Membersihkan Setrika yang Gosong sampai Tuntas

Anda mungkin menggunakan setrika setiap hari. Tak heran memang karena Anda perlu tampil rapi. Penampilan menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan supaya Anda tetap terlihat menarik di mata orang lain. Faktanya menyetrika merupakan pekerjaan yang cukup mudah dilakukan tetapi membutuhkan tenaga yang ekstra untuk menyelesaikannya. Anda harus kuat menahan diri berhadapan dengan suhu panas selama beberapa saat.

Menyetrika juga membutuhkan trik khusus agar pakaian cepat licin dan rapi. Selain itu, Anda harus berhati-hati saat menyetrika supaya tidak menyebabkan pakaian menjadi terbakar. Hal ini biasanya terjadi akibat Anda menggunakan setrika dengan suhu yang terlalu panas sehingga mengakibatkan serat pakaian terbakar. Selain berdampak pada pakaian yang menjadi gosong, kasus ini juga menyebabkan setrika mempunyai noda membandel akibat terbakar.

membersihkan-setrika-yang-gosong.jpg

Berikut ini caranya membersihkan noda gosong pada setrika akibat terbakar!

  1. Garam

Garam ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan noda gosong pada setrika loh. Caranya yaitu nyalakan setrika seperti biasa. Kemudian taburkan garam di atas kertas koran. Selanjutnya gunakan setrika untuk menggosok kertas koran tersebut. Gosokkan beberapa kali. Lalu matikan setrika dan biarkan sampai kondisinya benar-benar dingin. Setelah itu, Anda bisa mengelap permukaan setrika memakai kain yang lembab untuk mengangkat kotorannya.

  1. Baking Soda

Mungkin Anda tidak menyangka kalau setrika pun harus dibersihkan secara rutin. Padahal setrika selalu berhubungan dengan pakaian yang bersih. Namun Anda tetap harus membersihkannya, terutama bila setrika tersebut mengalami gosong. Ternyata noda gosong pada setrika bisa dihilangkan dengan mudah hanya menggunakan baking soda. Anda perlu mengoleskan pasta baking soda di bagian logam setrika secara merata. Lalu gunakan setrika tersebut untuk menggosok pakaian.

  1. Asam sitrat

Asam sitrat atau yang dikenal pula dengan istilah sitrun juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi setrika yang gosong. Noda gosong pada setrika bekas pakaian yang terbakar bisa hilang sampai tuntas dengan memakai bahan yang satu ini. Caranya mudah sekali. Anda perlu menuangkan air setinggi 5-10 mm di atas piring yang berukuran besar. Lalu tambahkan sitrun secukupnya. Rendamlah logam setrika pada cairan sitrun tersebut semalaman. Usahakan air rendaman yang terlalu tinggi karena bisa masuk ke dalam setrika dan menyebabkan korsleting. Keesokan harinya, Anda bisa mengelapnya.