Membersihkan Kitchen Set HPL dengan Tuntas Tanpa Merusaknya

Dapur moden selalu dilengkapi dengan kitchen set untuk mendukung kenyamanannya. Adanya kitchen set memang sangat membantu aktivitas kita di dalam dapur. Kita akan semakin mudah beraktivitas di dapur, baik ketika sedang mengolah bahan mentah maupun memasaknya. Adanya kitchen set membuat dapur tetap kelihatan rapi serta mudah dibersihkan. Berbagai kitchen set kini banyak tersedia di pasar. Salah satunya yaitu kitchen set yang terbuat dari papan kayu HPL.

Kayu HPL (High Pressure Laminated) termasuk kayu olahan yang menjadi alternatif pengganti dari kayu solid. Bedanya dengan particle board, kayu HPL mempunyai struktur yang lebih keras, permukaannya mengkilap, dan berwarna-warni. Sehingga kayu ini bisa digunakan untuk membuat kitchen set. Kitchen set berbahan HPL nampak begitu modern, bentuknya rapi, dan sedap dipandang. Selain itu, harganya pun relatif lebih murah jika dibandingkan dengan kitchen set sejenis.

cara-membersihkan-kitchen-set-hpl.jpg

Tapi HPL merupakan material yang sulit dirawat. Anda harus sangat berhati-hati saat membersihkannya. Bukan karena sulit dibersihkan, melainkan bahan HPL ini gampang rusak. HPL akan cepat rusak apabila terkena air. Seketika strukturnya bakal menjadi rapuh manakala terkena air yang cukup banyak. Material HPL juga tidak tahan terhadap tekanan yang terlampau kuat. Bahkan kitchen set HPL Anda bisa menjadi jebol jika Anda terlalu kencang dalam menggosok dan menekan permukaannya.

Anda bisa mengikuti kiat-kiat di bawah ini untuk membersihkan kitchen set HPL agar tetap aman!

Pakai Lemon untuk Sehari-hari

Untuk membersihkan kitchen set HPL dalam aktivitas sehari-hari, Anda bisa memanfaatkan lemon. Air sari buah lemon memang sangat efektif membersihkan kotoran. Aromanya yang segar juga seketikan akan menghalau bau amis, bau menusuk hidung, dan bau tak sedap dari bahan makanan yang sedang diolah. Potonglah buah lemon menjadi dua bagian, lalu peras air sarinya. Usapkan air sari lemon ini ke seluruh permukaan kitchen set memakai kain lap yang bersih. Kalau tidak ada buah lemon, Anda juga bisa memakai buah jeruk nipis kok.

Gunakan Kain Microfiber Basah

Anda tak boleh menggunakan kain lap sembarangan untuk keperluan membersihkan permukaan kitchen set. Jangan gunakan kain lap yang mempunyai pori-pori yang ukurannya besar, teksturnya kasar, atau kain lap yang kosor. Bukan malah membuat kitchen set menjadi bersih, kain lap tersebut justru bakal menimbulkan goresan di permukaannya. Rekomendasi kami pakailah kain lap yang berjenis microfiber untuk membersihkan kitchen set. Kain lap ini biasanya kita gunakan saat mencuci motor. Ini merupakan kain lap yang paling aman daripada kain lainnya.

Hilangkan Noda dengan Baking Soda

Kotoran yang tidak lekas dibersihkan biasanya akan berubah menjadi noda membandel. Noda ini sangat sulit dihilangkan. Berkali-kali Anda mencoba menggosoknya dengan kain lap, namun hasilnya tetap noda tersebut tidak menghilang. Kami mempunyai solusi jitu untuk menghilangkan noda membandel di HPL dengan mudah. Di sini Anda dapat memanfaakan baking soda. Yap, bahan pengembang adonan kue ini ternyata ampuh banget loh. Anda bisa mencoba membuat pasta dari baking soda terlebih dahulu. Lalu oleskan pasta ini di permukaan kitchen set yang kotor. Tunggu selama 20-30 menit, lalu bilas sampai bersih. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, Anda mungkin perlu mengulanginya 3-5 kali.

Hindari Memakai Pembersih Kimia

Usahakan untuk tetap memakai bahan-bahan alami ketika Anda membersihkan kitchen set. Hindarilah menggunakan produk pembersih kimia. Walaupun kini sudah banyak produk kimia yang dibuat secara khusus untuk membersihkan material HPL, tetapi bahan alami tentu jauh lebih baik digunakan. Bahan alami ini juga tidak menimbulkan efek samping, baik bagi kitchen set HPL itu sendiri maupun kesehatan Anda sekeluarga. Kondisi kitchen set Anda juga senantiasa akan terjaga dengan baik.

Jangan Pakai Bahan yang Keras

Alasan lain kami menyarankan Anda untuk tidak memakai produk pembersih kimia untuk membersihkan HPL yaitu produk ini biasanya terbuat dari bahan-bahan yang bersifat keras. Memang sih produk tadi bisa menghilangkan kotoran dan noda membandel di permukaan kitchen set serta membuatnya jadi bersih. Namun di sisi lain kitchen set HPL Anda juga bakal mengalami kerusakan sedikit demi sedikit jika Anda terus menggunakannya. Hindari pula memakai sitrun (asam sitrat) untuk membersihkan kitchen set HPL sebab dapat merusak lapisan catnya.