Mau Beli Vacuum Cleaner? Baca Tipsnya Dulu!

Anda butuh tips memilih vacuum cleaner yang terbaik? Pekerjaan bersih-bersih rumah harus dilakukan secara rutin supaya tempat tinggal kita rapi, tidak kotor, sehat, dan layak dihuni. Rumah yang jarang dibersihkan akan menjadi sarang bibit penyakit serta mengeluarkan bau tidak sedap. Oleh karena itu, Anda wajib membersihkan rumah setiap hari meskipun pekerjaan ini sangat merepotkan dan menguras banyak tenaga.

Untungnya kini sudah ada vacuum cleaner yang mampu menggantikan fungsi dan peranan sapu. Jika dibandingkan dengan pendahulunya, vacuum cleaner memiliki kelebihan yaitu mudah digunakan, tidak menguras banyak tenaga, hasilnya lebih optimal, dan tentu saja praktis. Anda tinggal menyalakan vacuum cleaner tersebut, lalu mengarahkan bagian moncongnya ke seluruh sudut ruangan. Alhasil ruangan pun seketika bersih dan bebas dari debu.

Bagi Anda yang sekarang berniat untuk membeli vacuum cleaner yang baru, jangan sampai salah pilih. Kesalahan yang banyak dilakukan oleh pembeli awam yaitu memilih vacuum cleaner yang memiliki daya atau voltase rendah. Mereka menganggap vacuum cleaner yang seperti itu mampu bekerja lebih efisien. Padahal faktanya adalah bagus tidaknya vacuum cleaner dapat diukur dari kemampuannya dalam menghisap partikel-partikel debu.

tips-memilih-vacuum-cleaner.jpg

Ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan, antara lain :

Faktor 1. Kekuatan Fisik Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner yang kuat wajib dilengkapi oleh komponen-komponen yang lengkap. Di antaranya meliputi nozzle, selang, motor, dan sistem filtrasi yang baik. Seluruh bagian tersebut tergabung menjadi satu membentuk vacuum cleaner yang kuat. Kekuatan penghisapannya untuk memberikan kecepatan yang maksimal sendiri sangat dipengaruhi oleh kombinasi antara daya hisap dan aliran udara di corong.

Faktor 2. Sistem Filtrasi Bekerja Baik

Vacuum cleaner tidak boleh mengeluarkan kembali debu yang telah dihisapnya dalam jumlah sekecil apapun. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh keberadaan sistem filtrasi yang ada di dalam vacuum cleaner tersebut. Pilihlah alat yang memiliki sistem penyaringan tertutup yang baik. Vacuum cleaner yang menggunakan sistem filter atau penyaring ini terbukti mampu menyedot debu secara maksimal dan tidak bisa keluar lagi hingga mencapai 99,99 persen.

Faktor 3. Pegangan yang Mudah Digunakan

Anda tidak boleh mengabaikan desain vacuum cleaner yang hendak dipilih, terutama pada bagian pegangannya. Sebab bagian ini akan sangat menunjang fungsional dari vacuum cleaner tadi apakah nyaman digunakan atau tidak. Sebisa mungkin belilah vacuum cleaner yang mempunyai pegangan mudah digunakan. Pastikan pula bagian corong dan selangnya berbentuk aerodinamis sehingga dapat meminimalisir tekanan yang kurang pada sistem.

Faktor 4. Mesin Tidak Cepat Panas

Jangan pernah ragu untuk mencoba menggunakan vacuum cleaner yang ingin Anda beli di tempat pembeliannya. Pastikan mesin alat tersebut tidak cepat panas dan tahan lama. Kemudian periksa pula bagian sistem penyaring dan kantong debunya. Lebih baik memilih vacuum cleaner yang dilengkapi kantong debu yang dapat dibongkarpasang dengan mudah. Dengan demikian, Anda pun lebih gampang dalam merawat vacuum cleaner tersebut nantinya.