya bersyukur sebab telah dianugerahi bola mata yang membuat kita bisa melihat keindahan dunia dan menikmatinya. Sebagai indera penglihatan, mata memang harus dirawat dengan sebaik-baiknya. Kalau tidak, maka kemampuannya dalam melihat pun akan mengalami penurunan. Beruntung saat ini sudah ada alat bantu untuk melihat yaitu kacamata. Memakai kacamata akan mengatasi keterbatasan kita dalam melihat suatu objek.

Sayangnya beberapa orang merasa kurang percaya diri ketika mengenakan kacamata. Dia akan terlihat kurang bergaya dalam penampilannya kalau memakai kacamata. Oleh karena itu, dia pun mencari alternatif lain alat bantu penglihatan selain kacamata yang tidak mempengaruhi penampilannya. Salah satunya yaitu softlens. Softlens atau lensa kontak mata ialah lensa yang dipasang langsung di bola mata. Jadi Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya.

cara-memakai-softlens.jpg

Sebenarnya memakai softlens tidak terlalu susah. Tetapi bagi orang awam yang mau mencoba menggunakannya untuk pertama kali pasti akan mengalami kendala. Kunci utamanya adalah Anda harus berhati-hati ketika memakai lensa kontak ini. Ingat, Anda tengah bersinggungan langsung dengan bola mata yang merupakan indera paling berharga namun juga sangat rentan mengalami kerusakan. Ikutilah petunjuk penggunaan softlens yang benar di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Softlens
  • Kotak penyimpanan softlens
  • Cairan softlens
  • Cermin
  • Capit jika diperlukan

Langkah-langkah :

  1. Softlens yang akan dipasang pada mata wajib dibersihkan terlebih dahulu. Caranya yaitu teteskan cairan pembersih (solutions) sebanyak 3-4 tetes di telapak tangan kiri. Peganglah softlens menggunakan jari manis tangan kanan Anda. Lalu gosokkan kedua sisi softlens secara lembut di cairan ini. Bersihkan selama 10-15 detik sampai kondisi softlens benar-benar bersih.
  2. Setelah softlens sudah bersih, selanjutnya ambil menggunakan jari telunjuk tangan kanan Anda. Letakkan softlens pada ujung jari telunjuk. Kemudian tariklah kelopak mata bagian bawah menggunakan jari tengah tangan kanan. Sedangkan kelopak mata bagian atas bisa diangkat memakai jari telunjuk atau jari tengah tangan kiri Anda. Jadi saat ini posisi mata Anda benar-benar terbuka.
  3. Dengan sangat berhati-hati, letakkan softlens yang ada di jari telunjuk tangan kanan Anda ke permukaan bola mata. Anda perlu menempelkan softlens tersebut secara perlahan-lahan. Pastikan posisinya tepat berada di tengah-tengah bola mata dengan melihat melalui cermin.
  4. Lepaskan jari Anda dari softlens. Kini softlens tersebut sudah menempel di mata tetapi posisinya masih kurang tepat. Untuk menggesernya supaya menempati posisi tengah mata dengan sempurna, Anda perlu berkedip beberapa kali. Gerakan berkedip ini dilakukan untuk menggeser softlens tersebut supaya berada di posisi yang benar.
  5. Tanda bahwa posisi softlens sudah benar yaitu Anda merasa nyaman dengan keberadaan lensa kontak tersebut, tidak mengganjal di mata, serta tidak mengganggu penglihatan. Kemampuan mata dalam melihat pun menjadi normal kembali dengan keberadaan softlens ini.

Setelah selesai menggunakan softlens, Anda wajib melepasnya kembali. Tidak disarankan memakainya sepanjang hari atau bahkan sampai dibawa untuk tidur. Sebelum melepaskan softlens, Anda perlu mencuci tangan sampai bersih, kemudian mengeringkannya. Mulailah dengan membuka mata Anda dengan menarik kelopak atas dan bawahnya. Setelah itu lepaskan softlens memakai ibu jari dan jari telunjuk tangan kanan dengan gerakan seperti mencubit, lalu tariklah keluar. Jika sudah, bersihkan sofltens tersebut.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memasang dan melepaskan softlens, antara lain :

  1. Bersihkan kedua tangan Anda menggunakan sabun yang lembut, lalu keringkan sebelum menyentuh softlens.
  2. Sebaiknya Anda memasang softlens terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan riasan make up di wajah.
  3. Jangan memakai sofltens melebihi usia pakai yang dianjurkan pada kemasannya meskipun kondisinya masih terlihat bagus.
  4. Saat membeli softlens, perhatikan dengan baik kemasannya. Jangan pakai softlens tersebut bila kemasannya sudah rusak.
  5. Dilarang menggunakan softlens dalam jangka waktu yang lama sebab mata Anda pun perlu beristirahat.
  6. Gunakan obat tetes mata khusus untuk pemakai softlens apabila Anda merasakan kondisi mata terasa kering.
  7. Letakkan tempat penyimpanan softlens di tempat yang kering dan tidak lembab serta terhindar dari sinar matahari secara langsung.
  8. Gantilah cairan pembersih softlens setiap hari. Anda harus memastikan kondisi lensa kontak ini senantiasa benar-benar steril.